... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Salat Jumat Dimulai Sebelum Waktu Zuhur, Apa Hukumnya?

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Salat Jumat dinilai tidak sah jika dilaksanakan sebelum masuk waktunya. Namun di beberapa tempat, waktu pelaksanaan salat jumat terlihat berbeda antara satu masjid dengan masjid lainnya. Sebagian ada yang berpendapat jumat dimulai saat waktu salat Zuhur masuk. Namun di tempat yang lain—dengan pertimbangan tertentu—ada juga yang mengawali salat jumat sebelum masuk waktu salat Zuhur.

Lalu bagaimana para ulama memandang persoalan ini? Ketentuan awal waktu salat Jumat di kalangan para fuqaha memang terjadi perbedaan pendapat. Setidaknya ada dua pendapat utama yang diungkapkan oleh mereka:

Pertama: Jumhur ulama dari kalangan mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i berpendapat, awal waktu salat Jumat ialah tergelincirinya matahari sebagaimana halnya awal waktu salat Zuhur. Karenanya, jika kaum muslimin mengerjakannya sebelum matahari tergelincir, salatnya tidak sah. Adapun dalil-dalil yang mereka kemukakan:

  1. Hadits riwayat Imam Al-Bukhari dan yang lainnya, dari Anas bin Malik yang mengatakan, “Rasulullah SAW melaksanakan salat Jumat ketika matahari condong.
  2. Hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim, dari Salamah bin Akwa’ yang mengatakan, “Kami melaksanakan salat Jumat bersama Nabi Muhammad sallallahu ’alaihi wasallam jika matahari telah tergelincir. Setelah itu kami kembali mencari harta rampasan perang.”

Kedua: Ulama mazhab Hanbali berpendapat, waktu salat Jumat dimulai sebelum matahari tergelincir. Dalil-dalil yang menjadi pegangannya:

  1. Hadits riwayat Asy-Syaikhani, dari Salamah bin Akwa’ yang mengatakan, “Kami melaksanakan salat bersama Rasulullah sallallahu ’alaihi wasallam pada hari Jumat, setelah itu kami keluar, sementara dinding-dinding tidak memiliki bayang-bayang yang dapat dijadikan sebagai tempat bernaung.” Ini terjemahan dari lafal Imam Al-Bukhari.
  2. Hadits riwayat Imam Muslim dan Ahmad, dari Jabir bin Abdullah bahwa suatu ketika Nabi Muhammad sallallahu ’alaihi wasallam melaksanakan salat Jumat, kemudian kami pergi ke unta-unta kami untuk merehatkannya—Abdullah menambahkan haditsnya—ketika matahari tergelincir. (HR. Muslim dan Ahmad)
  3. Hadits riwayat Imam Al-Bukhari dan Ahmad, dari Anas bin Malik yang mengatakan, “Kami melaksanakan salat Jumat di awal waktu, lalu kami melakukan tidur siang.” ( Bukhari)
BACA JUGA  Perjuangan Berat Ummu Hafiz Upayakan Perawatan Medis Bagi Muhammad Al Khaththath

Namun demikian, jumhur ulama menjawab dalil-dalil yang dikemukakan mazhab Hambali ini dengan beberapa jawaban. Mereka mengatakan:

Mengenai hadits Salamah bin Akwa’ , di sini tidak dikatakan kalau ia menafikan semua bayang-bayang. Akan tetapi, yang dikatakan di sini hanyalah menafikan bayang-bayang yang bisa dijadikan untuk bernaung. Dengan makna lain, maksud perkataan Salamah ialah, “Sementara dinding-dinding tidak memiliki bayang-bayang yang dapat dijadikan sebagai tempat bernaung.”

Baca halaman selanjutnya: Penafian di sini ditujukan...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Segerakanlah Menikah ! Tapi… [Ust. DR. A. Zain An Najah, MA.]

KIBLAT.NET – Menilik realita saat ini, banyak sekali yang takut untuk menikah dengan berbagai alasannya....

Jum'at, 10/03/2017 09:56 0

Malaysia

Organisasi Non Muslim Desak Pemerintah Malaysia Cabut Visa Zakir Naik

Consultative Council of Buddhism, Christianity, Hinduism, Sikhism and Taoism (MCCBCHST), organisasi persatuan non-muslim Malaysia meminta pemerintah agar melarang Dr.Zakir Abdul Karim Naik ke Malaysia.

Kamis, 09/03/2017 21:35 0

Irak

Pemimpin ISIS, Abu Bakar Al Baghdadi Dikabarkan Telah Meninggalkan Mosul

Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi diyakini telah meninggalkan pertempuran di Mosul. Ia dikabarkan bersembunyi di perkampungan di tengah gurun pasir dan menyerahkan kendali Mosul kepada pengikutnya.

Kamis, 09/03/2017 20:31 0

Indonesia

Biaya Haji Khusus Digunakan untuk 3 Komponen Ini

Biaya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Khusus telah ditetapkan sebesar USD 8.000

Kamis, 09/03/2017 19:45 0

Suriah

Redam Perpecahan, Ahrar Syam dan Haiah Tahrir Syam Buat Sejumlah Kesepakatan

Gerakan Ahrar Syam dan Haiah Tahrir Syam di Suriah pada Rabu 8 Maret 2017 menandatangani sejumlah kesepakatan untuk meredam pertikaian antara kedua belah pihak.

Kamis, 09/03/2017 19:30 0

Indonesia

Biaya Haji Khusus Ditetapkan Paling Sedikit USD 8.000

Besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Khusus tersebut telah dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama No 76 Tahun 2017

Kamis, 09/03/2017 18:48 0

Indonesia

Cina Akan Menengahi Perseteruan Arab Saudi-Iran

"Kami berharap Arab Saudi dan Iran dapat menyelesaikan masalah yang ada di antara mereka melalui pembicaraan yang setara dan ramah," kata menteri luar negeri Cina

Kamis, 09/03/2017 18:02 0

Suriah

Ini Jumlah Wanita Suriah yang Terbunuh Sejak 2011 Menurut Data SNHR

Wanita Suriah diketahui terlibat aktif dalam konflik yang dimulai pada 2011 silam. Mereka memainkan peran besar dalam hal sosial, penyaluran bantuan, media, dokumentasi pelanggaran, politik, dan bidang-bidang lainnya.

Kamis, 09/03/2017 17:10 0

Eropa

Riset: Iran Lakukan Misi Penghancuran di 14 Negara Mayoritas Muslim

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Iran melakukan intervensi di 14 negara mayoritas Muslim di Timur Tengah. Menurut dua lembaga yang melakukan penelitian itu, Iran memainkan peran destruktif terhadap negara-negara tersebut, dengan melibatkan pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC).

Kamis, 09/03/2017 16:47 0

Indonesia

Komnas HAM: Harus Ada Lembaga Pengawas dalam Penanganan Terorisme

Komnas HAM mengingatkan bahwa penanganan terorisme di Indonesia menggunakan paradigma criminal justice system, bukan menggunakan kebijakan war on terror seperti yang diterapkan di beberapa negara Barat.

Kamis, 09/03/2017 16:16 0