... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Awas! Anak Korban Bully Terancam Alami Penyakit Kronis Saat Dewasa

Foto: Bullying

KIBLAT.NET – Suka atau tidak, tindakan merisak atau bullying telah menjadi kebiasaan di tengah masyarakat, tak terkecuali di lingkungan sekolah. Celakanya, penyakit kronis mengintai korban bully di masa dewasanya.

Bullying adalah bentuk intimidasi atau penindasan dari satu individu atau kelompok yang lebih kuat. Tindakan ini berbeda dengan konflik atau pertengkaran pada umumnya, pasalnya ada kekuatan yang tidak seimbang antar kedua belah pihak yang terlibat. Dalam bullying ada niat untuk menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bagi korban, secara fisik maupun emosional.

Ternyata tindakan bullying akan menimbulkan dampak buruk dalam jangka panjang. Peniliti dari Mayo Clinic telah menemukan sebuah efek dari bullying kepada anak. Hasilnya, ketika di masa kanak-kanak seseorang sering mendapatkan bullying dari lingkunganya akan menderita masalah kesehatan kronis dan ganguuan kejiwaan atau stress.

Studi ini menunjukan orang dewasa yang sejak kecil menjadi korban bullying ada kemungkinan yang sangat besar terkena risiko penyakit jantung. Penyakit lain yang mengintai perisakan di masa dewasa adalah diabetes.

Bullying, merupakan bentuk tekanan sosial akut. Mungkin akan beresiko mengalami gangguan kesehatan jika tidak di tangani sejak awal, kami mendorong para praktisi kesehatan anak untuk mengkaji dampak kesehatan mental dan fisik dari bullying tersebut,” ujar peneliti di Mayo Clinic, Susanah J. Tye seperti dilansir upi.com, Jumat (10/03).

Bullying sendiri juga dapat mengakibatkan peningkatan resiko gangguan kejiwaan. Susanah juga mengungkapkan, bentuk stress fisik akibat bullying dapat meningkatkan beban allostatic.

Beban allostatic sendiri adalah dampak kumulatif dari respon biologis terhadap setres yang berkelanjutan atau terus-menerus. Dan hal ini dapat menyebabkan perkembangan penyakit seperti depresi, diabetes, dan penyakit jantung serta masalah kekebalan tubuh.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa strees kronis dimasa kecil akibat bullying dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk mengembangkan ketrampilan psikologisnya di masa depan.

Mereka yang mengalami perisakan atau bullying ketika masa anak-anak memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami depresi dan kecemasan, dan kemungkinan memiliki kualitas hidup yang lebih rendah pada usia 50 tahun.

Reporter: Furqon Amrullah
Sumber: Upi.com

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Buruh Lepas Ini Mendadak Stroke, Butuh Uluran Tangan Kita

Yamtono (40) warga desa Dimoro RT 02/2 Tangkisan Tawangsari Sukoharjo ini dikenal warga sebagai sosok yang giat dalam beragama. Yamtono kerap hadir dalam pengajian-pengajian di daerahnya.

Kamis, 16/03/2017 16:23 0

Amerika

Beberapa Jam Sebelum Berlaku, Keppres Baru Larangan Imigran Kembali Dibekukan

Hasil revisi perintah eksekutif (keppres) Donald Trump tentang larangan imigran (travel ban) kembali dibekukan.

Kamis, 16/03/2017 14:43 0

Info Event

Hadirilah! Kajian FSKI: Sayyid Qutb Inspirator Kebangkitan Islam

Ikutilah! Kajian Forum Studi Kebangkitan Islam dengan tema: 'Sayyid Qutb, Inspirator Kebangkitan Islam'.

Kamis, 16/03/2017 14:42 0

Indonesia

Perekrut Kelompok Tolitoli Kerap Mintai Anggotanya Sejumlah Uang

Hendi, sang perekrut kelompok Tolitoli sejak Januari 2017 lalu telah membentuk kelompok pergerakan di Poso.

Kamis, 16/03/2017 14:18 0

Indonesia

Kelompok Rekrutan Hendi di Tolitoli Berikan Baiat pada Al-Baghdadi

Enam orang yang ditangkap Densus 88 di Tolitoli, Sulawesi Tengah telah berbaiat pada pimpinan kelompok Daulah ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi.

Kamis, 16/03/2017 13:41 0

Indonesia

Perekrut Kelompok Tertuduh Teroris di Tolitoli Suka Pukuli Istrinya

Perekrut kelompok yang dituduh teroris di Tolitoli dikenal sebagai orang yang buruk perangainya.

Kamis, 16/03/2017 13:24 0

Indonesia

6 Orang Ditangkap Densus 88 di Tolitoli, Kok Perekrutnya Masih Aman?

Sebanyak 6 orang yang diduga teroris ditangkap Detasemen Khusus Anti Teror/ Densus 88 di Kota Tolitoli Sulawesi Tengah pada Jumat, 10 Maret 2017.

Kamis, 16/03/2017 13:14 0

Suriah

Dua Bom Kembali Meledak di Damaskus, Tahrir Al-Syam Tak Terlibat

Lagi-lagi serangan bom mengguncang ibukota Suriah, Damaskus. Akibatnya, puluhan orang tewas dan luka-luka.

Kamis, 16/03/2017 12:56 0

Irak

PM Irak Minta ISIS di Mosul Menyerah

"Untuk saat ini IS terdesak di wilayah yang sempit dan menunggu hari-hari terakhir bagi mereka," katanya pada Rabu (15/03)

Kamis, 16/03/2017 11:30 0

Indonesia

KontraS: Minim Koreksi, Angka Penyiksaan oleh Aparat Terus Bertambah

Selain pola–pola yang digunakan untuk melakukan penyiksaan masih relatif sama, penanganannya pun seringkali mengalami kendala ketika diteruskan pada proses pidana. Aparat yang terbukti bersalah hanya disanksi etik semata.

Kamis, 16/03/2017 11:00 0