... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Densus Didesak Akuntabel Ketika Terjadi Pelanggaran Dalam Penindakan Terorisme

Foto: Yati Andriani, Ketua KontraS

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemberian Uang 100 juta dari Densus 88 kepada keluarga Siyono dianggap bentuk penyelesaian masalah yang tidak benar dari pemerintah. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai cara itu seperti menyelesaikan masalah dengan cara memberi permen.

“Gak bisa negara cara menyelesaikan masalah seperti memberi permen, korban diberikan uang silaturahim, dipergikan haji, itu ngak menyelesaikan masalah, tapi yang mendasar seperti dibuatnya sistem pengawasan yang jelas,” ujar Koordinator KontraS, Yati Andriyani kepada Kiblat.net, di Jakarta, Selasa (14/3).

Ia mengatakan bahwa jika memang pemerintah serius menyelesaikan masalah penanggulangan terorisme ini, terpenting penyelesaian yang digunakan haruslah akuntabel ketika terjadi pelangggaran dan penindakan terorisme.

“Supaya tidak hanya memberikan permen untuk merendakan korban, tapi juga dibuat sebuah sistem pengawasan dan penyelesaian yang akuntabel,” ungkapnya.

Lalu, soal hukuman etik yang telah dijatuhkan kepada dua anggota densus 88 yang mengawal hingga mengakibatkan meninggalnya san meninggalnya Siyono, KontraS menilai hal itu tidaklah cukup, karena ini hingga menghilangkan nyawa orang.

“Gak cukup, karena etik itu hanya berkenaan dengan kesalahan prosedur penangkapan dan penahanan, tapi ketika seseorang itu meninggal, berarti terjadi ada nyawa yang hilang, mengapa orang ini meninggal maka ini haruslah dibongkar,” ungkapnya.

Yati melanjutkan, jika di situ ditemukan tindakan pidana yang mengarah pada pembunuhan, maka haruslah diselesaikan dengan hukum pidana, tidak hanya dengan sidang kode etik.

BACA JUGA  HRS Center Akan Investigasi Pencekalan Habib Rizieq

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Pasukan Sniper ISIS Sulitkan Militer Irak di Mosul

Seorang petugas militer Irak mengungkapkan bahwa pihaknya kini tengah kesulitan menghadapi para penembak jitu kelompok Daulah di Mosul.

Rabu, 15/03/2017 14:44 1

Afrika

Pasukan Khusus Rusia Dilaporkan Berada di Perbatasan Mesir-Libya

Hanya sehari setelah pejabat-pejabat tinggi AS menyinggung soal dukungan Rusia terhadap pemimpin Tentara Nasional Libya, Jenderal Khalifa Haftar, terdapat sejumlah laporan dari Reuters bahwa Rusia telah mengerahkan satu unit pasukan khusus ke satu wilayah di Mesir bagian barat, dekat dengan Libya.

Rabu, 15/03/2017 14:18 0

Video Kajian

Ust. Farid Okbah, MA.: Agar Selamat Jalanmu

KIBLAT.NET – Ust. Farid Okbah, MA.: Agar Selamat Jalanmu. Orang-orang mukmin adalah orang-orang yang disebut...

Rabu, 15/03/2017 09:25 0

Afrika

Serangan Milisi Haftar Gagal Rebut Kembali Pusat Sumber Minyak Libya

Pasukan Penjaga Instalasi minyak di bawah komando Pemerintahan Rekonsiliasi Nasional, Selasa (14/03), berhasil mengagalkan serangan pasukan purnawirawan Mayor Jenderal Khalifa Haftar. Anak buah mantan panglima militer Libya era Muammar Kaddafi itu berupaya merebut kembali pelabuhan Sidra dan Ras Lanuf yang bulan lalu diambil alih oleh pejuang Saraya Difa’ Benghazi.

Rabu, 15/03/2017 00:03 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Ungkap Ketidakpercayaan Rakyat Suriah terhadap Amerika

Pernyataan terbaru Amerika Serikat yang memasukkan Hai'ah Tahrir Al-Syam (HTS) ke daftar kelompok teroris ditanggapi santun. Dalam rilisan menjawab pernyataan itu, HTS hanya menitikberatkan perjuangan lokal untuk menjaga revolusi Suriah. Tidak ada kecaman terhadap AS kendati telah membunuh sejumlah komandan pejuang Suriah

Selasa, 14/03/2017 23:28 0

Afrika

Bentrok Bersenjata Antar Milisi Meletus di Ibukota Libya, Tripoli

Bentrokan meletus antara kelompok bersenjata di ibukota Libya, Tripoli. Baku tembak terjadi di tengah kota sehingga menyebabkan situasi mencekam.

Selasa, 14/03/2017 22:19 0

Yaman

Lancarkan Serangan di Hajjah, Tentara Yaman dan Koalisi Tewaskan 28 Pemberontak Hutsi

Angkatan Bersenjata Yaman yang kini didukung oleh pasukan Koalisi Teluk mengatakan telah melancarkan serangan dan menewaskan puluhan milisi Syiah Hutsi di Yaman

Selasa, 14/03/2017 21:40 0

Suriah

Dikategorikan Kelompok Teroris, Begini Jawaban Tahrir Al-Syam untuk AS

“Apa yang dipersembahkan AS untuk revolusi Suriah,” tegas HTS dalam pernyataannya pada 12 Maret 2017. Rilis dalam bahasa Arab dan Inggris ini untuk menjawab tudingan yang dikeluarkan oleh Utusan Khusus AS ke Suriah, Michael Ratney, dua hari sebelumnya.

Selasa, 14/03/2017 20:14 0

Amerika

Oleh Trump, Aturan Operasi Kontra Teror Semakin Dilonggarkan

Baru-baru ini, Presiden Trump disebut sedang berupaya mencari terobosan untuk menghilangkan atau meminimalisir regulasi yang berpotensi membatasi serangan-serangan tersebut. Terutama berkaitan dengan serangan yang berisiko menyebabkan korban sipil.

Selasa, 14/03/2017 20:08 0

Timur Tengah

Israel Minta Putin Bebaskan Pasukannya yang Ditahan Hamas

Dalam kunjungan ke Moscow pada Kamis (10/04) pekan lalu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu meminta bantuan Rusia untuk membebaskan pasukannya yang ditahan Hamas pasca perang Gaza tahun 2014 silam.

Selasa, 14/03/2017 18:18 0

Close