... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sekjen Al-Khairaat Poso: Sabar, Fokus dan Kerja Keras Jadi Kunci Muslim Sukses

Foto: Sekretaris Jendral Al Khairaat, DR. H. Lukman S. Tahrir, MA dalam materi ceramah ilmiahnya saat acara penutupan Musyawarah kerja Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Sabtu, 12/03/2017 di gedung Aula Penginapan Alogoro Poso.

KIBLAT.NET, Poso – Menjadi Muslim yang sabar, fokus dan bekerja keras  adalah kunci pribadi muslim yang sukses. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jendral Al-Khairaat Poso, DR. H. Lukman S. Tahrir, MA dalam materi ceramah ilmiahnya saat acara penutupan musyawarah kerja Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Sabtu, (12/03/2017) di gedung Aula Penginapan Alogoro, Poso.

Sebagai pemateri orasi ilmiah, DR. H. Lukman S. Thahir, MA adalah Rektor Universitas Al Khairaat Palu (UNISA) dan Dosen Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Palu beliau juga termasuk tokoh Al-Khairaat dan NU Sulawesi Tengah.

Di awal orasi ilmiahnya beliau memaparkan sebuah cerita tentang seorang anak muda pemecah batu yang putus asa karena batu yang dipecahkan tidak bisa pecah. Padahal, batu itu sudah 145 kali dihantam martil. Kemudian pemuda itu berhenti memukuli batu tersebut. Lalu datanglah seorang kakek tua. Hanya dengan 5 kali pukulan, pecahlah batu tersebut.

“Itulah pembelajaran hidup yang bisa menginspirasi kita, bahwa kerja itu tidak hanya mengandalkan tenaga kalau sekedar hanya mengandalkan tenaga kita akan menyesal. Hal terpenting adalah fokus gigih dan pantang menyerah kalau kita mau berhasil dan sukses,” papar Lukman.

Ia juga menyampaikan landasan bekerja seorang adalah motivasi sedangkan motivasi bagi seorang muslim adalah iman.

Selanjutnya untuk meraih kejayaan, umat Islam harus memiliki 3 aspek yaitu need for achievement (kebutuhan untuk berprestasi), need for affiliation (kebutuhan untuk memperluas pergaulan), dan need of power (kebutuhan untuk menguasai sesuatu).

BACA JUGA  35 Tahun Tragedi Tanjung Priok, Keadilan Tak Kunjung Datang

“Tanamkan bagi setiap agar memiliki hobi berprestasi, kemudian kebutuhan untuk memperluas pergaulan,” jelas dia.

Karena, lanjut Lukman, tidak dikatakan ummat kalau hanya peka dalam lingkup organisasinya atau yayasannya harus menyebarkan vibrasi kebaikan dengan bergaul dan menggalang persatuan.

Kemudian ia pun berpesan agar umat Islam dapat menguasai sesuatu keahlian apapun itu. “Setiap muslim harus memiliki keahlian. Keahlian adalah sesuatu yang diulang-ulang,” pungkas dia.

 

Reporter: Ahmad Khatijo
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Bantah Laporan Al-Jazeera, Ahrar Syam: Kami Tidak Menganut Sistem Demokrasi

Gerakan Ahrar Syam membantah pemberitaan media massa bahwa pihaknya mendukung sistem demokrasi di Suriah. Lebih lanjut, Ahrar Syam menegaskan akan memberlakukan sistem syuro.

Selasa, 14/03/2017 13:30 0

Turki

Ketegangan Turki-Belanda Picu Reaksi Internasional

Ketegangan antara Turki dan Belanda yang berawal dari pelarangan masuk terhadap sejumlah menteri Turki telah memicu reaksi pejabat-pejabat tinggi di seluruh dunia.

Selasa, 14/03/2017 13:01 0

Tazkiyah

Siasat Cerdas Amru bin Ash

Amru pun berdiri lalu pergi kepada pasukannya. Barulah Artabon menyadari bahwa utusan yang telah datang kepadanya tersebut adalah Amru bin Ash. Ia berkata, “Orang itu telah memperdayaku. Orang itu, demi Allah, adalah orang Arab yang paling cerdik (sedangkan di dalam riwayat AthThabari, ‘Makhluk yang paling cerdik’).” Ketika berita itu sampai kepada Umar, ia berkata, “Amru bin Ash memang hebat.”

Selasa, 14/03/2017 12:34 0

Info Event

Ikutilah Tabligh Akbar ‘Menjaga Spirit 212 Satukan Langkah Bela Ulama’

Forum Umat Islam Semarang (FUIS) bekerjasama dengan Takmir Masjid Mujahidin Semarang mengadakan Tabligh Akbar dengan tema: "MENJAGA SPIRIT 212 - MENYATUKAN LANGKAH MEMBELA ISLAM & ULAMA"

Selasa, 14/03/2017 11:46 0

Mesir

Presiden Mesir Penerus Anwar Sadat Akan Segera Dibebaskan

Mantan presiden Mesir, Husni Mubarak akan dibebaskan dari penahanan di sebuah rumah sakit militer. Demikian menurut penuturan jaksa penuntut umum memutuskan kemarin, Senin (13/03).

Selasa, 14/03/2017 11:14 0

Afrika

Tim SOS Somalia Aksi Cepat Tanggap Berangkat Merespon Kelaparan

Di Baidoa, merespons krisis kelaparan yang meledak sejak dua pekan terakhir, Tim Aksi Cepat Tanggap untuk Somalia akan mendistribusikan ribuan paket pangan. Sebarannya menjangkau desa-desa gersang di Mogadishu, Baidoa sampai ke Doolow di utara Somalia.

Senin, 13/03/2017 17:53 0

Palestina

Tolak Undang-Undang Israel, Mufti Palestina: Adzan Akan Tetap Berkumandang

"Adzan akan tetap dikumandangkan. Dan kami tidak akan mengakui hukum apa pun yang menganggu iman dan ibadah kami,"

Senin, 13/03/2017 17:31 0

Malaysia

PM Malaysia Peringatkan Korea Utara Tak Permainkan Nasib Warganya yang Tertahan

"Hormati kami dan pastikan bahwa orang-orang kami aman," kata Perdana Menteri Malaysia Najib Razak

Senin, 13/03/2017 16:40 0

Arab Saudi

Kunjungi AS, Wakil Putra Mahkota Arab Saudi akan Bertemu Donald Trump

Sebelumnya Raja Salman juga telah melakukan pembicaraan tentang perluasan koordinasi dalam memerangi terorisme, membangun zona aman di Suriah, serta memperdalam hubungan ekonomi

Senin, 13/03/2017 13:54 0

Yaman

Militer Yaman Mulai Kuasai Wilayah Sekitar Ibu Kota Sanaa

Sedang berlangsung pertempuran di ujung barat Sanaa

Senin, 13/03/2017 10:36 0

Close