... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Boleh Meninggalkan Shalat Jumat Asal…

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Salat Jumat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Sama seperti ibadah lainnya, Allah tidak memerintahkan sesuatu di luar batas kemampuan hamba-Nya. Sehingga apa pun bentuk kewajibannya, jika ada udzur atau penghalang maka boleh diamalkan semampunya atau tidak diamalkan sama sekali.

Demikian juga dengan salat jumat, ada beberpa penghalang atau udzur yang membolehkan seseorang tidak melaksanakan salat jumat. Di antara penghalang dan uzur tersebut ialah:

  • Sakit yang membuat seseorang tidak dapat berjalan menuju tempat salat.

Hal ini berdasarkan hadits dari Thariq bin Syihab, Nabi Muhammad sallallahu ’alaihi wasalam bersabda, “Salat Jumat ialah kewajiban atas setiap individu muslim secara berjamaah, kecuali empat golongan: Hamba sahaya, perempuan, anak kecil, dan orang yang sakit.”

Imam Nawawi mengatakan, “Hadits ini diriwayatkan Imam Abu Dawud dengan sanad shahih menurut syarat Imam Al-Bukhari dan Muslim.” Namun, dengan status Thariq sebagai shahabat, meskipun ia tidak mendengar langsung dari Nabi Muhammad SAW, maka hal itu tidak menjadi persoalan. Sebab, status hadits tersebut akhirnya menjadi mursal dari shahabat, serta ini menjadi hujjah dan dalil di kalangan jumhur ulama.” (Al-Majmû’: IV/483)

Selain itu, termasuk dalam kondisi seperti ini ialah, penyakit yang diderita seseorang berupa keluarnya najis yang dikhawatirkan akan mencemari masjid— misalnya, diare dan istihadhah—dan khawatir kalau kondisi sakitnya menjadi sakit yang parah. (Al-Inshâf: II/300)

  • Orang buta yang tidak ada penuntunnya dan tempatnya tidak dekat dengan masjid.
BACA JUGA  Ahrar Al-Syam Kenalkan Sosok Pemimpin Barunya

Pendapat ini dipegang oleh mazhab Maliki, Syafi’i, Abu Yusuf, Muhammad, Ahmad bin Hanbal, dan Dawud Azh-Zhahiri. Sementara Imam Abu Hanifah mengatakan, “Salat Jumat tidak wajib atasnya, meskipun ia memperoleh penuntun.” (Ad-Dasuqi: I/620, Al-Majmû’: IV/486, Mughnil-Muhtâj: I/538, dan Hâsyiyah Ibnu Abidin: III/29)

Akan tetapi, Ibnu Abidin Al-Hanafi mengatakan, “Pendapat yang lebih meyakinkan saya ialah salat Jumat wajib atas orang-orang buta yang dapat berjalan di pasar-pasar, mengetahui jalan-jalan tanpa penuntun dan biaya, serta mengetahui tempat masjid yang hendak ia tuju tanpa bertanya-tanya kepada siapa pun.” (Hâsyiyah Ibnu Abidin: III/29)

Pendapat ini yang benar. Sebab, sesuai dengan hadits Abdullah bin Ummu Maktum r.a yang tetap diperintahkan oleh Nabi untuk memenuhi panggilan azan. (Hr. Muslim)

  • Orang tua yang sudah renta serta tidak mampu berjalan dan tidak mendapatkan kendaraan.

Namun, jika ia mendapatkan kendaraan meskipun dengan biaya, ia wajib melaksanakan salat Jumat menurut mazhab Syafi’i. Sementara mazhab Hanafi mengatakan, “Ia tidak berkewajiban melaksanakan salat Jumat secara mutlak. Sama saja, apakah ia mendapatkan kendaraan maupun tidak.” (Mughnil-Muhtâj: I/538, dan Hâsyiyah Ibnu Abidin: III/29)

  • Tidak melaksanakan salat Jumat karena merawat orang sakit yang sangat membutuhkan perawatannya

Kondisi ini dibolehkan untuk meninggalkan salat jumat menurut mazhab Hanafi dan Hanbali. Mereka juga menambahkan, karena takut kerabat atau sahabatnya meninggal, sedangkan ia tak menghadirinya. (Hâsyiyah Ibnu Abidin: III/29)

BACA JUGA  ACT: Palestina adalah Barometer Islam dan Tanggung Jawab Bersama

Sementara itu, menurut mazhab Maliki dan Syafi’i, karena perawatan terhadap orang sakit sangat membutuhkan kepada orang yang merawatnya, meskipun si pasien bukanlah karib kerabat atau sahabat dekatnya. Sebab, hak sesama muslim lebih unggul daripada hak salat Jumat. Adapun kalau si sakit ialah karib kerabat, sahabat dekat, atau istrinya, boleh meninggalkan salat Jumat karena merawatnya, meskipun terdapat orang lain yang merawatnya. Selain itu, berjaga-jaga kalau-kalau ia akan wafat, atau wafatnya memang lebih utama untuk dijadikan alasan atau uzur. (Asy-Syarhush Shaghîr: I/184)

Baca halaman selanjutnya: Hujan yang lebat dan becek...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Jet Tempur AS Berada di Balik Serangan Masjid di Aleppo

Militer AS telah melakukan serangan udara di sebuah masjid yang penuh dengan jamaah di provinsi Aleppo pada Kamis (16/03). Setidaknya, lebih dari 300 jamaah berada di masjid tersebut.

Jum'at, 17/03/2017 09:37 0

Indonesia

UBN Bersyukur Diberi Kesempatan Bertemu Kyai Hasyim Sebelum Wafat

Salah satu tokoh Indonesia yang hadir adalah Ustadz Bachtiar Nasir, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI. Datang dengan pakaian koko putih dan peci hitam, Pemimpin Islamic Center AQL ini bercerita bahwa dia berkesempatan bertemu dan berdialog dengan salah satu Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ketika dirawat di rumah sakit di Malang.

Jum'at, 17/03/2017 08:36 0

Indonesia

Begini Sosok Kyai Hasyim Muzadi Dalam Kenangan Mantan Ketum Muhammadiyah

“Kami bukan saja sama-sama alumni Gontor, tetapi kami juga sangat dekat ketika saya menjabat Ketua Umum Muhammadiyah, dan beliau menjabat Ketua Umum PBNU. Kita bisa lihat betapa dekatnya hubungan NU dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Jum'at, 17/03/2017 08:14 0

Video Kajian

Rumah Tangga Vs Akademik ? [Ust. DR. A. Zain An Najah, MA.]

KIBLAT.NET – Salah satu yang menjadi momok menakutkan bagi pembelajar untuk menikah adalah takut akan...

Jum'at, 17/03/2017 08:10 0

Indonesia

KontraS Temukan 32 Pelanggaran HAM oleh Aparat Dalam Pemburuan Santoso

"Di wilayah Poso, setidaknya KontraS menemukan 32 insiden penangkapan dan penembakan sewenang-wenang yang terjadi sepanjang pemburuan kelompok teror atas nama Santoso dan Majelis Mujahidin Indonesia," ungkapnya dalam Konferensi Pers di Bakoel Koffie, Jakarat, Selasa (13/3)

Jum'at, 17/03/2017 08:03 0

Indonesia

Habib Rizieq Pimpin Doa di Pemakaman KH Hasyim Muzadi

Jenazah KH Hasyim Muzadi tiba di Pondok Pesantren Al-Hikam 2, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3) sekitar pukul 16.30 WIB, setelah sebelumnya dibawa dari Malang.

Jum'at, 17/03/2017 07:32 0

Indonesia

Waspada Pesan Gambar Lucu di WA dan Tele, Bisa Jadi Jebakan Peretas

Washington - Sebuah celah keamanan ditemukan di aplikasi pesan Whatsapp dan Welegram di versi webnya. Hanya hitungan menit seseorang bisa mendapatkan data pribadi pengguna.

Jum'at, 17/03/2017 07:28 0

Indonesia

Kriminalisasi Dana Kemanusiaan Imbas dari Monopoli Definisi Terorisme

"Stigma teroris ini yang kemudian membuat banyak lembaga kemanusiaan terganjal dan terhambat dalam melakukan kegiatan kemanusian, karena stigma teroris ini. Sehingga membuat lembaga kemanusiaan dinilai menyalurkan bantuan kepada teroris," terangnya.

Kamis, 16/03/2017 19:28 0

Indonesia

Begini Sesaknya Prosesi Pemakaman Kyai Hasyim Muzadi

Pemakaman Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, KH Hasyim Muzadi di komplek Ponpes Al Hikam, Depok dipenuhi oleh para pelayat dari warga sekitar dan juga tokoh-tokoh nasional.

Kamis, 16/03/2017 19:01 0

Indonesia

Kapolda Sulteng: Ini Rahasia Pabrik!

Kapolda Sulteng Brigjen (Pol) Rudi Sufahriadi menyebutkan 9 orang terduga teroris yang ditangkap di Tolitoli dan Parigi Moutong Sulawesi tengah

Kamis, 16/03/2017 18:29 0