... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DDII Bantah Keluarkan Fatwa Resmi Larangan Menyalati Mayit Pendukung Pemimpin Kafir

Foto: Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Majelis Fatwa dan Pusat Kajian Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII), Dr. Ahmad Zain An-Najah, MA, membantah telah mengeluarkan fatwa resmi larangan menyalati pendukung penista agama dan pemimpin nonmuslim. Ia menegaskan bahwa teks fatwa yang telah menyebar itu merupakan draft mentah hasil tulisan pribadi.

“Saya klarifikasi supaya tidak ada salah paham bahwa itu (teks fatwa) belum resmi dari Dewan Dakwah,” kata Dr. Zain saat dikonfirmasi Kiblat.net, Selasa (14/03).

“DDII tidak bertanggung jawab terhadap penyebaran itu. Itu hanya tulisan pribadi atau draft yang belum matang,”  tegasnya.

Direktur Pesantren Tinggi Al-Islam ini menjelaskan bahwa sampai saat ini tidak ada rapat, musyawarah atau kajian resmi dari DDII membahas hal itu. Ia mengungkapkan teks tersebut sebenarnya tulisan pribadi yang akan diajukan ke majelis fatwa untuk dikaji.

Akan tetapi, imbuhnya, draft mentah itu sudah disebarkan. Oleh karena itu, dia kembali menegaskan bahwa DDII tidak bertanggung jawab atas penyebaran teks fatwa tersebut.

Seperti diketahui, di media sosial telah tersebar teks fatwa yang mengatasnamakan Dr Ahmad Zain An-Najah selaku Ketua Majelis Fatwa DDII dan sekretarisnya, Drs. H. Syamsul Bahri Ismaiel, MH. Teks tersebut melarang menyalatkan jenazah pemilih pemimpin nonmuslim dan pendukung penista agama.

Jenazah mereka tidak dishalatkan karena dianggap munafik. Akan tetapi, larangan ini tidak berlaku bagi yang tidak mengetahui kemunafikan si pendukung.

BACA JUGA  [Wawancara] Disertasi Kontroversial Abdul Aziz Tidak Perlu Direvisi

Larangan ini, menurut teks tersebut, sebagai efek pembelejaran dam efek jera bagi umat. Oleh karenanya, masjid-masjid di Indonesia tidak menyalatkan jenazah para pendukung penista agama secara khusus dan para pemilih pasangan calon pemimpin non-muslim secara umum.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Ust. Farid Okbah, MA.: Agar Selamat Jalanmu

KIBLAT.NET – Ust. Farid Okbah, MA.: Agar Selamat Jalanmu. Orang-orang mukmin adalah orang-orang yang disebut...

Rabu, 15/03/2017 09:25 0

Afrika

Serangan Milisi Haftar Gagal Rebut Kembali Pusat Sumber Minyak Libya

Pasukan Penjaga Instalasi minyak di bawah komando Pemerintahan Rekonsiliasi Nasional, Selasa (14/03), berhasil mengagalkan serangan pasukan purnawirawan Mayor Jenderal Khalifa Haftar. Anak buah mantan panglima militer Libya era Muammar Kaddafi itu berupaya merebut kembali pelabuhan Sidra dan Ras Lanuf yang bulan lalu diambil alih oleh pejuang Saraya Difa’ Benghazi.

Rabu, 15/03/2017 00:03 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Ungkap Ketidakpercayaan Rakyat Suriah terhadap Amerika

Pernyataan terbaru Amerika Serikat yang memasukkan Hai'ah Tahrir Al-Syam (HTS) ke daftar kelompok teroris ditanggapi santun. Dalam rilisan menjawab pernyataan itu, HTS hanya menitikberatkan perjuangan lokal untuk menjaga revolusi Suriah. Tidak ada kecaman terhadap AS kendati telah membunuh sejumlah komandan pejuang Suriah

Selasa, 14/03/2017 23:28 0

Afrika

Bentrok Bersenjata Antar Milisi Meletus di Ibukota Libya, Tripoli

Bentrokan meletus antara kelompok bersenjata di ibukota Libya, Tripoli. Baku tembak terjadi di tengah kota sehingga menyebabkan situasi mencekam.

Selasa, 14/03/2017 22:19 0

Yaman

Lancarkan Serangan di Hajjah, Tentara Yaman dan Koalisi Tewaskan 28 Pemberontak Hutsi

Angkatan Bersenjata Yaman yang kini didukung oleh pasukan Koalisi Teluk mengatakan telah melancarkan serangan dan menewaskan puluhan milisi Syiah Hutsi di Yaman

Selasa, 14/03/2017 21:40 0

Suriah

Dikategorikan Kelompok Teroris, Begini Jawaban Tahrir Al-Syam untuk AS

“Apa yang dipersembahkan AS untuk revolusi Suriah,” tegas HTS dalam pernyataannya pada 12 Maret 2017. Rilis dalam bahasa Arab dan Inggris ini untuk menjawab tudingan yang dikeluarkan oleh Utusan Khusus AS ke Suriah, Michael Ratney, dua hari sebelumnya.

Selasa, 14/03/2017 20:14 0

Amerika

Oleh Trump, Aturan Operasi Kontra Teror Semakin Dilonggarkan

Baru-baru ini, Presiden Trump disebut sedang berupaya mencari terobosan untuk menghilangkan atau meminimalisir regulasi yang berpotensi membatasi serangan-serangan tersebut. Terutama berkaitan dengan serangan yang berisiko menyebabkan korban sipil.

Selasa, 14/03/2017 20:08 0

Timur Tengah

Israel Minta Putin Bebaskan Pasukannya yang Ditahan Hamas

Dalam kunjungan ke Moscow pada Kamis (10/04) pekan lalu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu meminta bantuan Rusia untuk membebaskan pasukannya yang ditahan Hamas pasca perang Gaza tahun 2014 silam.

Selasa, 14/03/2017 18:18 0

Eropa

Kemenangan Tokoh Ekstremis Perancis Bahayakan Keuangan Eropa

Sebuah perusahaan induk terkemuka asal Swiss, Credit Suisse, menganggap tokoh ekstrim sayap kanan Perancis Marine Le Pen sangat membahayakan stabilitas Eropa.

Selasa, 14/03/2017 17:36 0

Suara Pembaca

Tutup Musyawarah Kerja Yayasan Amanatul Ummah, Ini Pesan Wakil Bupati Poso

Melalui kesempatan tersebut Wakil Bupati Poso juga berpesan kepada jajaran Yayasan Wakaf Amanatul Ummah agar tetap konsisten dengan tugas mulia yayasan.

Selasa, 14/03/2017 17:03 0

Close