... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Membaca itu Menyehatkan, Mulailah dan Rasakan Manfaatnya!

Foto: Membaca di perpustakaan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Apakah Anda suka membaca buku-buku sejarah, buku-buku tentang pemimpin besar atau ilmu pengetahuan, atapun bacaan lainnya yang bermanfaat? Jika iya, maka perlu diketahui, membaca adalah kebiasaan yang menyehatkan. Dikutip dari Natural Society, berikut 5 penelitian yang menunjukkan bahwa membaca benar-benar baik untuk kesehatan Anda:

1. Membaca Dapat Meningkatkan Keterampilan Sosial

Sebuah studi baru-baru menemukan bahwa membaca dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk membaca pikiran dan perasaan orang lain. Dengan cara ini, membaca buku dapat mempengaruhi kemampuan sosial Anda. Para peneliti menemukan mereka yang membaca buku-buku, terutama sastra lebih mampu membaca emosi orang dengan melihat wajah mereka.

“Saya pikir itu adalah penelitian yang benar-benar menarik,” kata peneliti psikologi Raymond Mar. “Tampaknya sebagian besar hal itu cocok dengan semakin banyaknya pekerjaan yang menunjukkan bahwa apa yang kita baca dan buka memiliki dampak yang sangat menarik pada kemampuan sosial kita dan kemampuan kita untuk memahami apa yang orang lain pikirkan dan rasakan,” jelasnya.

2. Membaca Dapat Melindungi Diri dari Penyakit Alzheimer

Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan bahwa mereka yang rajin membaca memiliki kemungkinan kecil menderita Alzheimer di usia tua. Diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences pada tahun 2001, penelitian ini menemukan bahwa orang dewasa yang menggunakan otak mereka untuk melakukan kegiatan seperti membaca dan bermain game, sedikit kemungkinan untuk menderita gangguan otak degeneratif.

BACA JUGA  Muslim Rohingya Hidup dalam Penjara Terbuka di Myanmar

3. Membaca Dapat Mengurangi Depresi

Beberapa buku memiliki kekuatan untuk mengurangi depresi. Sebuah jurnal di PLOS One tahun 2013, menunjukkan bahwa pasien penderita depresi yang melakukan terapi diselingi membaca buku dapat membantu diri mereka untuk mengurangi penyakit itu dibanding pasien yang hanya menerima perawatan tradisional.

4. Membaca Dapat Menguragi Tingkat Stres

Membaca juga dapat mengurangi tingkat stres. Para peneliti dari University of Sussex menemukan bahwa membaca adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi stres. Lebih efektif daripada mendengarkan musik, minum secangkir teh, atau bahkan pergi berjalan-jalan.

5. Membaca Dapat Meningkatkan Mental

Mereka yang gemar membaca memiliki ketajaman pikiran. Bukan hanya pengetahuan baru yang didapat dari membaca, tetapi orang-orang tua yang suka membaca mengalami penurunan mental lebih lambat daripada mereka yang tidak.

Dari sini, Anda mungkin sudah mengerti, bahwa membaca tidak hanya menyenangkan tetapi juga baik untuk hidup Anda. Belum terlambat untuk memulainya. Anda dapat merasakan sendiri manfaatnya jika Anda benar-benar melakukannya.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Natural Society


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Klarifikasi Isu Miring, Pengurus Masjid Al-Waqfiyah : Jemaah Selalu Berdoa Jakarta Dipimpin Muslim

Pihak Masjid Al-Waqfiyah membantah bahwa ia mengeluarkan pernyataan untuk tidak menshalati jenazah warga yang memilih Ahok jadi Gubernur.

Sabtu, 25/02/2017 09:57 0

Indonesia

Pengurus Masjid Al-Waqfiyah : Kedatangan Djarot Tak Diinginkan

"Sebenarnya di masjid ini tidak menginginkan untuk dikunjungi. Saya sama pengurus juga nggak menginginkan," katanya kepada Kiblat.net di Masjid Al-Waqfiyah pada Jumat (24/03).

Sabtu, 25/02/2017 09:42 0

Indonesia

Datang Pukul 9 Pagi, Djarot Jumatan di Masjid yang Diisukan Tolak Solati Pendukung Ahok

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mendatangi Masjid Al Waqfiyah, Salemba sejak pukul 09.00 pagi.

Sabtu, 25/02/2017 09:16 0

Suriah

Kepada PBB, Para Wanita Suriah Menuntut Kerabat Mereka Dibebaskan

Para wanita Suriah pada Kamis (23/02), menuntut kejelasan nasib kerabat mereka yang ditahan dan hilang di tangan Rezim Suriah kepada PBB. Mereka berharap agar para tawanan dibebaskan.

Sabtu, 25/02/2017 08:36 0

Iran

Iran Manfaatkan Konflik Suriah untuk Uji Alutsista

"Iran telah menguji banyak peralatan militer baru di Suriah, dan telah mengujinya dalam skala besar," katanya seperti dikutip dari Voa News, Rabu (22/02).

Jum'at, 24/02/2017 22:36 0

Asia

Sejarah Upaya Pembunuhan oleh Agen Intelijen Korea Utara

Namun, ada juga pihak yang berspekulasi bahwa wanita asal Banten itu merupakan korban yang dimanfaat agen mata-mata Korea Utara.

Jum'at, 24/02/2017 22:06 0

Suriah

Ini Jumlah Militer AS di Suriah Menurut Jubir Koalisi

Juru bicara koalisi internasional, Kolonel John Dorian, mengungkapkan jumlah militer Amerika Serikat yang berada di Suriah. Kehadiran mereka di Suriah dalam rangka memberikan dukungan kepada militer Turki dan melakukan tugas-tugas khusus.

Jum'at, 24/02/2017 21:46 0

Malaysia

Kim Jong-Nam Dibunuh dengan VX, Zat Paling Beracun di Dunia

Laporan awal yang dirilis Kepolisian Malaysia menunjukkan racun yang digunakan untuk membunuh Kim Jong-Nam adalah VX.

Jum'at, 24/02/2017 21:00 0

News

Wilayah Maroko Diterpa Hujan Lumpur

Hujan disertai lumpur mengejutkan warga kota-kota di wilayah utara Maroko, terutama di kota Tangier, Rabu (22/02) malam. Fenomena alam tak biasa itu memicu kekhawatiran warga, yang menduga ini merupakan sebuah polusi.

Jum'at, 24/02/2017 20:15 0

Munaqosyah

Penguasa Sekuler, Ulil Amri yang Wajib Ditaati?

Lantas, Apakah pantas penguasa sekuler disebut ulil amri? Apakah mereka layak mendapatkan ketaatan kaum muslimin, seperti taatnya mereka kepada para khalifah?

Jum'at, 24/02/2017 19:30 0

Close
CLOSE
CLOSE