... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tahrir Al-Syam Akui Serangan di Kompleks Suci Syiah di Damaskus

KIBLAT.NET, Damaskus – Ha’iah Tahrir Al-Syam (HTS), Ahad (12/03), bertanggung jawab atas serangan bom di kompleks kuburan yang disucikan pengikut Syiah, Bab Ash-Shaghir, di Damaskus, Sabtu lalu. Serangan ini sebagai pesan bagi Iran yang telah menjajah Suriah.

“Hari Sabtu…pejuang dari pejuang-pejuang Islam meluncurkan operasi peledakan di pusat ibukota Damaskus. Puluhan orang tewas dan luka-luka,” kata HTS dalam pernyataannya seperti dilansir BBC.

Pernyataan itu menegaskan bahwa operasi ini merupakan pesan yang sangat jelas bagi Iran dan milisinya. Ditegaskannya bahwa bebenaran tidak akan sirna, bumi tidak akan hilang dan agresor harus hengkang.

Pejuang yang meluncurkan serangan ganda ini Abu Aisyah dan Abu Umar. Setelah tim melakukan pemantauan beberapa hari, kedua pejuang anshar (dari luar Suriah) ini menyerbu kerumunan milisi Iran dan milisi Pertahanan Nasional di ibukota Damaskus.

Tidak dijelaskan nasib kedua pejuang HTS tersebut. Sejumlah informasi menyebutkan mereka terbunuh, sebagian mengatakan kedua pejuang itu meledakkan diri dengan bom rompi yang mereka bawa.

Lembaga pengawas HAM Suriah melaporkan bahwa jumlah korban akibat serangan pada siang hari itu bertambah 74 korban tewas. 43 di antaranya diketahui warga Irak.

Selain pasukan keaman Suriah dan milisi Iran, dilaporkan sejumlah warga yang melintas turut menjadi korban, sebagaimana laporan pengawas HAM.

TV rezim Assad tidak menjelaskan kerugian milisi atau pasukan akibat serangan mematikan itu. Media rezim hanya menyebut korban tewas sebanyak 43 orang.

BACA JUGA  Serangan Teror Kembali Landa Pusat Kota Idlib, Belasan Tewas

Akan tetapi, halaman online pro rezim saling membagi ucapakan bela sungkawa atas Mayor Khalid al-Saadi, kepala bukti forensik, yang menjadi korban serangan itu. Selain itu, mereka juga mengabarkan 16 anggota milisi Pertahanan Nasional tewas bersama Mayor Khalid.

Portal berita Enabbaladi.net melaporkan, kompleks pemakaman Bab Ash-Shagir pada Ahad sore menyaksikan proses pemakaman para korban ledakan. Terdengar suara tembakan berkali-kali dan raungan mobil ambulan.

Bab Ash-Shagir merupakan kompleks kuburan keluarga (Ahlul Bait) Nabi Muhammad SAW, menurut keyakinan para pengikut Syiah. Hampir setiap hari para pengikut Syiah dari berbagai negara, terutama Iran dan Irak, mengunjungi kuburan ini.

Lokasi ini berada hanya sekitar 30 km dari wilayah kontrol pejuang, yang merupakan daerah Damaskus terdekat dengan front. Keberhasilan pejuang menembus ke basis rezim menjadi pukulan besar bagi militer Suriah.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: BBC, Enabbaladi.net

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

“Semua Karenamu, Siyono”

Selain Ketua Komnas Anak Seto Mulyadi, Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution juga membuat catatan kecil soal setahun Siyono. Pesan tersebut ia sebar melalui media sosial, dan ia membenarkannya.

Senin, 13/03/2017 03:33 0

Manhaj

Mengapa Umat Islam Harus Menegakkan Syariat

Syariat Islam membawa kesejahteraan, itu janji Allah. Tapi kadang kita salah dalam mendefenisikan kesejahteraan. namun kesejahteraan yang ditimbulkan syariat Islam bukan satu-satunya alasan untuk kita menegakkannya. Alasan terkuat adalah karena kita diperintah oleh Allah dan sebagai bentuk ketaatan kita kepada Rasulullah SAW.

Ahad, 12/03/2017 16:26 0

Suara Pembaca

Generasi Rusak Akibat Sistem yang Rusak

Walhasil banyaknya generasi yang menempuh pendidikan di jenjang umum menjadi lulusan yang tidak menjdikan agama sebagai pedoman hidupnya. Tak heran jika mereka mudah melakukan hal-hal yang tak seharusnya.

Ahad, 12/03/2017 14:02 0

Indonesia

Suap Rp 100 Juta Keluarga Siyono Pelanggaran Hukum, Densus Harus Diselidiki

"Dalam kasus Siyono ini terjadi yang namanya gratifikasi"

Ahad, 12/03/2017 13:26 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Kencing Sembarangan Dalam Islam

KIBLAT.NET – Sudah menjadi hal yang tidak asing bukan ? Saat melihat ada orang  yang...

Ahad, 12/03/2017 12:39 0

Artikel

Jadilah Guru Berkarakter Atau Tidak Sama Sekali

Guru harus bisa bertindak profesional, tidak hanya memiliki gelar sarjana saja tapi juga harus memiliki karakter pendidik yang tertanam dalam diri dan jiwanya. Kampus-kampus yang menelurkan para guru, selain membekali dengan ilmu profesional,

Ahad, 12/03/2017 12:06 0

Indonesia

Muslimah HTI Gelar Talkshow Pendidikan Islam di Era Ketiadaan Khilafah

Talk show ini merupakan rangkaian kegiatan dalam acara Ekspo Pendidikan Islam yang diselenggarakan oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia.

Ahad, 12/03/2017 11:48 0

Indonesia

Kembangkan Ekonomi Produktif dengan Program Daipreneur

Program Daipreneur ini diyakini sebagai solusi konkret untuk melibatkan masyakarat turut serta dalam memaksimalkan asset produktif.

Ahad, 12/03/2017 11:22 0

Indonesia

Pakar: Teroris Sebenarnya Adalah Orang yang Membuat Rakyat Terlunta-lunta

Teroris sebenarnya adalah yang membuat harga cabai bisa begitu mahal, membuat harga kebutuhan pokok naik dan membuat rakyat terlunta-lunta

Ahad, 12/03/2017 09:40 0

Indonesia

KontraS: Uang Rp 100 Juta dari Densus 88 Bentuk Suap untuk Tutupi Kasus Siyono

Seandainya itu sebagai kompensasi untuk keluarga Siyono, ada mekanisme yang lebih resmi dalam penyalurannya. Namun hal itu tidak ditempuh oleh polisi

Ahad, 12/03/2017 07:06 0

Close