... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Anti Arab atau Anti Islam?

Foto: Anti Arab

KIBLAT.NET – Bangsa Arab adalah bangsa yang dipilih oleh Allah sebagai tempat kelahiran manusia paling mulia di jagad raya. Di sana Al-Qur’an diturunkan dan dengan bahasanya pula Al-Qur’an dituliskan. Selain itu Jazirah Arab merupakan sumber awal kemunculan Islam dan tempat akan munculnya tunas  kembangkitan Islam yang sempat hilang. Inilah yang mendorong munculnya arabphobia di tengah-tengah musuh Islam.

Mereka berusaha agar manusia  membenci atau bahkan menjadi anti Arab. Hal ini hanyalah sebagai tipuan, karena maksud sebenarnya adalah anti Islam. Jalan yang ditempuh adalah dengan menyudutkan bangsa Arab sebagai bangsa yang melahirkan kelompok radikal atau teroris, sehingga banyak orang yang terhalang dari agama Islam .

Virus kebencian terhadap Arab, juga dikampanyekan beberapa pihak di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Di mulai dengan menyebut jilbab adalah budaya Arab hingga menuduh timur tengah (Tanah Arab) sebagai sumber kekaauan. Kaum muslimin pun di buat bimbang, sehingga tidak sedikit dari kaum muslimin termakan dengan perkataan mereka dan akhirnya menolok semua syaria’at Islam yang berbau Arab.

Sebenarnya, fenomena kemunculan kelompok anti Arab bukan hal yang baru. Dahulu pun ada kelompok yang anti dan benci terhadap Arab. Mereka dikenal dengan kelompok Syu’ubiyah. Abdurrahman bin Muhammad al-Qammasy mengatakan dalam footnote kitab beliau; al-Hawi fi at-Tasir Al-Qur’an al-Karim (4/58), bahwa kelompok ini sudah muncul di akhir Daulah Umawiyyah, kemudian  menjadi semakin kuat pada masa Daulah Abbasiyyah.

BACA JUGA  Seorang Remaja Muslimah di Amerika Tewas Dibunuh Sepulang Tarawih

Anti Arab Tanda Kemunafikan

Kemunafikan merupakan sifat yang sangat berbahaya, baik untuk pribadi seseorang maupun kehidupan sosial. Dalam lingkup pribadi, sifat ini akan menyeret pelakunya ke jurang neraka, sedangkan bagi umat, ia adalah musuh dalam selimut yang kerap kali menjadi sebab keruntuhan suatu peradaban Islam.

Salah satu dari sekian banyak ciri-ciri orang munafik adalah membenci Arab atau semua hal yang ada pertalian dengan Arab dan Islam. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dalam kitabnya Syu’abul Iman (3/159),  dari jalur al-Bara’, Rasulullah bersabda:

حُبُّ الْعَرَبِ إِيمَانٌ، وَبُغْضُهُمْ نِفَاق

“Mencintai Arab (Bangsa Arab) merupakan keimanan dan membenci mereka merupakan kemunafikan”.

Menurut Imam Hakim dalam al-Mustadrak (4/87) hadits ini sanadnya shahih. Sedangkan Imam adz-Dzahabi mengatakan hadits ini sanannya tidak shohih karena di dalamnya terdapat al-Haitsami yang haditsnya matruk (ditinggalkan).

Walaupun hadits ini masih dipermasalahkan keshahihannya, namun makna hadits ini dibenarkan oleh para ulama. Imam al-Munawi mensyarah hadits ini dalam kitab beliau Faidhu al-Qadir (12/419), “Jika seseorang mencintai mereka (Bangsa Arab) maka kecintaan terhadap mereka merupakan tanda keimanan dan jika membenci mereka maka kebenciaan tersebut tanda dari kemunafikan. Sebab, agama ini berkembang dari perjuangan mereka. Mereka menegakkannya dengan pedang-pedang dan kesungguhan.”

Imam Ahmad menyebutkan satu persatu kelompok-kelompok sesat yang harus diwaspadai, diantaranya adalah asy-Syu’ubiyah mereka merupakan pelaku bid’ah dan kesesatan, mereka mengatakan sesungguhnya Arab dan budak bagi kami sama. Mereka tidak melihat adanya hak bagi Bangsa Arab, mereka tidak mengakui adanya keutamaan Bangsa Arab dan mereka juga tidak mencintai orang-orang Arab.”  (al-Husai bin Abu Ya’la, Thabaqat al-Hanabilah, 1/33).

BACA JUGA  Apakah Khilafah Itu Ancaman?

Begitu juga Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau al-Iqtidha as-Shiratu al-Mustaqim (149) ketika mengomentari pemahaman Syu’ubiyah yang membeci dan tidak suka terhadap Arab, beliau mengatakan, “Ucapan semacam itu (yang mengatakan Arab tidak memiliki keutamaan atas orang ‘ajam) muncul dari kemunafikan, baik bersifat i’tiqodi atau amali.

Pernah suatu ketika Ibnu Sirin ditanya oleh seseorang, “Wahai Abu Bakar, apa pendapatmu terhadap perempuan yang bermimpi seakan-akan ia memakan kepala onta? Maka beliau berkata, “Hendaknya ia bertakwa kepada Allah dan hendaklah ia tidak membenci Arab.”

Baca halaman selanjutnya: Sebuah Manuver untuk Menghina...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jum’at : Larangan Mencela Ulama [Ust. Abdul Khalid, MA.]

KIBLAT.NET – Ulama adalah pewaris para Nabi. Hasan Al Bashri berkata : “Jikalau bukan karena...

Jum'at, 17/03/2017 17:10 0

Indonesia

Lepas Relawan ACT, UBN: Ini Perjalanan Mulia

Pimpinan Arrahman Quranic Learning (AQL), Ustadz Bachtiar Nashir ikut melakukan pelepasan relawan ACT ke empat negara yang mengalami kelaparan dan kekeringan.

Jum'at, 17/03/2017 16:52 0

Indonesia

Tanggap Bencana Kelaparan, ACT Kirim Relawan ke Empat Negara

Aksi Cepat Tanggap (ACT) hari ini melepas tim kemanusiaan untuk menyalurkan bantuan makanan ke empat negara; Sudan, Yaman, Nigeria dan Somalia.

Jum'at, 17/03/2017 16:15 0

Suriah

5 Wartawan Suriah Pengungkap Kekejaman Assad, Nomor 2 Dikenal Paling Ganteng

Sejak awal revolusi enam tahun yang lalu hingga saat ini, ratusan wartawan dan aktivis media Suriah telah mengalami kekerasan dari ditahan secara paksa hingga dibunuh, lantaran peran mereka dalam mengungkap kejahatan Rezim Suriah.

Jum'at, 17/03/2017 15:45 0

Indonesia

Israel Larang Adzan di Al Quds, Pemerintah Indonesia Diminta Segera Bertindak

Bila peraturan kontraversial itu diterapkan, adzan Subuh akan dilarang di Al Quds dan di seluruh wilayah jajahan Israel.

Jum'at, 17/03/2017 14:57 0

Indonesia

Pakar Kontra-Terorisme Akui Definisi Teroris Masih Sangat Liar

Di tengah masifnya aksi teror di belahan dunia, definisi teroris justru masih belum bulat. Menurut pakar kontra-terorisme, Heru Susetyo, definisi teroris saat ini masih sangat liar karena siapa pun bisa dinyatakan sebagai teroris.

Jum'at, 17/03/2017 14:15 0

Indonesia

Dompet Dhuafa: Kami Berusaha Terus Transparan dalam Mengelola Donasi

Dompet Dhuafa selaku lembaga sosial penyalur zakat, infaq dan shadaqah megaku berusaha untuk transparan dan terbuka dalam menerima hingga proses penyerahan dana kepada penerima manfaat.

Jum'at, 17/03/2017 13:30 0

Afrika

MSF: Puluhan Ribu Pengungsi Butuh Bantuan Kemanusiaan di Sudan Selatan

Kelompok LSM Dokter Tanpa Batas (MSF) pada hari Kamis (16/03) kemarin merilis sebuah laporan yang berisi seruan untuk memberikan bantauan kemanusiaan bagi ribuan orang yang mengungsi dan berusaha menyelamatkan diri dari perang di daerah Wau Shilluk, Sudan Selatan.

Jum'at, 17/03/2017 12:59 0

Indonesia

Polisi Klaim 6 Terduga Teroris Akan Lakukan Sejumlah Serangan di Tolitoli

Beberapa hari sebelum berakhirnya Operasi Tinombala 2017 pada bulan April mendatang, tiba-tiba terjadi penggerebekan terhadap 9 orang terduga teroris di Parigi Moutong dan Tolitoli.

Jum'at, 17/03/2017 12:00 0

Indonesia

Pakar Fiqih: Spanduk Tak Salatkan Jenazah Pemilih Pemimpin Kafir Tidak Salah

Doktor Syariah Universitas Al-Azahar Kairo, Dr Ahmad Zain An-Najah, menjelaskan bahwa kebijakan sejumlah masjid tersebut tidak salah menurut pandangan fiqih. Hal itu karena hukum salat jenazah Fardlu Kifayah. Artinya, jika sudah dishalatkan oleh sebagian masyarakat, kewajiban warga lain telah gugur

Jum'at, 17/03/2017 11:44 0