... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kelompok Rekrutan Hendi di Tolitoli Berikan Baiat pada Al-Baghdadi

Foto: Abu Bakar Al-Baghdadi saat mendeklarasikan Khilafah di Masjid An-Nur pada Juli 2014 lalu

KIBLAT.NET, Tolitoli – Enam orang yang ditangkap Densus 88 di Tolitoli, Sulawesi Tengah telah berbaiat pada pimpinan kelompok Daulah ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi.

Seorang sumber anonim mengatakan pada Kiblatnet bahwa ia pernah direkrut seseorang bernama Hendi, warga Kayamanya Poso Kota. (Baca juga: 6 Orang Ditangkap Densus 88 di Tolitoli, Kok Perekrutnya Masih Aman?)

Hendi kemudian mengajak anggota kelompok mereka diperkenalkan dengan seseorang yang datang dari Pulau Jawa. Orang tersebut mengatakan bahwa ia siap menyediakan senjata beserta amunisinya untuk operasi amaliyat di Parigi dan Tolitoli.

“Waktu itu ada orang dari Jawa datang, Hendi yang jemput dia dari Bandara Kasiguncu, Poso. Hendi mengaku kenal dia (orang Jawa, red) dari Facebook,” tutur sumber Kiblatnet pada Selasa, 15 Maret 2016.

Waktu itu, sumber Kiblatnet mengaku sudah curiga dan tidak mau gabung lagi dengan kelompok Hendi. Hanya saja Hendi sedikit memaksa untuk menghargai tamu yang sudah datang jauh-jauh dari Pulau Jawa.

“Jadi saya gabung lagi dengan mereka. Terus satu minggu dari situ kita dibaiat, bunyinya sama dengan baiatnya Santoso kepada Al-Baghdadi ISIS,” tutur sumber yang minta dirahasiakan identitasnya ini kepada Kiblatnet.

Sebanyak enam orang yang dituding teroris ini digerebek oleh Densus 88 sekitar pukul 08.30 WITA pada Jumat, 10 Maret 2016 di Tolitoli. Barang bukti yang diamankan adalah pupuk potasium nitrat (Kno3), belerang, arang, paku dan cairan spirtus.

BACA JUGA  Komdak MUI Kritisi Rencana Penghapusan Materi Perang di Kurikulum Madrasah

Berdasarkan penelusuran Kiblat.net, identitas keenam orang tersebut adalah Samsuriyadi alias Sam Tolitoli lahir (30 tahun) asal kota Tolitoli, Kifli (29 tahun) asal Poso, Sofyan (13 tahun) asal Poso, Darwin alias Ali (18 tahun) asal Poso, Jefri (19 tahun) asal Lampung, dan Irsan alias Ican (24 tahun) asal Tolitoli.

 

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Fajar Shadiq

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Dua Bom Kembali Meledak di Damaskus, Tahrir Al-Syam Tak Terlibat

Lagi-lagi serangan bom mengguncang ibukota Suriah, Damaskus. Akibatnya, puluhan orang tewas dan luka-luka.

Kamis, 16/03/2017 12:56 0

Artikel

Menjadi Manusia versi Michael Flynn

Penasihat keamanan nasional Michael Flynn dipecat oleh Presiden AS Donald Trump. Diberhentikan dari jabatan sebenarnya bukan hal baru bagi Michael Flynn, pada tahun 2014 dia juga pernah diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Badan Intelijen AS

Kamis, 16/03/2017 12:16 0

Irak

PM Irak Minta ISIS di Mosul Menyerah

"Untuk saat ini IS terdesak di wilayah yang sempit dan menunggu hari-hari terakhir bagi mereka," katanya pada Rabu (15/03)

Kamis, 16/03/2017 11:30 0

Irak

Militer Irak Dilaporkan Berada 800 M dari Masjid Tempat Deklarasi Khilafah ISIS

“Sejumlah militer Baghdad berhasil menguasai jembatan utama yang menghubungkan wilayah barat dan timur Mosul,” lapor Al-Jazeera, Rabu (15/03).

Kamis, 16/03/2017 08:46 0

Asia

Rusia Ungkap Pemberi Bocoran Lokasi ISIS dan “Jabhah Nusrah” di Suriah

Kepala Delegasi Tim Perunding Rusia di konferensi Astana ke 3 pada Selasa (14/03), Alexander Avrantiov, mengungkapkan pihak yang menginformasikan posisi Daulah Islamiyah (ISIS) dan “Jabhah Nusrah” di Suriah.

Rabu, 15/03/2017 19:56 0

Afrika

Milisi Haftar Kembali Rebut Kawasan Bulan Sabit Minyak Libya

Pasukan Purnawirawan Mayor Jenderal Khalifah Haftar, Rabu (15/03), kembali merebut kawasan Bulan Sabit Minyak Libya. Serangan sengit dari udara, darat dan laut memaksa pejuang Saraya Difa’ Benghazi dan Pasukan Penjaga Instalasi Minyak dari Pemerintah Rekonsiliasi Nasional meninggalkan sumber minyak terbesar di Libya itu.

Rabu, 15/03/2017 18:58 0

Munaqosyah

Benarkah Sayyid Qutb Memiliki Paham Wihdatul Wujud?

Menghukumi manhaj seseorang, akidah dan pandangan keislamannya tidak bisa hanya dengan membaca 1 atau 2 kutipan yang parsial dan tidak utuh. Seharusnya, menghukumi akidah seseorang harus dilakukan dengan cara mengkaji tulisan-tulisannya berikut revisinya, mempelajari fase hidupnya sehingga kita memiliki pemahaman yang utuh dan komprhensif terhadap objek kajian.

Rabu, 15/03/2017 18:45 0

Rusia

Rusia Ternyata Kirim Tentara Bayaran di Suriah, Jumlah yang Tewas di Luar Dugaan

Tiga pemuda Rusia dilaporkan tewas di Suriah bulan lalu, meskipun pihak Kremlin berulang kali membantah telah mengirim tentara bayaran.

Rabu, 15/03/2017 17:55 0

Timur Tengah

Kasih Makan Anjing dengan Kucing Hidup, Pria Dubai Ditangkap

Polisi Dubai menangkap seorang pria setelah mengupload video yang menunjukkan dirinya memberi makan anjing dengan kucing hidup. Tindakan pria itu diduga dilakukan setelah kucing tersebut memakan satu ekor ayam miliknya.

Rabu, 15/03/2017 16:43 0

Irak

Pasukan Sniper ISIS Sulitkan Militer Irak di Mosul

Seorang petugas militer Irak mengungkapkan bahwa pihaknya kini tengah kesulitan menghadapi para penembak jitu kelompok Daulah di Mosul.

Rabu, 15/03/2017 14:44 1

Close