... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KSHMI: Ada Indikasi Pergeseran dari Negara Hukum ke Negara Kekuasaan

Foto: Chandra Purna Irawan, penggagas Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHMI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHMI) secara resmi dideklarasikan pada Ahad (05/03). Menurut penggagas KSHMI, Chandra Purna Irawan mengatakan bahwa komunitas ini didirikan karena melihat ada indikasi pergeseran dalam tatanan hukum Indonesia.

“Ini didirikan karena, pertama adanya indikasi pergeseran dari rechstaat ke machstaat. Artinya dari negara hukum ke negara kekuasaan,” kata Chandra kepada Kiblat.net di Hotel Best Western, Jakarta Timur.

Dia mencontohkan kasus Ahok yang seharusnya secara hukum sudah dinonaktifkan dari gubernur. Dengan kembalinya gubernur DKI Jakarta itu ke jabatannya, telah terjadi pelanggaran pasal 83 UU Pemerintahan Daerah. Apalagi, kata dia, sudah terdakwa dan sudah mendapatkan nomor registrasi di pengadilan.

“Maka secara hukum seharusnya sudah dinonaktifkan. Tetapi karena dari pihak pemerintahan nampak berpihak, maka sampai sekarang Ahok masih berjalan sebagai gubernur,” jelasnya.

Ia juga menilai bahwa indikasi pergeseran dari negara hukum ke negara kekuasaan terlihat dari terjadinya kriminalisasi ulama. “Bisa dilihat kasus dana sosial itu  kemudian di tetapkan sebagai tersangka ketuanya. Ini sangat nampak ada upaya diduga kriminalisasi,” tuturnya.

Atas dasar itu, Chandra menambahkan, KSHMI kemudian dideklarasikan. Tujuan utama komunitas itu adalah melakukan advokasi terhadap ummat Islam yang dikriminalisasi.

“Atas kondisi inilah, kemudian sepertinya penting melakukan inisiasi gerakan advokasi nasional dalam rangka bela Islam, bela ulama dan bela aktifis Islam,” tandasnya.

BACA JUGA  Guyub Rukun Warga Jogokariyan Sukseskan Muslim United

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Lho, Laki-Laki Kok Haid?

Amirul Mukminin Umar bin Khattab lantas memanggil pemuda tadi seraya berkata kepadanya, "Apakah kamu sedang haid?"

Senin, 06/03/2017 11:00 0

Profil

Syaikh Abu Muhammad At-Turkistani, Tokoh Pembaharu Jihad Turkistan

Ia disebut-sebut sebagai pelopor penerapan al-wala' wa al-bara' secara tegas di bumi jihad Turkistan Timur. Suksesor Dhiyaudin ini juga dikabarkan sangat dekat dengan syaikh Abu Mush’ab As-Suri. Bagaimanakah sepak terjangnya di dalam dunia jihad hingga syaikh Aiman begitu memujinya?

Senin, 06/03/2017 10:18 0

Video Kajian

Kedudukan & Peran Ulama Diantara Rakyat & Penguasa [Ust. Dr. Zain An Najah, MA.]

KIBLAT.NET – Dalam Al Qur’an terdapat ayat yang menyerukan kepada orang-orang beriman untuk ta’at kepada...

Senin, 06/03/2017 08:40 0

Irak

Mengungsi, Warga Mosul Lalui Perjalanan Berat di Bawah Desingan Peluru

Ribuan warga sipil mencapai sebuah daerah baru di Mosul pada Ahad (05/03) dini hari setelah menghindari tembakan dan berjalan selama berjam-jam di sepanjang jalan berlumpur di tengah pertempuran yang memanas antara pasukan Iraq yang didukung AS dan ISIS.

Senin, 06/03/2017 08:18 0

Asia

Penembakan di Narathiwat, Mara Patani Bantah Terlibat

Melalui sebuah pernyataan tertulis di Facebook, kelompok perlawanan di Thailand Selatan itu juga membantah keterlibatan mereka dalam serangan itu.

Senin, 06/03/2017 06:58 0

Rusia

Dalam Pertempuran Suriah, Rusia Uji Coba Hampir 200 Senjata Baru

Di antara senjata baru yang diuji Rusia dalam pertempuran untuk pertama kalinya di Suriah adalah rudal jelajah jarak jauh yang diluncurkan kapal-kapal angkatan laut dan pembom strategis.

Senin, 06/03/2017 06:15 0

Yaman

Rekor Baru, AS Lancarkan 30 Serangan Lebih untuk Buru AQAP

Dalam beberapa hari terakhir dilaporkan bahwa militer AS mengklaim telah melancarkan lebih dari 30 serangan terhadap posisi-posisi mujahidin AQAP, cabang al-Qaidah di Yaman, di tiga propinsi yang berbeda.

Ahad, 05/03/2017 12:25 0

Afrika

110 Orang Telah Meninggal Akibat Bencana Kelaparan di Somalia

Presiden Somalia, Mohamed Abdullahi Farmajo, Selasa (28/02) lalu, menyatakan bahwa kekeringan kali ini merupakan bencana nasional. Kekeringan di Somalia sebagian disebabkan oleh fenomena cuaca El Nino yang telah mempengaruhi timur dan selatan Afrika.

Ahad, 05/03/2017 11:37 0

Amerika

Analis Sebut Qassem Sulaimani Teroris Paling Berbahaya

Pemimpin Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), Qassem Sulaimani disebut-sebut sebagai teroris Iran paling berbahaya. The Washington Times memuat sepotong analisis yang menyebutnya sebagai "tokoh Iran dan teroris paling kuat".

Ahad, 05/03/2017 10:26 0

Suriah

Ahrar Syam Tembak Jatuh Jet Tempur Assad

Jet tempur Suriah Mig-23 dilaporkan jatuh di sebelah perbatasan Turki-Suriah. Kelompok oposisi Ahrar Syam menyatakan telah menembak jatuh pesawat itu pada Sabtu (04/03) malam.

Ahad, 05/03/2017 09:25 0

Close