... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ekstremis Buddha Myanmar Gunakan Facebook Untuk Targetkan Muslim

Foto: Ohn Maung, seorang pengacara hak asasi manusia Muslim terkemuka di Yangon, menunjukkan contoh pidato kebencian yang diarahkan kepadanya di Facebook. (foto: Lauren DeCicca; Buzzfeed)

KIBLAT.NET – Beberapa pejabat pemerintah Burma dan kelompok-kelompok ekstremis Buddha menggunakan berita palsu untuk tujuan politik mereka dan menargetkan Muslim.

Salah satu cara yang jelas, adalah melalui Facebook. Contohnya dialami oleh Harry Myo Lin, seorang Muslim. Masalah dimulai ketika Harry mengunggah foto di Facebook. Gambar yang diunggah menunjukkan Harry, yang Muslim, berpose dengan seorang teman wanita, yang Buddha. Kemudian entah bagaimana, akun milik kelompok nasionalis Buddha menemukannya dan mem-posting ulang dengan keterangan yang akan menempatkan Harry sebagai target.

Postingan ulang itu dibumbui dengan kalimat-kalimat provokatif bahwa Harry, yang berusia 26 tahun itu menjalankan sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mempromosikan toleransi beragama. Ia diisukan telah “merayu” wanita Buddha ituuntuk masuk Islam.

“Mereka menulis berita palsu, seperti ‘ini adalah orang Muslim dan gadis Buddhis. Dia sedang mencoba untuk mengislamkannya, dan membawanya ke pantai’,” kata Harry.

“Sangat mudah untuk mengatakan, itu tidak menyerukan kekerasan. Tetapi, ketika orang berbagi, ada komentar yang mengatakan, ‘Muslim seperti dia harus dibunuh’,” tambahnya.

Berita palsu itu dengan cepat dibagikan ribuan kali, yang sering diikuti dengan komentar yang menyerukan pembunuhan atau kekerasan untuk Harry. Orang-orang mulai menghubungi temannya yang Buddha itu dan memanggil orangtuanya, mengancam jika dia tidak berhenti berteman dengan Harry.

Harry memutuskan untuk menonaktifkan profil Facebook-nya selama satu bulan dan diasumsikan itu akan reda.

Tapi seiring waktu berlalu, teror beralih ke posting palsu dan ancaman melalui telepon dan teks. Dia mengatakan ratusan akun palsu mengirim pesan dan komentar ancaman, dan kadang-kadang puluhan teks dari nomor yang berbeda akan mengancam kekerasan jika ia muncul di depan publik.

“Saya tidak posting sesuatu yang kontroversial lagi,” katanya, “Saya hanya ingin bekerja, yang saya khawatirkan saya tidak mungkin (keluar publik).”

Bagi Harry, itu adalah ancaman yang jelas. Menurutnya, ketakutan Buddha Myanmar seperti itu sudah berlangsung lama. Ketakutan Buddha menjadi Muslim adalah pusat propaganda nasionalis Burma, yang telah beredar selama bertahun-tahun.

Ancaman terhadap Muslim seperti Harry juga datang pada saat pemerintah Myanmar sedang dalam pertempuran politik atas apa yang mereka sebut memberantas berita palsu dan ujaran kebencian di media sosial. Masalah ini ujung-ujungnya adalah untuk mempersempit kehidupan minoritas Muslim dan telah menyebabkan penangkapan, pengawasan negara, dan pertumpahan darah.

Reporter: Salem
Sumber: buzzfeed

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tuduhan IHH dan IHR Bantu “Teroris” di Suriah Tendesius dan Gegabah

Pakar anti terorisme dan Aktivis HAM, Dr Heru Susetyo, SH, LL.M, M.SI, menegaskan bahwa tuduhan itu terlihat tendensius dan menyudutkan salah satu kelompok. Fitnah yang telah terlanjur tersebar ini adalah bola liar yang masih bergulir.

Sabtu, 18/03/2017 22:23 0

Indonesia

Pakar Hukum UI: Selama Sistemnya Baik, Yayasan Tak Boleh Takut

Hal itu ia sampaikan terkait Yayasan Keadilan Untuk Semua (Justice For All) yang beberapa waktu lalu dikriminalisasi oleh aparat. Polisi menuduh ada pelanggaran hukum dalam yayasan pimpinan Ustadz Adnin Armas itu setelah rekeningnya dipinjam oleh GNPF MUI untuk menggalang dana Aksi Bela Islam (212).

Sabtu, 18/03/2017 21:43 0

Indonesia

Mantan Ketua PPATK Nilai Tak Ada TPPU dalam Kasus Dana GNPF MUI

Gerakan Nasional Pengawa Fatwa MUI, atau yang dikenal GNPF MUI, meminjam rekening Yayasan Keadilan Untuk Semua untuk menggalang dana Aksi Bela Islam (212). Polisi menuduh ada aliran dana mencurigakan keluar dari rekening yayasan tersebut. Hal itu dianggap sebagai pencucian uang.

Sabtu, 18/03/2017 21:28 0

Indonesia

Pakar: Amerika Serikat Subjektif Dalam Menentukan Teroris

Amerika Serikat yang mengaku sebagai negara terdepan dalam pemberantasan terorisme, kerap kali menentukan teroris secara subjektif

Sabtu, 18/03/2017 20:54 0

Indonesia

Tuduhan Pencucian Uang, Begini Cerita Adnin Armas saat Diperiksa Bareskrim

Diskusi publik bertema 'Kriminalisasi Pengelolaan Dana Kemanusiaan di Indonesia' Ustadz Adnin Armas, yang telah disebut Kapolri sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), memaparkan fakta mengenai dirinya saat diperiksa di Bareskrim.

Sabtu, 18/03/2017 14:22 0

Indonesia

Mantan Ketua PPATK: Dana untuk Kepolisian Tidak Semuanya Transparan

Kepolisian Republik Indonesia adalah salah satu lembaga publik. Sudah sepatutnya mengedepankan transparansi dalam seluruh kegiatan maupun pendanaannya.

Sabtu, 18/03/2017 13:50 0

Indonesia

Bachtiar Nasir: Keinginan Revolusi Karena Adanya Ketidakadilan

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Ustadz Bachtiar Nashir menilai bahwa gejolak yang terjadi di kalangan umat Islam karena tidak adanya keadilan.

Jum'at, 17/03/2017 20:25 0

Indonesia

Untuk Kemanusiaan, ACT Juga Beri Bantuan ke Umat Nasrani

Pimpinan Arrahman Quranic Learning (AQL), Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan bahwa orang Nasrani yang kelaparan juga akan diberi bantuan oleh Tim ACT.

Jum'at, 17/03/2017 19:28 0

Indonesia

Selain Larangan Adzan, Ini Daftar Aturan Diskriminatif Israel Terhadap Palestina

Sejak melakukan penjajahan, Zionis diketahui telah menerapkan sejumlah peraturan yang merugikan kaum Muslimin.

Jum'at, 17/03/2017 17:54 0

Artikel

Anti Arab atau Anti Islam?

Bangsa Arab adalah bangsa yang dipilih oleh Allah sebagai tempat kelahiran manusia paling mulia di jagad raya. Di sana Al-Qur’an diturunkan dan dengan bahasanya pula Al-Qur’an dituliskan. Selain itu Jazirah Arab merupakan sumber awal kemunculan Islam dan tempat akan munculnya tunas kembangkitan Islam yang sempat hilang. Inilah yang mendorong munculnya arabphobia di tengah-tengah musuh Islam.

Jum'at, 17/03/2017 17:30 0