... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Italia Evakuasi 22 Korban Luka Pasukan Haftar ke Roma

Foto: Pesawat yang mengangkut korban pasukan Haftar dari Benghazi ke Roma, Italia

KIBLAT.NET, Benghazi – Pemerintah Italia memindahkan sedikitnya 22 prajurit militer yang dikenal Pasukan Nasional Libya pimpinan Mayor Jenderal Khalifah Haftar dari kota Benghazi, Libya timur, ke Italia. Anggota militer itu terluka dalam pertempuran terakhir merebut pelabuhan utama jalur ekspor minyal Libya, pelabuhan Sidra dan Lan Rasuf.

Di lansir dari sejumlah media pada Kamis (16/03), para korban tentara yang dievakuasi itu mengalami luka serius. Mereka diangkut dengan pesawat militer jenis C-130 menuju ibukota Roma. Anak buah Haftar ini akan dirawat di sebuah rumah sakit umum militer di pinggiran Roma, Italia.

Berdasarkan keterangan resmi dari pemerintah Italia, Departemen Luar Negeri Italia sendiri yang turun tangan mengoordinasi evakuasi. Deplu bekerja sama dengan Komite Medis Departemen Pertahanan selama proses pemindahan prajurit Libya ke Italia.

Italia menegaskan pihaknya bertekad memberi dukungan kepada seluruh kekuatan di Libya yang aktif memerangi “terorisme”. Seperti diketahui, pasukan Haftar memerangi pasukan Saraya Difa’ Benghazi, yang beberapa hari lalu sempat merebut pusat kilang minyak Libya dari Haftar.

Saraya Difa’ Benghazi merupakan aliansi pasukan Islamis di Libya. Selain pejuang Ikhwanul Muslimin, Anshar Syariah Libya yang disinyalir berafiliasi dengan Al-Qaidah juga bergabung dalam koalisi ini. Pasukan yang aktif di Libya timur dan pesisir ini mendukung Pemerintah Penyelamat Libya, pemerintahan yang dikendalikan Islamis pasca Muammar Gaddafi lengser.

BACA JUGA  Konflik Libya: Haftar Bersiap Serang Tripoli Habis-habisan

“Kontribusi Italia tidak berhenti pada titik ini, mengevakuasi korban luka. Akan tetapi, kami berkomitmen memberi perawatan medis darurat dan kesehatan di seluruh Libya, sebagai bagian untuk mengobati seluruh warga Libya yang memerangi ‘terorisme’,” kata Menlu Italia, Angelino Alfano, dalam pernyataannya, Kamis.

Pada bagiannya, Menhan Italia Roberta Pinotti menambahkan bahwa pihaknya berkomitemen memberi dukungan kemanusiaan bagi pihak yang terlibat dalam operasi terakhir merebut kilang minyak ini.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Italia juga akan terus mendukung misi Eropa melatih pasukan penjaga pesisir Libya untuk memerangi para pedagang manusia dan penyelundup senjata.

Dephan menunjukkan, para korban yang dipindahkan ke Italia itu para pasukan yang terluka dalam pertempuran terakhir di pelabuhan Sidra dan Lan Rasuf. Pasukan Haftar kembali merebut dua jalur utama ekspor minyak ini dari pasukan Sara Difa’ Benghazi.

Di sisi lain, kapal Italia dikabarkan bertolak dari pelabuhan Zeutinia Libya mengangkut 650 ribu barel minyak. Pelabuhan minyak ini dikelola oleh pasukan Haftar.

Perlu dicatat, perkembangan ini terjadi setelah Italia menyepakati kerja sama dengan pasukan Haftar di kota Zeutinia. Kesepakatan itu mencakup pengiriman para pekerja Italia untuk membangun kembali salah satu kota sumber minyak itu.

Sementara itu, evakuasi korban luka ke Italia dari anggota milisi Haftar ini merupakan pertama kali. Sebelumnya, negeri Matador itu menggelar operasi serupa untuk pasukan di bawah Pemerintah Rekonsiliasi Nasional, yang diakui PBB. Saat itu, pasukan pemerintah rekonsiliasi bertempur menghadapi ISIS di Sirte.

BACA JUGA  Layanan Internet di Sudan Kembali Aktif Setelah Sebulan Diputus

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Hayat

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Boleh Meninggalkan Shalat Jumat Asal…

Salat Jumat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Sama seperti ibadah lainnya, Allah tidak memerintahkan sesuatu di luar batass kemampuan hamba-Nya. Sehingga apa pun bentuk kewajibannya, jika ada udzur atau penghalang maka boleh diamalkan semampunya atau tidak diamalkan sama sekali.

Jum'at, 17/03/2017 10:06 1

Indonesia

UBN Bersyukur Diberi Kesempatan Bertemu Kyai Hasyim Sebelum Wafat

Salah satu tokoh Indonesia yang hadir adalah Ustadz Bachtiar Nasir, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI. Datang dengan pakaian koko putih dan peci hitam, Pemimpin Islamic Center AQL ini bercerita bahwa dia berkesempatan bertemu dan berdialog dengan salah satu Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ketika dirawat di rumah sakit di Malang.

Jum'at, 17/03/2017 08:36 0

Indonesia

Begini Sosok Kyai Hasyim Muzadi Dalam Kenangan Mantan Ketum Muhammadiyah

“Kami bukan saja sama-sama alumni Gontor, tetapi kami juga sangat dekat ketika saya menjabat Ketua Umum Muhammadiyah, dan beliau menjabat Ketua Umum PBNU. Kita bisa lihat betapa dekatnya hubungan NU dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Jum'at, 17/03/2017 08:14 0

Video Kajian

Rumah Tangga Vs Akademik ? [Ust. DR. A. Zain An Najah, MA.]

KIBLAT.NET – Salah satu yang menjadi momok menakutkan bagi pembelajar untuk menikah adalah takut akan...

Jum'at, 17/03/2017 08:10 0

Indonesia

KontraS Temukan 32 Pelanggaran HAM oleh Aparat Dalam Pemburuan Santoso

"Di wilayah Poso, setidaknya KontraS menemukan 32 insiden penangkapan dan penembakan sewenang-wenang yang terjadi sepanjang pemburuan kelompok teror atas nama Santoso dan Majelis Mujahidin Indonesia," ungkapnya dalam Konferensi Pers di Bakoel Koffie, Jakarat, Selasa (13/3)

Jum'at, 17/03/2017 08:03 0

Indonesia

Habib Rizieq Pimpin Doa di Pemakaman KH Hasyim Muzadi

Jenazah KH Hasyim Muzadi tiba di Pondok Pesantren Al-Hikam 2, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3) sekitar pukul 16.30 WIB, setelah sebelumnya dibawa dari Malang.

Jum'at, 17/03/2017 07:32 0

Indonesia

Waspada Pesan Gambar Lucu di WA dan Tele, Bisa Jadi Jebakan Peretas

Washington - Sebuah celah keamanan ditemukan di aplikasi pesan Whatsapp dan Welegram di versi webnya. Hanya hitungan menit seseorang bisa mendapatkan data pribadi pengguna.

Jum'at, 17/03/2017 07:28 0

Indonesia

Kriminalisasi Dana Kemanusiaan Imbas dari Monopoli Definisi Terorisme

"Stigma teroris ini yang kemudian membuat banyak lembaga kemanusiaan terganjal dan terhambat dalam melakukan kegiatan kemanusian, karena stigma teroris ini. Sehingga membuat lembaga kemanusiaan dinilai menyalurkan bantuan kepada teroris," terangnya.

Kamis, 16/03/2017 19:28 0

Indonesia

Begini Sesaknya Prosesi Pemakaman Kyai Hasyim Muzadi

Pemakaman Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, KH Hasyim Muzadi di komplek Ponpes Al Hikam, Depok dipenuhi oleh para pelayat dari warga sekitar dan juga tokoh-tokoh nasional.

Kamis, 16/03/2017 19:01 0

Indonesia

Kapolda Sulteng: Ini Rahasia Pabrik!

Kapolda Sulteng Brigjen (Pol) Rudi Sufahriadi menyebutkan 9 orang terduga teroris yang ditangkap di Tolitoli dan Parigi Moutong Sulawesi tengah

Kamis, 16/03/2017 18:29 0

Close