... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Cuaca Buruk Landa Mosul, Operasi Militer Dihentikan

Foto: Tank militer Irak

KIBLAT.NET, Mosul – Hujan dan kabut yang menutupi kota Mosul, Irak, pada Kamis (16/03) memaksa pasukan pemerintah Irak menghentikan sementara operasi di daerah Kota Tua Mosul. Pasukan ISIS yang bersembunyi di rumah dan lorong gang di kawasan padat penduduk itu untuk bersiap melakukan serangan balik.

“Operasi militer di Kota Tua dari sisi kanan Mosul dihentikan pada Kamis disebabkan cuaca buruk dan hujan. Kami tidak bisa bergerak tanpa dukungan udara sementara terjadi kabut tebal,” kata pernyataan militer Irak, Kamis, seperti dilansir Reuters Arabic.

Sumber perwira polisi federal Irak menegaskan bahwa operasi dihentikan. Para komandan tengah berkumpul untuk menyusun rencana baru.

“Rencana serangan baru harus cocok dengan medan yang kompleks dan gang-gang sempit,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya itu.

“Jalan-jalan sempit mencegah kita menggunakan kendaraan lapis baja dan ini pasti akan membuat tentara kita rentan terhadap tembakan musuh. Rencana baru yang teliti akan mampu menangani masalah ini,” imbuhnya.

Kota Tua Mosul merupakan kawasan padat. Di dalamnya terdapat masjid tempat deklarasi khilafah ISIS oleh Abu Bakar Al-Baghdadi pada 2014 lalu. Medannya yang berada di tengah kota membuat militer Irak dan milisi Syiah kesulitan.

Para perwira militer Irak mengaku mengalami kesulitan dalam pertemuran di kawasan ini. Terlebih, pasukan ISIS meletakkan banyak bom jebakan di gang-gang dan rumah warga yang ditinggal penguhinya. Belum lagi bom mobil yang dikemudikan oleh pejuang ISIS berani mati.

BACA JUGA  Insiden Desak-desakan di Perayaan Asyura di Karbala, 31 Tewas dan 71 Terluka

Di sisi lain, para pejabat Irak mengatakan operasi militer di Mosul saat ini memasuki tahap akhir. Kemajuan demi kemajuan terus diraih meski militer harus menghadapi perlawanan sengit.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bachtiar Nasir: Keinginan Revolusi Karena Adanya Ketidakadilan

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Ustadz Bachtiar Nashir menilai bahwa gejolak yang terjadi di kalangan umat Islam karena tidak adanya keadilan.

Jum'at, 17/03/2017 20:25 0

Indonesia

Untuk Kemanusiaan, ACT Juga Beri Bantuan ke Umat Nasrani

Pimpinan Arrahman Quranic Learning (AQL), Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan bahwa orang Nasrani yang kelaparan juga akan diberi bantuan oleh Tim ACT.

Jum'at, 17/03/2017 19:28 0

Indonesia

Selain Larangan Adzan, Ini Daftar Aturan Diskriminatif Israel Terhadap Palestina

Sejak melakukan penjajahan, Zionis diketahui telah menerapkan sejumlah peraturan yang merugikan kaum Muslimin.

Jum'at, 17/03/2017 17:54 0

Artikel

Anti Arab atau Anti Islam?

Bangsa Arab adalah bangsa yang dipilih oleh Allah sebagai tempat kelahiran manusia paling mulia di jagad raya. Di sana Al-Qur’an diturunkan dan dengan bahasanya pula Al-Qur’an dituliskan. Selain itu Jazirah Arab merupakan sumber awal kemunculan Islam dan tempat akan munculnya tunas kembangkitan Islam yang sempat hilang. Inilah yang mendorong munculnya arabphobia di tengah-tengah musuh Islam.

Jum'at, 17/03/2017 17:30 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at: Larangan Mencela Ulama

KIBLAT.NET – Ulama adalah pewaris para Nabi. Hasan Al Bashri berkata : “Jikalau bukan karena...

Jum'at, 17/03/2017 17:10 0

Indonesia

Lepas Relawan ACT, UBN: Ini Perjalanan Mulia

Pimpinan Arrahman Quranic Learning (AQL), Ustadz Bachtiar Nashir ikut melakukan pelepasan relawan ACT ke empat negara yang mengalami kelaparan dan kekeringan.

Jum'at, 17/03/2017 16:52 0

Indonesia

Tanggap Bencana Kelaparan, ACT Kirim Relawan ke Empat Negara

Aksi Cepat Tanggap (ACT) hari ini melepas tim kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan makanan ke empat negara; Sudan, Yaman, Nigeria dan Somalia.

Jum'at, 17/03/2017 16:15 0

Indonesia

Israel Larang Adzan di Al Quds, Pemerintah Indonesia Diminta Segera Bertindak

Bila peraturan kontraversial itu diterapkan, adzan Subuh akan dilarang di Al Quds dan di seluruh wilayah jajahan Israel.

Jum'at, 17/03/2017 14:57 0

Indonesia

Pakar Kontra-Terorisme Akui Definisi Teroris Masih Sangat Liar

Di tengah masifnya aksi teror di belahan dunia, definisi teroris justru masih belum bulat. Menurut pakar kontra-terorisme, Heru Susetyo, definisi teroris saat ini masih sangat liar karena siapa pun bisa dinyatakan sebagai teroris.

Jum'at, 17/03/2017 14:15 0

Indonesia

Dompet Dhuafa: Kami Berusaha Terus Transparan dalam Mengelola Donasi

Dompet Dhuafa selaku lembaga sosial penyalur zakat, infaq dan shadaqah megaku berusaha untuk transparan dan terbuka dalam menerima hingga proses penyerahan dana kepada penerima manfaat.

Jum'at, 17/03/2017 13:30 0

Close