... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Persatuan Kelompok Jihadis di Wilayah Sahel Luncurkan Serangan Perdana

KIBLAT.NET, Bamako – Kelompok jihadis baru di wilayah Afrika Utara, Jamaah Nusratul Islam wal Muslimin (JNIM), meluncurkan operasi perdana. Sedikitnya 11 tentara tewas di dekat perbatasan Mali dengan Burkina Faso akibat serangan kelompok yang dipimpin Ayyad Ag Ghali Abu Fadl tersebut.

Dilansir dari portal Afrika, al-fadjr.com, pada Ahad (12/03), juru bicara JNIM bertanggung jawab atas serangan di pangkalan militer di desa Boleikasy yang terletak di perbatasan Mali pada 5 Maret lalu. Pejuang berhasil merampas perbekalan militer dan menghancurkan sejumlah kendaraan tempur di pangkalan tersebut.

Perlu diketahui, ini merupakan operasi pertama gerakan yang aktif di wilayah Sahel. Sahel adalah zona perbatasan di Afrika antara Sahara ke utara dan daerah yang lebih subur di selatan. Jihadis berupaya membuat mendirikan Islam di wilayah tersebut.

JNIM diklarasikan awal bulan ini. Empat kelompok jihadis terbesar di wilayah Sahel mengumumkan melebur di bawah nama tersebut. Gerakan baru ini kembali menegaskan bai’at kepada Al-Qaidah.

Empat kelompok jihadis yang melebur itu, Jama’ah Ansharuddin pimpinan Ag Ghali, Al-Murabhitun pimpinan Mukhtar bel Mukhtar, Imarah Manthiqah Ash-Shara (organisasi resmi Al-Qaidah di wilayah Maghrib) dan Kataib Masina pimpinan Paul Amadou, seorang aktivis Mali. Peleburan kekuatan yang dikenal dengan istilah “indimaj” ini terinspirasi oleh pejuang Suriah.

Basis kelompok jihadis ini diprediksi berada di dekat perbatasan Niger dan Mali. Oleh karena itu, Aljazair juga merasa menghadapi ancaman serius.

BACA JUGA  Pengamat: Kebijakan Luar Negeri AS di Somalia Untungkan Al-Shabaab

“Upaya menyatukan sebagian kelompok ‘teroris’ baru-baru ini bertujuan mengembalikan kekacauan di Mali tidak akan terwujud,” kata penasihat Republik Aljazair, Kamal Razaq Barrah.

Dia mengungkapkan bahwa negara-negara tetangga tidak tenang hadirnya kelompok-kelompok jihadis yang berupaya memperluas wilayah. Kelompok jihadis dianggap tidak menciptakan perdamaian.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: al-fadjr.com

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Hadiri! Tabligh Akbar Menjaga Spirit 212 di Semarang

Pentingnya Menjaga Semangat Perjuangan Umat Islam Khususnya di Semarang, Forum Umat Islam Semarang (FUIS) Bekerja sama dengan Takmir Masjid Mujahidin Semarang mengadangan Tabligh Akbar dengan Tema :

Senin, 13/03/2017 07:00 0

Indonesia

Mahasiswa Muhammadiyah Dukung KPK Tuntaskan Kasus Korupsi E-KTP

Ketua DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Muhammad Sholihin S., menegaskan bahwa KPK harus menyelesaikan secara tuntas kasus korupsi E-KTP.

Senin, 13/03/2017 06:30 0

Indonesia

“Semua Karenamu, Siyono”

Selain Ketua Komnas Anak Seto Mulyadi, Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution juga membuat catatan kecil soal setahun Siyono. Pesan tersebut ia sebar melalui media sosial, dan ia membenarkannya.

Senin, 13/03/2017 03:33 0

Manhaj

Mengapa Umat Islam Harus Menegakkan Syariat

Syariat Islam membawa kesejahteraan, itu janji Allah. Tapi kadang kita salah dalam mendefenisikan kesejahteraan. namun kesejahteraan yang ditimbulkan syariat Islam bukan satu-satunya alasan untuk kita menegakkannya. Alasan terkuat adalah karena kita diperintah oleh Allah dan sebagai bentuk ketaatan kita kepada Rasulullah SAW.

Ahad, 12/03/2017 16:26 0

Suara Pembaca

Generasi Rusak Akibat Sistem yang Rusak

Walhasil banyaknya generasi yang menempuh pendidikan di jenjang umum menjadi lulusan yang tidak menjdikan agama sebagai pedoman hidupnya. Tak heran jika mereka mudah melakukan hal-hal yang tak seharusnya.

Ahad, 12/03/2017 14:02 0

Indonesia

Suap Rp 100 Juta Keluarga Siyono Pelanggaran Hukum, Densus Harus Diselidiki

"Dalam kasus Siyono ini terjadi yang namanya gratifikasi"

Ahad, 12/03/2017 13:26 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Kencing Sembarangan Dalam Islam

KIBLAT.NET – Sudah menjadi hal yang tidak asing bukan ? Saat melihat ada orang  yang...

Ahad, 12/03/2017 12:39 0

Artikel

Jadilah Guru Berkarakter Atau Tidak Sama Sekali

Guru harus bisa bertindak profesional, tidak hanya memiliki gelar sarjana saja tapi juga harus memiliki karakter pendidik yang tertanam dalam diri dan jiwanya. Kampus-kampus yang menelurkan para guru, selain membekali dengan ilmu profesional,

Ahad, 12/03/2017 12:06 0

Indonesia

Muslimah HTI Gelar Talkshow Pendidikan Islam di Era Ketiadaan Khilafah

Talk show ini merupakan rangkaian kegiatan dalam acara Ekspo Pendidikan Islam yang diselenggarakan oleh Muslimah Hizbut Tahrir Indonesia.

Ahad, 12/03/2017 11:48 0

Indonesia

Kembangkan Ekonomi Produktif dengan Program Daipreneur

Program Daipreneur ini diyakini sebagai solusi konkret untuk melibatkan masyakarat turut serta dalam memaksimalkan asset produktif.

Ahad, 12/03/2017 11:22 0

Close