... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menteri Agama: Tidak Ada Sertifikasi Khatib, Hanya Pedoman Bersama

Foto: Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

KIBLAT.NET, Bekasi – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membantah adanya sertifikasi khatib sholat Jum’at. Menurutnya, pemerintah hanya memfasilitasi penetapan pedoman yang boleh dan tidak boleh disampaikan dalam khutbah.

“Mungkin ada baiknya saya sampaikan di sini, mumpung bertemu para ulama, yang saat ini menimbulkan kesalahpahamanan terkait isu khotib Jum’at,” kata Lukman, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakur Setengah Abad DDII di Asrama Haji Pondok Gede, Bekasi pada Ahad (26/2).

Lukman mengatakan akhir-akhir ini dirinya mendapatkan masukan dan keluhan dari umat Islam mengenai materi-materi khutbah Jum’at. Dia mengelompokkan ada empat jenis keluhan yang sampai padanya.

Keluhan pertama, Lukman menjelaskan, para khatib mulai mengangkat materi-mamteri yang sifatnya Ikhtilafi. Selain itu juga tentang isi khutbah yang menyalah-nyalahkan umat agama lain, masjid digunakan alat politik, dan menyalah-nyalahkan ideologi negara.

“Mulai dari membid’ah-bid’ahkan, mengharam-haramkan, bahkan sampai mengkafirkan. Padahal hal itu berupa furuiyyah yang sejak dahulu memiliki perbedaan,” jelasnya.

Menag pun membantak adanya sertifikasi tersebut. “Tidak ada itu istilah sertifikasi, hanya sekedar pedoman bersama, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh,” ujar Lukman.

“Dan yang akan menentukan itu adalah para ulama, pemerintah hanya memfasilitasi saja,” tutupnya.

Reporter: Mufti Amr
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Apa Motivasi Sesungguhnya Kedatangan Raja Salman ke Indonesia?

Madani Center for Development and International Studies (MaCDIS) menilai banyak tulisan di media sosial berisi ragam perspektif apa sebenarnya menjadi motif dan faktor utama yang menggerakkan pemerintahan Arab Saudi dan “kontingen” besar-nya berkunjung ke Indonesia untuk pertama kalinya setelah 47 tahun berlalu?

Senin, 27/02/2017 14:56 0

Opini

Ulama: Dahulu Berbakti, Sekarang Dikriminalisasi

Maka sungguh sangat mengiris hati, Jika hari ini para Ulama dikriminalisasi. Padahal dahulu, merekalah yang bertaruh hidup-mati untuk negeri. Seharusnya mereka membaca sejarah perjuangan bangsa ini, bahwa kemerdekaan negeri ini dibangun di atas tulang-belulang para Ulama dan kiyai yang direkatkan oleh tumpah darah para Syuhada. Cukuplah Firman Allah Ta’ala lewat lisan Nabi-Nya yang mulia mengumumkan,

Senin, 27/02/2017 14:35 0

Afghanistan

Peduli Kelestarian Bumi, Taliban Imbau Lebih Banyak Tanam Pohon

Lebih lanjut, Taliban mengingatkan bahwa amalan menanam pohon itu merupakan salah satu amalan yang pahalanya tidak terputus (amal jariyah), menguntungkan secara duniawi maupun ukhrowi. Hal itu sebagaimana dituturkan Rasulullah dalam sebuah hadits.

Senin, 27/02/2017 13:22 0

Suriah

Oposisi Suriah Tolak Bahas “Kontra-Terorisme” dalam Perundingan Jenewa

Dalam Perundingan Jenewa ke-4, Rezim Assad dan Rusia memiliki dalih baru untuk memerangi "terorisme" di Suriah. Teroris yang dimaksud adalah oposisi Suriah yang membalas serangan-serangan Rezim dan sekutunya terhadap warga sipil.

Senin, 27/02/2017 08:32 0

Arab Saudi

Saudi Ungkap Jumlah Serangan Udaranya di Suriah

Penasehat Kementerian Pertahanan Saudi, Mayor Jenderal Ahmed Asiri mengungkapkan jumlah serangan udara negaranya di Suriah. Arab Saudi termasuk salah satu negara yang bergabung dalam koalisi internasional.

Senin, 27/02/2017 07:40 0

Turki

Setengah Tembok Perbatasan Turki-Suriah Selesai Dibangun

Lebih dari setengah dari pembangunan tembok beton di sepanjang perbatasan Turki-Suriah selesai, kata kepala badan perumahan Turki.

Senin, 27/02/2017 06:31 0

Video Kajian

Bedah Buku : Tarbiyah Jihadiyah [Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I] Bag 2

KIBLAT.NET – Jihad merupakan tonggak dan penyangga fondasi Islam, bahkan ia merupah puncak urusan Islam....

Ahad, 26/02/2017 21:43 0

Suriah

Rezim Langgar Gencatan Senjata, Perundingan Damai Jenewa Terancam Gagal

Salah-satu negoisator oposisi Suriah di Jenewa menyatakan, rezim Assad terus saja melancarkan serangan udara guna menyabotase perundingan damai jilid IV yang sedang berlangsung saat ini.

Ahad, 26/02/2017 21:17 0

Afghanistan

Lancarkan Operasi di Jowzja, Taliban Tewaskan Seorang Komandan Polisi

Taliban Afghanistan mengaku bertanggung jawab atas terbunuhnya sepuluh polisi dalam penyergapan di Afghanistan utara

Ahad, 26/02/2017 16:29 0

Irak

Radio ISIS di Mosul Berhenti Mengudara

Radio Al-Bayan milik Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) di Mosul, Sabtu (25/02), dilaporkan berhenti mengudara setelah terkena serangan udara. Ini merupakan media terakhir ISIS di kota terbesar kedua di Irak itu.

Ahad, 26/02/2017 12:51 0

Close