... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Saudi Izinkan Kembali Jamaah Asal Iran Berhaji ke Mekkah

Foto: Suasana Ibadah Haji di Masjidil Haram (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Riyadh – Semua peraturan yang diperlukan untuk jamaah haji asal Iran di musim haji tahun ini sudah disepakati. Mereka akan disamakan sebagaimana prosedur yang berlaku dari berbagai negara Islam. Hal itu disampaikan pemerintah Saudi baru-baru ini, seperti dilansir Al-Jazeera, Sabtu (18/03).

Pihak berwenang Arab Saudi mengatakan bahwa pertemuan yang digelar di Jeddah antara Menteri Urusan Haji dan Umrah Saudi, Muhammad Bantin, dan Kepala Pengaturan Haji Iran, Humaid Muhammadiy, akhir Februari lalu, mencapai kata sepakat bahwa jamaah haji asal Iran tahun ini diperlakukan sama seperti negara-negara lainnya. Dengan kata lain, jamaah asal Iran tahun ini bisa kembali mengikuti prosesi haji di Mekkah Mukarramah.

Departemen urusan Haji Saudi menunjukkan bahwa negaranya sangat memperhatikan pelayanan terhadap seluruh jamaah haji dan umrah dari berbagai suku dan negara. Kami merasa terhina jika tidak mampu menjamin keselamatan para jamaah selama menjalankan haji dan umrah.

Para jamaah haji asal Iran tahun kemarin tidak dapat melaksanakan haji ke Mekkah setelah kedua negara gagal mencapai kesepakatan. Iran menolak persyaratan pemerintah Saudi yang dianggap tidak masuk akal.

Di sisi lain, Saudi menilai jamaah asal Iran yang mayoritas Syiah melakukan ritual sendiri, berbeda dengan prosesi haji pada umumnya. Hal itu dipandang dapat menimbulkan bahaya bagi jamaah lain mengingat jutaan orang memadati Mekkah saat musim haji tiba. Berbedanya ritual haji dapat menimbulkan kekacauan dan desak-desakan sehingga menyebabkan korban.

Tragedi desakan di Mina pada musim haji tahun 2015 dan putusnya hubungan diplomatik antara pemerintah Saudi dan Iran menyebabkan jamaah haji asal Iran tahun lalu tak bisa berangkat ke Mekkah. Iran melontarkan berbagai tuduhan yang menjatuhkan sehingga membuat pemerintah Saudi geram. Akan tetapi, Saudi terus berupaya membuka pintu bagi jamaah asal Iran namun dengan syarat-syarat yang harus dipatuhi.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tuduhan IHH dan IHR Bantu “Teroris” di Suriah Tendesius dan Gegabah

Pakar anti terorisme dan Aktivis HAM, Dr Heru Susetyo, SH, LL.M, M.SI, menegaskan bahwa tuduhan itu terlihat tendensius dan menyudutkan salah satu kelompok. Fitnah yang telah terlanjur tersebar ini adalah bola liar yang masih bergulir.

Sabtu, 18/03/2017 22:23 0

Indonesia

Pakar Hukum UI: Selama Sistemnya Baik, Yayasan Tak Boleh Takut

Hal itu ia sampaikan terkait Yayasan Keadilan Untuk Semua (Justice For All) yang beberapa waktu lalu dikriminalisasi oleh aparat. Polisi menuduh ada pelanggaran hukum dalam yayasan pimpinan Ustadz Adnin Armas itu setelah rekeningnya dipinjam oleh GNPF MUI untuk menggalang dana Aksi Bela Islam (212).

Sabtu, 18/03/2017 21:43 0

Profil

Perjalanan Dakwah dan Jihad Abdul Haq At Turkistani (2/2)

Edisi kedua ini kita akan membahas perjuangan Abdul Haq ketika di Afghanistan kemudian diangkat menjadi amir TIP ketiga dan bangkitnya Abdul Haq setelah diberitakan kematiannya.

Sabtu, 18/03/2017 21:30 0

Indonesia

Mantan Ketua PPATK Nilai Tak Ada TPPU dalam Kasus Dana GNPF MUI

Gerakan Nasional Pengawa Fatwa MUI, atau yang dikenal GNPF MUI, meminjam rekening Yayasan Keadilan Untuk Semua untuk menggalang dana Aksi Bela Islam (212). Polisi menuduh ada aliran dana mencurigakan keluar dari rekening yayasan tersebut. Hal itu dianggap sebagai pencucian uang.

Sabtu, 18/03/2017 21:28 0

Indonesia

Pakar: Amerika Serikat Subjektif Dalam Menentukan Teroris

Amerika Serikat yang mengaku sebagai negara terdepan dalam pemberantasan terorisme, kerap kali menentukan teroris secara subjektif

Sabtu, 18/03/2017 20:54 0

Indonesia

Tuduhan Pencucian Uang, Begini Cerita Adnin Armas saat Diperiksa Bareskrim

Diskusi publik bertema 'Kriminalisasi Pengelolaan Dana Kemanusiaan di Indonesia' Ustadz Adnin Armas, yang telah disebut Kapolri sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), memaparkan fakta mengenai dirinya saat diperiksa di Bareskrim.

Sabtu, 18/03/2017 14:22 0

Indonesia

Mantan Ketua PPATK: Dana untuk Kepolisian Tidak Semuanya Transparan

Kepolisian Republik Indonesia adalah salah satu lembaga publik. Sudah sepatutnya mengedepankan transparansi dalam seluruh kegiatan maupun pendanaannya.

Sabtu, 18/03/2017 13:50 0

Indonesia

Bachtiar Nasir: Keinginan Revolusi Karena Adanya Ketidakadilan

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Ustadz Bachtiar Nashir menilai bahwa gejolak yang terjadi di kalangan umat Islam karena tidak adanya keadilan.

Jum'at, 17/03/2017 20:25 0

Indonesia

Untuk Kemanusiaan, ACT Juga Beri Bantuan ke Umat Nasrani

Pimpinan Arrahman Quranic Learning (AQL), Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan bahwa orang Nasrani yang kelaparan juga akan diberi bantuan oleh Tim ACT.

Jum'at, 17/03/2017 19:28 0

Indonesia

Selain Larangan Adzan, Ini Daftar Aturan Diskriminatif Israel Terhadap Palestina

Sejak melakukan penjajahan, Zionis diketahui telah menerapkan sejumlah peraturan yang merugikan kaum Muslimin.

Jum'at, 17/03/2017 17:54 0