... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KontraS: Uang Rp 100 Juta dari Densus 88 Bentuk Suap untuk Tutupi Kasus Siyono

Foto: Uang sogok senilai Rp100 juta dari polisi kepada keluarga Siyono yang diserahkan ke Komnas HAM

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalam kasus kematian Siyono, ada uang 100 juta yang diberikan Kadensus kepada keluarga, dengan alasan untuk uang belasungkawa. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menilai uang itu adalah upaya penyuapan untuk keluarga.

Staf Divisi Hak Sipil Politik KontraS, Satrio Wirataru menilai bahwa uang 100 juta dari Densus yang diberikan kepada keluarga Siyono adalah bentuk suap. Tujunnya, agar keluarga tidak meneruskan proses hukum pidana kepada dua Anggota Densus 88 yang melakukan pengawalan dan berakibat meninggalnya Siyono.

Itu jelas adalah upaya menutupi kasus. Pertama, sumber uangnya tidak jelas,” kata Satrio kepada Kiblat.net, Sabtu (11/03).

Satrio menambahkan seandainya itu sebagai kompensasi, ada mekanisme yang lebih resmi dalam penyalurannya. Namun hal itu tidak ditempuh oleh polisi.

“Ketiga, uang itu diberikan dengan syarat keluarga tidak mempermasalahkan kasus” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa uang itu adalah praktek penyuapan bagi korban. Tujuannya, agar keluarga Siyono yang menjadi korban Densus 88 tidak melanjutkan upaya mencari keadilan.

Sebagaimana diketahui, pada Maret 2016 lalu isteri Siyono mendatangi Kantor PP Muhammadiyah di Yogyakarta untuk mengadukan perihal kematian suaminya yang ia nilai tidak wajar. Selain meminta pendampingan hukum, ia menyerahkan uang damai dua gepok yang diterimanya dari Densus 88. Belakangan diketahui bahwa uang tersebut berjumlah 100 juta rupiah.

Reporter: Muhammd Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Operasi Militer di Suriah, Erdogan Merapat ke Rusia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berusaha memperkuat kerjasama dengan koleganya Presiden Rusia Vladimir Putin soal operasi militer di Suriah. Kedua kepala negara ini kembali bertemu di ibukota Rusia, Moskow, pada Jumat (10/03)

Sabtu, 11/03/2017 21:15 0

Irak

Irak: Tidak Ada Bukti ISIS Gunakan Senjata Kimia di Mosul

Duta Besar Irak untuk PBB, Mohammed Ali al-Hakim, Jumat (10/03), mengatakan tidak ada bukti Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) menggunakan senjata kimia di Mosul untuk menghadang serangan pasukan Irak yang didukung oleh Amerika Serikat.

Sabtu, 11/03/2017 20:40 0

Suriah

Dua Ledakan Besar Hantam Kompleks Kuburan yang Disucikan Syiah di Damaskus

erangan bom kembali menghantam kompleks yang disucikan pengikut Syiah di Damaskus. Ledakan yang terjadi pada Sabtu siang (11/03) kali ini terjadi di daerah Bab Mushali di Damaskus Lama. Puluhan orang, yang mayoritas pengikut Syiah, tewas dan luka-luka.

Sabtu, 11/03/2017 19:11 0

Profil

Syaikh Abdul Haq At-Turkistani, Sosok Mujahid yang Bangkit dari Kematian (1/2)

Ya, mujahid Turkistan ini kembali muncul empat tahun kemudian secara tiba-tiba dan mengejutkan beberapa pihak. Ia pun kembali memegang tampuk kepemimpinan TIP yang dulu ia tinggalkan empat tahun lalu. Mujahid ini adalah suksesor dari syaikh Abu Muhammad At-Turkistany rahimahullah yang syahid melawan tentara Pakistan.

Sabtu, 11/03/2017 18:30 1

Tarbiyah Jihadiyah

Jangan Mudah Puas dengan Buah Perjuangan!

Di sela-sela waktu yang panjang, seorang mujahid mengalami segala macam kesulitan hidup serta pahitnya jauh dari keluarga dan tetangga. Kadang ribath selama satu tahun penuh tetapi tidak pernah mengikuti pertempuran satu kali pun. Saat itulah kesabaran seorang mujahid diuji. Apakah dia berjihad karena mengharap ridha Allah dengan konsekuensi banyak kesulitan menanti atau hanya karena euforia semata untuk menunjukkan jati diri?

Sabtu, 11/03/2017 18:00 0

Suriah

Kurdi PYD Dituding Culik Sejumlah Tokoh Politik Kurdi Peshmerga

Milisi Kurdi PYD yang merupakan afiliasi PKK dilaporkan menculik puluhan anggota Dewan Nasional Kurdi (KNC) sejak tahun 2011.

Sabtu, 11/03/2017 15:20 0

Suriah

Ghautah Timur Kembali Menjadi Sasaran Jet Suriah

Jet tempur rezim Assad kembali menggempur sejumlah wilayah di Suriah. Akibatnya menewaskan beberapa warga sipil.

Sabtu, 11/03/2017 14:46 0

Palestina

Hamas Kecam RUU Larangan Adzan di Al-Quds

Gerakan Islam Palestina, Hamas mengecam kebijakan Israel terkait RUU larangan adzan di Al-Quds (Yerussalem).

Sabtu, 11/03/2017 11:35 0

Suriah

AS Susun Langkah-langkah Strategis Cegah Turki dan Kurdi Perang

Ancaman serius militer Turki kepada milisi Kurdi PKK di Manbij, pedesaan Aleppo, Suriah utara, mengkhawatirkan AS.

Jum'at, 10/03/2017 22:30 0

Afrika

Grand Mufti Libya Ajak Perangi Khalifa Haftar

Ghariani mengatakan bahwa Haftar telah melakukan kudeta terhadap otoritas pemerintah yang sah di Libya. Selain itu, Haftar juga disebut ingin mengembalikan rezim militer di Libya sebagaimana yang dipraktikkan Muammar Gaddafi.

Jum'at, 10/03/2017 21:29 0

Close