... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kriminalisasi Lembaga Kemanusiaan Dinilai Berdasarkan Like atau Dislike

Foto: Bantuan untuk rakyat Suriah. (Foto: NY Times)

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah lembaga kemanusiaan yang menyalurkan dana bantuan ke Suriah, mendapat tudingan telah menyalurkan dana kepada teroris. Dalam hal ini, pakar anti terorisme, Heru Susetyo mengatakan stigma terorisme terhadap lembaga kemanusiaan tersebut dilakukan hanya berdasarkan dugaan atau sangkaan.

“Mereka tidak memakai dasar, fakta yang akurat hanya persangkaan saja. Jadi hanya pakai dasar-dasar yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara hukum, hanya persangkaan,” katanya kepada awak media pada Kamis (16/3) di Depok.

Selain itu, lanjut dia, yang terjadi juga karena didasari oleh kebencian salah satu pihak. Sehingga kesalahan pihak lain akan dicari-cari, bahkan diadakan.

“Karena ya dicari-cari, orang kalau tidak suka kan dicari-cari kan? Kalau dicari-cari enggak ketemu, dibuatlah kalau perlu. Kita bisa ngarang-ngarang cerita kok. Dan itu adalah hal yang biasa buat suatu rezim kalau tidak suka atau ingin mengkriminalisasi. Dan dibuatlah cerita dan berita yang mengarah bahwa seolah-olah ini benar,” tambahnya.

Lebih jauh, Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini pun menyebut bahwa hal ini adalah dramatisasi yang dimainkan oleh negara.

“Jadi negara ini penuh dengan festivalisasi dan dramatisasi yang keluar dari konteks hukumnya, karena perasaan like dan dislike, suka dan tidak suka,” pungkasnya.

Reporter: Azzam
Editor: M. Rudy

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Raksasa Komunis Cina dan Rusia Gagalkan Resolusi DK-PBB soal Rohingya

Menurut sejumlah sumber diplomat mengatakan bahwa Cina dan Rusia telah mem-veto sebuah proposal Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat (17/03) yang berisi pernyataan keprihatinan atas situasi krisis yang berkembang di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Ahad, 19/03/2017 15:10 1

Amerika

Trump Desak Jerman Bayar Hutang Masa Lalu, AS Kekurangan Dana?

AS terus menekan negara-negara anggota NATO untuk menaikkan anggaran belanja militer masing-masing. Satu bulan yang lalu, Menteri Pertahanan AS James Mattis pada hari Rabu (15/02) menutut Eropa meningkatkan anggaran belanja militer secara masif.

Ahad, 19/03/2017 14:30 1

China

Saudi-Cina Tingkatkan Kerjasama di Sektor Minyak

Cina dan Arab Saudi akan meningkatkan kerjasama di sektor minyak, termasuk ekspor minyak Saudi ke Cina. Demikian hasil pembicaraan kedua negara di akhir kunjungan Raja Salman ke Beijing, Sabtu (18/03).

Ahad, 19/03/2017 13:41 0

Amerika

Travel Ban Trump Sisakan Teror bagi Muslim Amerika

KIBLAT.NET – Larangan perjalanan (travel ban) kedua Presiden Donald Trump telah disahkan mulai tiga hari...

Ahad, 19/03/2017 12:36 0

Myanmar

Ekstremis Buddha Myanmar Gunakan Facebook Untuk Targetkan Muslim

KIBLAT.NET – Beberapa pejabat pemerintah Burma dan kelompok-kelompok ekstremis Buddha menggunakan berita palsu untuk tujuan...

Ahad, 19/03/2017 10:39 0

Amerika

AS Tak Akui Targetkan Kompleks Masjid Umar bin Khattab

Departemen Pertahanan AS (Pentagon), Jumat (18/03), mengelak tuduhan oposisi Suriah bahwa pesawat tempurnya membom sebuah masjid di Aleppo. Pentagon mengklaim bahwa yang ditargetkan itu bangunan tempat berkumpul para komandan Al-Qaidah, yang terletak di jalan lain.

Ahad, 19/03/2017 00:46 0

Libya

Lagi, Pejuang Islamis Libya Tembak Jatuh Jet Pasukan Haftar

Pejuang Islamis Libya kembali menembak jatuh pesawat tempur milik pasukan Khalifah Haftar. Sebuah jet tempur jenis MIG meledak di langit distrik Ash-Shabiri, utara Benghazi, setelah terkena peluru pejuang Saraya Difa' Benghazi pada Jumat (17/03).

Sabtu, 18/03/2017 23:52 0

Arab Saudi

Saudi Izinkan Kembali Jamaah Asal Iran Berhaji ke Mekkah

Semua peraturan yang diperlukan untuk jamaah haji asal Iran di musim haji tahun ini sudah disepakati. Mereka akan disamakan sebagaimana prosedur yang berlaku dari berbagai negara Islam. Hal itu disampaikan pemerintah Saudi baru-baru ini, seperti dilansir Al-Jazeera, Sabtu (18/03).

Sabtu, 18/03/2017 23:28 0

Profil

Perjalanan Dakwah dan Jihad Abdul Haq At Turkistani (2/2)

Edisi kedua ini kita akan membahas perjuangan Abdul Haq ketika di Afghanistan kemudian diangkat menjadi amir TIP ketiga dan bangkitnya Abdul Haq setelah diberitakan kematiannya.

Sabtu, 18/03/2017 21:30 0

Turki

Turki: Serangan di Masjid Umar bin Khattab Kejahatan Perang

Pemerintah Turki mengecam serangan udara yang diyakini dilakukan oleh Rusia terhadap sebuah masjid di wilayah Aleppo. Ankara menyebut serangan pada saat Isya itu kejahatan perang.

Sabtu, 18/03/2017 21:15 0