... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kembangkan Ekonomi Produktif dengan Program Daipreneur

Foto: Silaturahim Daipreneur bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Hidayatullah (APHIDA) di Pesantren Hidayatullah Surabaya (10-12 Maret 2017).

KIBLAT.NET, Surabaya – Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional dengan program utama Dai Tangguh, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus mengembangkan program yang ada sehingga bisa menyentuh aspek-aspek mendasar yang dapat mendorong kemajuan umat baik secara spiritual maupun kemandirian ekonomi.

“Untuk itu, pada tahun 2017, sebagaimana menjadi ketetapan dalam Rakernas XIII yang lalu, BMH berupaya mengembangkan kiprah Dai Tangguh dari sisi dakwah secara umum juga dapat berkontribusi dari sisi ekonomi produktif,” ungkap Ketua Umum Laznas BMH, Marwan Mujahidin (12/3).

Oleh karena itu, para dai BMH semakin diberdayakan dengan diberikan amanah pengelolaan asset untuk dikelola pada sektor produktif seperti lahan pertanian, tambak dan yang lainnya.

“Mereka yang terlibat dalam ekonomi produktif BMH ini nantinya masuk dalam kategori Program Daipreneur yang merupakan sub dari Program Dai Tangguh. Tugas utama daipreneur adalah menghidupkan ekonomi kerakyatan,” imbuh Marwan.

Program Daipreneur ini diyakini sebagai solusi konkret untuk melibatkan masyakarat turut serta dalam memaksimalkan asset produktif.

“Terlebih dengan program cluster pemberdayaan yang meliputi sektor pertanian berupa penanaman cabe, pohon sengon, tambak ikan, dan udang, peternakan kambing dan sapi, ternak bebek dan yang lainnya, akan banyak masyarakat terlibat dan tentu saja dengan dukungan kita bersama, semakin banyak yang akan terangkat kesejahteraannya,” urai Marwan lebih lanjut.

Program ini semakin konkret dan akan segera terealisasi secara lebih luas di berbagai daerah dengan diselenggarakannya Silaturahim Daipreneur bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Hidayatullah (APHIDA) di Pesantren Hidayatullah Surabaya (10-12 Maret 2017).

BACA JUGA  Sidang Pertama Praperadilan Siyono, Kuasa Hukum Siap dengan Bukti-bukti

“Kerjasama dengan APHIDA sendiri akan membantu terwujudnya program akademi daipreneur, konsultasi dan pendampingan program daipreneur di seluruh Indonesia,” tegas Marwan.
Setidaknya ada 250 dai dari 34 propinsi yang siap terlibat dalam Program Daipreneur sebagai derivasi dari Program Dai Tangguh BMH.

Sebagian upaya ini telah berjalan di Jambi tepatnya di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang dinahkodai oleh Sumono, dai tangguh BMH.

“Di Jambi sudah berjalan proyek agribisnis yang didukung oleh BMH sejak akhir 2016. Lahan seluas 2 hektar itu ditanami cabe rawit dan dikelola oleh para santri yang menimba ilmu di SMK Pertanian Lukman Al-Hakim.

Ada 14 siswa SMK yang setiap hari diwajibkan tanam 2 batang cabe dan diwajibkan merawatnya sebagai bagian program unggulan SMK. Prospeknya dari 1 batang bisa menghasilkan Rp. 300 ribu. Alhamdulillah saat ini lebih dari 1000 batang telah ditanam,” terang Sumono.

Dengan demikian diharapkan Program Daipreneur bisa menjadi program ekonomi yang bersifat sustainable dengan manfaat yang terus meluas dari Program Dai Tangguh yang dimotori oleh Laznas BMH.

 

Reporter: Bunyanun Marsus/Herim
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Kunjungi Pangkalan Udara di Homs, Pilot Senior Iran Bawa Laporan Mengejutkan

Seorang pilot senior dari Angkatan Udara Iran dilaporkan telah mengunjungi salah satu bandara di Homs, Suriah.

Ahad, 12/03/2017 11:01 0

Suriah

Evaluasi Gencatan Senjata, Oposisi Suriah Tunda Lanjutan Pertemuan Astana

Oposisi menyatakan bahwa kelanjutan negosiasi Astana tergantung hasil evaluasi gencatan senjata di Suriah

Ahad, 12/03/2017 10:34 0

Palestina

PBB Kecam Aturan Larangan Adzan Israel

Juru bicara Sekretaris Jenderal PBB menegaskan Israel harus menghormati hak beragama

Ahad, 12/03/2017 07:56 0

Rusia

Operasi Militer di Suriah, Erdogan Merapat ke Rusia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berusaha memperkuat kerjasama dengan koleganya Presiden Rusia Vladimir Putin soal operasi militer di Suriah. Kedua kepala negara ini kembali bertemu di ibukota Rusia, Moskow, pada Jumat (10/03)

Sabtu, 11/03/2017 21:15 0

Irak

Irak: Tidak Ada Bukti ISIS Gunakan Senjata Kimia di Mosul

Duta Besar Irak untuk PBB, Mohammed Ali al-Hakim, Jumat (10/03), mengatakan tidak ada bukti Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) menggunakan senjata kimia di Mosul untuk menghadang serangan pasukan Irak yang didukung oleh Amerika Serikat.

Sabtu, 11/03/2017 20:40 0

Suriah

Dua Ledakan Besar Hantam Kompleks Kuburan yang Disucikan Syiah di Damaskus

erangan bom kembali menghantam kompleks yang disucikan pengikut Syiah di Damaskus. Ledakan yang terjadi pada Sabtu siang (11/03) kali ini terjadi di daerah Bab Mushali di Damaskus Lama. Puluhan orang, yang mayoritas pengikut Syiah, tewas dan luka-luka.

Sabtu, 11/03/2017 19:11 0

Profil

Syaikh Abdul Haq At-Turkistani, Sosok Mujahid yang Bangkit dari Kematian (1/2)

Ya, mujahid Turkistan ini kembali muncul empat tahun kemudian secara tiba-tiba dan mengejutkan beberapa pihak. Ia pun kembali memegang tampuk kepemimpinan TIP yang dulu ia tinggalkan empat tahun lalu. Mujahid ini adalah suksesor dari syaikh Abu Muhammad At-Turkistany rahimahullah yang syahid melawan tentara Pakistan.

Sabtu, 11/03/2017 18:30 1

Tarbiyah Jihadiyah

Jangan Mudah Puas dengan Buah Perjuangan!

Di sela-sela waktu yang panjang, seorang mujahid mengalami segala macam kesulitan hidup serta pahitnya jauh dari keluarga dan tetangga. Kadang ribath selama satu tahun penuh tetapi tidak pernah mengikuti pertempuran satu kali pun. Saat itulah kesabaran seorang mujahid diuji. Apakah dia berjihad karena mengharap ridha Allah dengan konsekuensi banyak kesulitan menanti atau hanya karena euforia semata untuk menunjukkan jati diri?

Sabtu, 11/03/2017 18:00 0

Suriah

Kurdi PYD Dituding Culik Sejumlah Tokoh Politik Kurdi Peshmerga

Milisi Kurdi PYD yang merupakan afiliasi PKK dilaporkan menculik puluhan anggota Dewan Nasional Kurdi (KNC) sejak tahun 2011.

Sabtu, 11/03/2017 15:20 0

Suriah

Ghautah Timur Kembali Menjadi Sasaran Jet Suriah

Jet tempur rezim Assad kembali menggempur sejumlah wilayah di Suriah. Akibatnya menewaskan beberapa warga sipil.

Sabtu, 11/03/2017 14:46 0

Close