... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perkara HRS, Yusril Mahendra :Tesis Dilawan Tesis, Bukan Dipidanakan

Foto: Yusril Ihza Mahendra. Sumber Foto: M Fathra/JPNN.com

KIBLAT.NET, Jakarta – Mantan Menteri Kehakiman sekaligus pengacara senior, Yusril Ihza Mahendra mengatakan bahwa tesis Habib Rizieq Syihab tidak pantas bila dipidanakan. Menurutnya, dalam dunia akademik seseorang yang merasa keberatan dengan hasil tesis harus mampu membantah dengan tesis pula.

“Menyangkut masalah kebebasan mimbar akademik,Habib itu menulis tesis master yang dipertahankan di Universitas Kebangsaan Malaysia, dia menulis tentang Pancasila. Jadi dia punya pendapat kesimpulan di situ. Itu nggak bisa dipidanakan ya. Kalau orang nulis tesis keberatan, ya tulis tesis juga untuk membantah dalilnya itu, bukan terus mau dipidanakan, “ungkapnya di Warung Daun, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/02).

Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Syihab berstatus tersangka atas laporan Sukmawati Soekarnoputri terkait tesisnya yang dinilai melecehkan Pancasila. Yusril beranggapan, laporan Sukmawati atas tesis HRS bermasalah. Pasalnya, tesis tersebut merupakan bagian dari kebebasan mimbar akademik.

“Apalagi kalau dia menulis tesis di Malaysia kemudian ditulis dalam bahasa Melayu dipertahankan di Malaysia, locus delicti-nya ada di mana, ini masalah juga,”tegasnya.

Yusril juga menambahkan bahwa tidak ada penyimpangan Habib Riziq berkenaan pemahaman Pancasila. Ia mengaku sering menjalin komunikasi dengan tokoh GNPF-MUI tersebut.

“Jadi saya akan berikan keterangan yang mudah-mudahan, kalau sudah memberikan, ini kan atas laporan si Sukma (Sukmawati Soekarnoputri.red). Jadi saya pikir kalau saya sudah memberikan keterangan, mudah-mudahan menjadi bahan bagi polisi untuk gelar perkara kasus ini,” katanya.

BACA JUGA  Warga Suriah ke Trump: Senjata Kimia Bukan Satu-satunya Masalah Kami

Reporter : Muhammad Jundii
Editor      : Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Putra Muhammad Ali Ditahan Petugas Imigrasi Bandara Florida

Mancini mengatakan pejabat bandara menginterogasi Ali Jr selama hampir dua jam, dan berulang kali bertanya, "Dari mana Anda mendapatkan nama Anda?" dan "Apakah Anda Muslim?"

Sabtu, 25/02/2017 13:56 0

Irak

Perang Mosul Belum Usai, Jet Iraq Bom ISIS di Suriah

Untuk pertama kalinya militer Iraq mengirim jet tempur F-16 ke Suriah untuk menyerang ISIS di Suriah pada Jum'at (24/02).

Sabtu, 25/02/2017 13:17 0

Palestina

PBB Heran, Tentara Israel Pembunuh Warga Palestina Hanya Divonis 18 Bulan

Tentara Israel yang membunuh warga Palestina hanya divonis 18 bulan. Lembaga Hak Asasi Manusia PBB menilai hukuman tersebut terlalu ringan dan jauh dari keadilan.

Sabtu, 25/02/2017 12:48 0

Tarbiyah Jihadiyah

Seimbang antara Ilmu dan Jihad, Ciri Mujahid Sejati

Perjuangan mengembalikan kejayaan Islam bukanlah hal yang mudah. Tidak hanya bermodal semangat membara dan menyala-nyala. Melainkan juga membutuhkan generasi yang siap dan mumpuni untuk memanggul beban perjuangan di pundak mereka.

Sabtu, 25/02/2017 12:30 0

Yaman

Jet Tempur Yordania Jatuh di Perbatasan Saudi-Yaman

Situs almasirah.net, yang pro-Hutsi menyebut kelompok itu telah menjatuhkan pesawat. Namun, media Saudi, mengatakan bahwa pesawat yang jatuh di provinsi Najran itu disebabkan kesalahan teknis.

Sabtu, 25/02/2017 11:50 0

Palestina

Peringatan Pembantaian di Masjid Ibrahimi, Palestina Protes Dukungan Trump ke Israel

Memperingati 23 tahun pembantaian di Masjid Ibrahimi, puluhan warga Palestina melancarkan unjuk rasa. Massa juga memprotes sikap Presiden Donalt Trump yang memberikan dukungan besar kepada Israel.

Sabtu, 25/02/2017 11:19 0

Artikel

Membaca itu Menyehatkan, Mulailah dan Rasakan Manfaatnya!

Apakah Anda suka membaca buku-buku sejarah, buku-buku tentang pemimpin besar atau ilmu pengetahuan, atapun bacaan lainnya yang bermanfaat? Jika iya, maka perlu diketahui, membaca adalah kebiasaan yang menyehatkan.

Sabtu, 25/02/2017 10:40 0

Suriah

Kepada PBB, Para Wanita Suriah Menuntut Kerabat Mereka Dibebaskan

Para wanita Suriah pada Kamis (23/02), menuntut kejelasan nasib kerabat mereka yang ditahan dan hilang di tangan Rezim Suriah kepada PBB. Mereka berharap agar para tawanan dibebaskan.

Sabtu, 25/02/2017 08:36 0

Iran

Iran Manfaatkan Konflik Suriah untuk Uji Alutsista

"Iran telah menguji banyak peralatan militer baru di Suriah, dan telah mengujinya dalam skala besar," katanya seperti dikutip dari Voa News, Rabu (22/02).

Jum'at, 24/02/2017 22:36 0

Asia

Sejarah Upaya Pembunuhan oleh Agen Intelijen Korea Utara

Namun, ada juga pihak yang berspekulasi bahwa wanita asal Banten itu merupakan korban yang dimanfaat agen mata-mata Korea Utara.

Jum'at, 24/02/2017 22:06 0