... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

“Semua Karenamu, Siyono”

Foto: Jenazah Siyono saat dishalatkan. Dia termasuk satu dari 121 orang yang tewas di tangan Densus 88

KIBLAT.NET, Jakarta – Selain Ketua Komnas Anak Seto Mulyadi, Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution juga membuat catatan kecil soal setahun Siyono. Pesan tersebut ia sebar melalui media sosial, dan ia membenarkannya.

“Benar,” kata Maneger kepada Kiblat.net melalui pesan singkat pada Ahad (12/03).

Berikut adalah catatan kecil Maneger Nasution terkait setahun kasus Siyono.

Karena Kepergianmu, Siyono

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi hafal nama Siyono, yang sebelumnya tak terdengar.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu nama seorang perempuan hebat, Suratmi, istrimu yang berani memperjuangkan sesuatu yang tak ternilai, kehormatan, yang sebelumnya tidak terkenal.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan kembali menghadirkan memori publik tentang arti penting keberadaan Komnas HAM yang berkewenangan dan berkeberanian.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi ingat akan seorang Busyro Muqaddas yang turun gunung melalui Muhammadiyah “mewakili” kehadiran negara mendukung Komnas HAM menunaikan tugasnya.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu seorang anak muda, Dahnil Anzar Simanjuntak “Panglima” Kokam Pemuda Muhammadiyah yang “bersanding” dengan polisi/Densus 88 dalam “mengamankan” penggalian dan (kembali) pemakaman jenazahmu.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu bahwa dokter-dokter fotensik Muhammadiyah dengan gembira “membantu” negara mengotopsi jenazahmu guna meluruskan sejarah bangsa ini bahwa kematianmu bukan karena “kalah” berkelahi dengan polisi/Densus 88.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu bahwa ada seorang perempuan hebat, Suratmi, berani menolak “uang duka” Rp 100 juta karena ingin menjaga harga diri dan kehormatan suami dan keluarganya.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu ada PDM Klaten dengan gembira hadir “mewakili” negara memelihara “anak-anak yatim” titipanmu.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu bahwa “pemimpin” di desamu dengan mengatasnamakan tetanggamu pernah menolak jenazahmu dimakamkan di kampungmu sendiri.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan jadi tahu bahwa “lawan kelahimu” katanya sudah “dipecat” dari satuannya.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan mulai “berani” kembali bicara soal penanganan terorisme, bahwa mengidentikkan terorisme dengan agama tertentu adalah narasi keliru.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan tetap menunggu penuntasan laporan isterimu ke polres Klaten agar “lawan kelahimu” juga dihukum secara pidana.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan juga menunggu KPK dan PPATK memastikan asal usul uang Rp 100 juta yang “dititipkan” oleh istrimu ke KPK via Komnas HAM.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan juga tetap menunggu kehadiran negara melakukan terapi trauma psikis terhadap anak-anakmu, menjamin pendidikan mereka, sehingga mereka tumbuh kembang dalam damai, tidak mewarisi dendam, dan tentu anti kekerasan.

Karena kepergianmu, dunia kemanusiaan juga menuntut negara menjamin bahwa tidak ada lagi Siyono-Siyono berikutnya di masa yang akan datang.

Akhirnya, teriring do’a dari kami yang pernah menyaksikan otopsimu, semoga engkau husnul khatimah.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Mengapa Umat Islam Harus Menegakkan Syariat

Syariat Islam membawa kesejahteraan, itu janji Allah. Tapi kadang kita salah dalam mendefenisikan kesejahteraan. namun kesejahteraan yang ditimbulkan syariat Islam bukan satu-satunya alasan untuk kita menegakkannya. Alasan terkuat adalah karena kita diperintah oleh Allah dan sebagai bentuk ketaatan kita kepada Rasulullah SAW.

Ahad, 12/03/2017 16:26 0

Suara Pembaca

Generasi Rusak Akibat Sistem yang Rusak

Walhasil banyaknya generasi yang menempuh pendidikan di jenjang umum menjadi lulusan yang tidak menjdikan agama sebagai pedoman hidupnya. Tak heran jika mereka mudah melakukan hal-hal yang tak seharusnya.

Ahad, 12/03/2017 14:02 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Kencing Sembarangan Dalam Islam

KIBLAT.NET – Sudah menjadi hal yang tidak asing bukan ? Saat melihat ada orangĀ  yang...

Ahad, 12/03/2017 12:39 0

Artikel

Jadilah Guru Berkarakter Atau Tidak Sama Sekali

Guru harus bisa bertindak profesional, tidak hanya memiliki gelar sarjana saja tapi juga harus memiliki karakter pendidik yang tertanam dalam diri dan jiwanya. Kampus-kampus yang menelurkan para guru, selain membekali dengan ilmu profesional,

Ahad, 12/03/2017 12:06 0

Suriah

Kunjungi Pangkalan Udara di Homs, Pilot Senior Iran Bawa Laporan Mengejutkan

Seorang pilot senior dari Angkatan Udara Iran dilaporkan telah mengunjungi salah satu bandara di Homs, Suriah.

Ahad, 12/03/2017 11:01 0

Suriah

Evaluasi Gencatan Senjata, Oposisi Suriah Tunda Lanjutan Pertemuan Astana

Oposisi menyatakan bahwa kelanjutan negosiasi Astana tergantung hasil evaluasi gencatan senjata di Suriah

Ahad, 12/03/2017 10:34 0

Palestina

PBB Kecam Aturan Larangan Adzan Israel

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB menegaskan Israel harus menghormati hak beragama

Ahad, 12/03/2017 07:56 0

Rusia

Operasi Militer di Suriah, Erdogan Merapat ke Rusia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berusaha memperkuat kerjasama dengan koleganya Presiden Rusia Vladimir Putin soal operasi militer di Suriah. Kedua kepala negara ini kembali bertemu di ibukota Rusia, Moskow, pada Jumat (10/03)

Sabtu, 11/03/2017 21:15 0

Irak

Irak: Tidak Ada Bukti ISIS Gunakan Senjata Kimia di Mosul

Duta Besar Irak untuk PBB, Mohammed Ali al-Hakim, Jumat (10/03), mengatakan tidak ada bukti Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) menggunakan senjata kimia di Mosul untuk menghadang serangan pasukan Irak yang didukung oleh Amerika Serikat.

Sabtu, 11/03/2017 20:40 0

Suriah

Dua Ledakan Besar Hantam Kompleks Kuburan yang Disucikan Syiah di Damaskus

erangan bom kembali menghantam kompleks yang disucikan pengikut Syiah di Damaskus. Ledakan yang terjadi pada Sabtu siang (11/03) kali ini terjadi di daerah Bab Mushali di Damaskus Lama. Puluhan orang, yang mayoritas pengikut Syiah, tewas dan luka-luka.

Sabtu, 11/03/2017 19:11 0

Close