... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Jangan Mudah Puas dengan Buah Perjuangan!

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Dr Aidh Al-Qarni menuliskan dalam kitabnya Mashâri’ul ‘Usysyâq bahwa salah satu keunggulan para sahabat adalah besar pengorbanannya untuk Islam. Cukuplah salah seorang dari mereka menumpahkan darahnya fi sabîlillâh hanya dengan mendengarkan beberapa patah kata dari Rasulullah. Para sahabat Rasul lebih dermawan ketika mengorbankan dengan darah daripada ketika kita berderma dengan harta.

Para sahabat yakin bahwa puncak dari Islam adalah jihad fi sabilillah. Jadi, ketika Rasulullah menyeru untuk berjihad, mereka tidak akan pernah berpikir dua kali untuk memberikan apa saja. Tak hanya harta, jiwa raga pun akan mereka hibahkan untuk perjuangan Islam.

Ketika sahabat Muadz bin Jabal bertanya perihal amal yang memasukkannya ke dalam surga dan menjauhkannya dari neraka, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyampaikan kepadanya puncak amal Islam, yakni jihad fi sabilillah.

رَأسُ الأمْرِ الإسلامُ ، وعَمُودُه الصَّلاةُ ، وذِرْوَةُ سَنامِهِ الجهاد

“Pokok urusan adalah Islam, tiangnya itu shalat, sedangkan puncaknya adalah jihad.” (HR. Al-Tirmidzi)

Dalam redaksi lainnya, Muadz bin Jabal mengatakan, “Kami pernah bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pada perang Tabuk, lalu beliau bersabda: “Jika kamu mau akan kuberitahukan kepadamu tentang pokok urusan, tiangnya, dan puncaknya?” Aku menjawab, “Tentu saja mau wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Adapun pokok urusan adalah Islam. Sementara tiangnya adalah shalah. Sedangkan puncaknya adalah jihad.”

Ribath, Pokok dan Cabang Jihad

BACA JUGA  Dipinang Laki-laki Saleh, Tapi Tak Cinta, Ditolak atau Diterima?

Jika terucap kata jihad maka tidak dapat dipisahkan dengan ribath. Ribath dan jihad juga erat kaitannya dengan kesabaran. Jadi, jihad, ribath dan sabar adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Jihad tegak di atas ribath, dan ribath tegak di atas sabar. Jihad tidak mungkin terwujud tanpa ribath, dan ribath tidak mungkin terwujud tanpa sabar. Oleh karena itu, Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (ribath di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (Ali ‘Imran: 200).

Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini, bersabar dan teguhlah ketika bertemu (musuh); bersabarlah menghadapi peperangan dan kesulitan; mempertahankan kemuliaan Islam serta menjaganya agar musuh tidak masuk ke daerah Islam, bertakwalah kepada Allah, pemilik bumi dan langit, semoga kalian beruntung di dunia dan di akhirat.

Ribath, sebagaimana dikatakan Imam Ahmad ialah pokok jihad dan cabangnya. Imam Ahmad berkata di dalam Al-Mughni

“Menurut saya, tidak ada satu amal pun yang dapat menyamai kedudukan dan pahala dan ribath. Ribath adalah menjaga kemanan umat Muslim dan kehormatan mereka, dan menjadi kekuatan bagi penduduk di perbatasan negeri serta pasukan perang. Menurut saya, ribath adalah pokok dan cabang dari jihad. Dan jihad lebih utama daripada ribath karena kesulitan dan kesusahan yang terdapat di dalamnya.”

Syaikh Abdullah Azzam menambahkan dalam Tarbiyah Jihadiyah,” Bagi orang yang mengira bahwa jihad ialah pergi ke medan tempur melepaskan tembakan kemudian pulang sibuk mengurus dunianya lagi, maka itu bukan jihad. Tetapi, jihad ialah ribath yang panjang kemudian baru mengikuti pertempuran.”

Di sela-sela waktu yang panjang, seorang mujahid mengalami segala macam kesulitan hidup serta pahitnya jauh dari keluarga dan tetangga. Kadang ribath selama satu tahun penuh tetapi tidak pernah mengikuti pertempuran satu kali pun. Saat itulah kesabaran seorang mujahid diuji. Apakah dia berjihad karena mengharap ridha Allah dengan konsekuensi banyak kesulitan  menanti atau hanya karena euforia semata untuk menunjukkan jati diri?

BACA JUGA  Ismail Yusanto: Publik dapat Bukti Penguasa Anti Islam Bila HTI Dibubarkan

Sebenarnya itulah esensi dari sebuah jihad dan perjuangan. Seorang mujahid tidak hanya berperang melawan musuh yang nyata. Tetapi juga diuji kesabarannya untuk mengalahkan dirinya sendiri yang terkadang justru lebih berat godaannya. Karena godaan dari diri sendiri tak hanya berdampak pada semangat dalam pertempuran semata, tetapi juga berpengaruh pada keikhlasan dalam meniti jalan perjuangan. Perjuangan itu akan menambah pahala atau hampa karena ketidaksabaran.

Baca halaman selanjutnya: Fakta Keadaan Umat Islam...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Bersikukuh Tak Ada Pelanggaran Pidana Dalam Kasus Siyono

Pasca setahun meninggalnya warga Pogung, Klaten, Siyono di tangan Densus 88, pertanyaan kelanjutan proses hukum penghilangan nyawa warga terduga pelaku teror ini terus bergulir.

Sabtu, 11/03/2017 17:15 0

Indonesia

Soal Kasus Siyono, KontraS: Nyawa Orang Seakan Disamakan Kasus Polisi Bolos

Dua anggota Detasemen Khusus 88 Anti Teror berinisial AKBP T dan IPDA H, yang melakukan pengawalan berujung meninggalnya Siyono hanya dijatuhi hukuman minta maaf kepada kepolisian dan dipindah satuan kerja oleh majelis sidang kode etik.

Sabtu, 11/03/2017 16:45 0

Indonesia

KontraS: Kasus Siyono Bukti Nyata Polisi Kebal Hukum

Sudah setahun sejak kasus kematian Siyono, warga Pogung, klaten di tangan aparat pemerintah Densus 88, karena dinilai terkait dengan organisasi teroris. Namun, sebelum tuduhan itu dibuktikan, Siyono sudah terlebih dulu tewas di tangan dua anggota Densus yang melakukan pengawalan terhadap Siyono.

Sabtu, 11/03/2017 16:12 0

Suriah

Kurdi PYD Dituding Culik Sejumlah Tokoh Politik Kurdi Peshmerga

Milisi Kurdi PYD yang merupakan afiliasi PKK dilaporkan menculik puluhan anggota Dewan Nasional Kurdi (KNC) sejak tahun 2011.

Sabtu, 11/03/2017 15:20 0

Indonesia

Haedar Nasir: Di Indonesia, yang Punya Modal Kuasai Segalanya

Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir mengungkapkan bahwa secara ekonomi dan politik, Indonesia adalah 'pasar bebas'. Artinya, siapa yang punya kekuatan modal akan menguasai segalanya.

Sabtu, 11/03/2017 15:00 0

Suriah

Ghautah Timur Kembali Menjadi Sasaran Jet Suriah

Jet tempur rezim Assad kembali menggempur sejumlah wilayah di Suriah. Akibatnya menewaskan beberapa warga sipil.

Sabtu, 11/03/2017 14:46 0

Indonesia

Muhammadiyah: Bukan Zamannya Bertengkar Dalam Masalah Khilafiyah

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menegaskan bahwa saat ini, bukan saatnya umat Islam berselisih soal faham yang bersifat ikhtilaf. Sebab, hal tersebut malah menghabiskan energi umat Islam sendiri.

Sabtu, 11/03/2017 12:00 0

Palestina

Hamas Kecam RUU Larangan Adzan di Al-Quds

Gerakan Islam Palestina, Hamas mengecam kebijakan Israel terkait RUU larangan adzan di Al-Quds (Yerussalem).

Sabtu, 11/03/2017 11:35 0

Indonesia

Kak Seto Akan Kunjungi Rumah Siyono, Cek Kejiwaan Anak-anak

Setahun kematian Siyono, Ketua Komnas Anak, Seto Mulyadi berencana menyambangi tempat tinggal korban Densus 88 itu. Kunjungan itu dalam rangka melihat perkembangan anak-anak Siyono.

Jum'at, 10/03/2017 23:30 0

Indonesia

Setahun Siyono, Ini Pesan Kak Seto Bagi Penegak Hukum

Ketua Komnas Anak, Seto Mulyadi menegaskan bahwa dalam melakukan tugas, kepolisian tetap mempedulikan hak-hak anak. Artinya, anak harus dijauhkan dari hal yang berbau kekerasan

Jum'at, 10/03/2017 23:00 0