... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Siasat Cerdas Amru bin Ash

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Tahun 15 H tentang peristiwa benteng Agnadin. Amru bin Ash  sedang dalam sebuah perjalanan bersama pasukannya. Abdullah bin Amru, sang anak berada di sebelah kanannya dan Junadah bin Tamim Al-Maliki berada di sebelah kirinya. Ia telah mewakilkan pemerintahan Yordania ketika itu kepada Abul A’war As-Sulami.

Sesampainya di Ramalah, beliau mendapati sepasukan besar Romawi yang dipimpin oleh Artabon. Ia adalah orang Romawi yang paling cerdik, paling pintar, dan paling licik. Ia telah menempatkan pasukan yang sangat besar di Ramalah dan Ila’. Amru pun mengirim surat kepada Umar bin Khatthab untuk mengabarkan hal itu. Umar pun membacanya dan berkata, “Aku telah menghadapkan Artabon Arab dengan Artabon Romawi, maka lihatlah siapa yang lebih unggul.”

Amru bin Ash mengirim Al-Qamah bin Hakim Al-Farasi dan Masruq bin Bilal Al-’Aki untuk menyerang Ila’. Mengirim Abu Ayyub Al-Maliki untuk menyerang Ramalah yang sedang dilanda perang. Tujuan menyerang kedua kota tersebut adalah untuk mengalihkan perhatian mereka dari Amru bin Ash dan pasukannya. Ketika bantuan pasukan dari Umar telah sampai kepada Amru bin Ash, ia pun mulai membaginya; sekelompok pasukan dikirim kepada pasukan musuh dan sekelompok pasukan lain kepada pasukan musuh yang lain.

Amru bin Ash tinggal di benteng Agnadin. Namun, ia belum bisa mengetahui kelemahan Artabon dan orang-orang yang diutusnya pun belum membuatnya puas. Akhirnya ia sendiri bertindak untuk menemui Artabon seakan-akan ia seorang utusan untuk memahami apa yang diinginkan Artabon dan mendengarkan perkataannya serta mengamati benteng pertahanannya sehingga mengetahui apa yang sedang direncanakan.

BACA JUGA  Kisah Sarat Hikmah Hakim yang Bijak

Ketika itu Artabon berkata dalam hati, “Demi Allah, ini pastilah Amru, atau ia adalah orang yang menyampaikan pendapat Amru. Dengan membunuhnya aku telah melakukan serangan yang paling telak.”

Kemudian Artabon memanggil seorang penjaga dan membisikinya sesuatu, memerintahkannya untuk membunuhnya. “Pergilah dan tunggulah di tempat ini dan itu. Jika orang ini (Amru) lewat, bunuhlah ia,” perintahnya kepada utusannya.

Namun Amru mengetahui rencana tersebut dan berkata kepada Artabon, “Wahai tuan, sesungguhnya aku telah mendengar perkataan Anda dan Anda pun juga telah mendengar perkataanku. Aku hanyalah salah satu dari dua belas utusan Umar bin Khatthab untuk menemui pemimpin negeri ini untuk melihat urusan-urusannya. Saya sangat ingin mengajak Anda menemui mereka agar mereka mendengar perkataan Anda dan melihat pendapat Anda.”

Artabon menjawab, “Boleh, bawalah aku kepada mereka.”

Lalu Artabon memanggil seorang laki-laki bawahannya dan membisikinya, “Pergilah kepada si fulan (penjaga) dan cegahlah tindakannya.”

Amru pun berdiri lalu pergi kepada pasukannya. Barulah Artabon menyadari bahwa utusan yang telah datang kepadanya tersebut adalah Amru bin Ash.

Ia berkata, “Orang itu telah memperdayaku. Orang itu, demi Allah, adalah orang Arab yang paling cerdik (sedangkan di dalam riwayat AthThabari, ‘Makhluk yang paling cerdik’).”

Ketika berita itu sampai kepada Umar, ia berkata, “Amru bin Ash memang hebat.”

Penulis  : Dhani El_Ashim

BACA JUGA  Sikap Amanah Orang Ini Patut Diteladani

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Ikutilah Tabligh Akbar ‘Menjaga Spirit 212 Satukan Langkah Bela Ulama’

Forum Umat Islam Semarang (FUIS) bekerjasama dengan Takmir Masjid Mujahidin Semarang mengadakan Tabligh Akbar dengan tema: "MENJAGA SPIRIT 212 - MENYATUKAN LANGKAH MEMBELA ISLAM & ULAMA"

Selasa, 14/03/2017 11:46 0

Indonesia

Diusir dari Masjid At-Tin, Djarot Samakan Diri dengan Rasul

“Loh kami diundang dari keluarga Pak Harto, Mbak Titiek‎ Soeharto. Jadi makanya kami menghormati. Kalau seumpama kami diundang kemudian enggak jadi ke sana, yang jelek pengundang, Masjid At-Tin loh,” tutupn

Selasa, 14/03/2017 11:16 1

Mesir

Presiden Mesir Penerus Anwar Sadat Akan Segera Dibebaskan

Mantan presiden Mesir, Husni Mubarak akan dibebaskan dari penahanan di sebuah rumah sakit militer. Demikian menurut penuturan jaksa penuntut umum memutuskan kemarin, Senin (13/03).

Selasa, 14/03/2017 11:14 0

Indonesia

Mabes Polri Anggap Kasus Uang 100 Juta untuk Keluarga Siyono Sudah Selesai

"Kasus itu (100 juta -red) sudah selesai, kan uang kerohiman itu kan ya, itu uang pribadinya pak Edi (Kadensus 88 Brigjen Edi Hartono 2015-sekarang -red)," ungkapnya di Jakarta, Senin (13/3).

Selasa, 14/03/2017 10:18 1

Indonesia

Kadiv Humas Klaim Ada 12 Anggota Densus Tewas dalam Satu Dekade

Boy mengatakan, ada 5 orang anggota keluarga yang akan diberangkatkan setiap tahunnya. Ia juga mengklaim selama 10 tahun terakhir ada 12 anggota Densus 88 yang meninggal.

Senin, 13/03/2017 18:08 0

Somalia

Tim SOS Somalia Aksi Cepat Tanggap Berangkat Merespon Kelaparan

Di Baidoa, merespons krisis kelaparan yang meledak sejak dua pekan terakhir, Tim Aksi Cepat Tanggap untuk Somalia akan mendistribusikan ribuan paket pangan. Sebarannya menjangkau desa-desa gersang di Mogadishu, Baidoa sampai ke Doolow di utara Somalia.

Senin, 13/03/2017 17:53 0

Palestina

Tolak Undang-Undang Israel, Mufti Palestina: Adzan Akan Tetap Berkumandang

"Adzan akan tetap dikumandangkan. Dan kami tidak akan mengakui hukum apa pun yang menganggu iman dan ibadah kami,"

Senin, 13/03/2017 17:31 0

Indonesia

Komunitas Jejak Islam untuk Bangsa Gelar Diskusi ‘Islam dan Jawa’

Bekerjasama dengan Teras Dakwah, Komunitas Jejak Islam untuk Bangsa (JIB) menggelar diskusi bulanan Ngobrol Bareng Sejarah Indonesia (Ngobras)

Senin, 13/03/2017 17:05 0

Malaysia

PM Malaysia Peringatkan Korea Utara Tak Permainkan Nasib Warganya yang Tertahan

"Hormati kami dan pastikan bahwa orang-orang kami aman," kata Perdana Menteri Malaysia Najib Razak

Senin, 13/03/2017 16:40 0

Indonesia

Ahok Ajukan Ahli Hukum Hingga Teman SD Sebagai Saksi Peringan

Saksi Edward Omar Sharif Hiariej, SH, M.Hum adalah ahli hukum pidana dari Fakultas Hukum UGM Yogyakarta

Senin, 13/03/2017 14:34 0