... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DPR Inginkan Konsep Draft Revisi UU Terorisme Tidak Melanggar HAM

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, JAKARTA – Anggota Pansus RUU Terorisme dari Fraksi PPP, Arsul Sani meminta kepada Polri untuk lebih aktif dalam memberi masukan terkait RUU Terorisme ini, karena ia menilai selama ini partisipasinya cenderung pasif.

“Terkait dengan konsep preventif justice yang sebenarnya diinginkan polri tuh seperti apa, kami ini kan bukan petugas di lapangan nggak bisa membayangkan, ketika keadilan prefentif itu harus diatur dalam sebuah undang-undang, akan tetapi konsepnya jelas haruslah agar tidak terjadi pelanggaran hak asasi manusia secara luas” ungkap Arsul dalam RDP dengan Kapolri di Komisi III, DPR RI, Rabu (23/02).

Ia menekankan, bahwa masukan polri dibutuhkan agar nantinya paradigma Pemberantasan terorisme di negeri ini tidak bergeser. Yang tadinya berdasarkan paradigma penegakan hukum berdasar sistem peradilan pidana, menjadi Pemberantasan terorisme berbasis keamanan Nasional atau Internal Security atau Homeland Security.

“Terlebih paradigma Pemberantasan terorisme berbasis perang,” ungkapnya.

Arsul pun mengungkapkan, bahwa nantinya akan terjadi perdebatan panjang terkait pasal 43 a atau yang biasa disebut pasal Guantanamo.

“Terkait pasal Guantanamo, di satu sisi kita ingin memberi keleluasaan kepada Polri agar bisa menjalankan fungsi-fungsi pencegahan, tapi tetap tidak keluar dari prinsip-prinsip perlindungan hak-hak asasi manusia yang ada,” tegasnya.

Pembahasan itu sangat diperlukan agar stigma Dunia Internasional yang menyebut Polri adalah ketidak adilan yang terlembaga bisa dimentahkan.

BACA JUGA  Hina Moeldoko Lewat FB, Muhammad Basmi Diciduk Polisi

“Intinya agar apa yang dipersepsikan banyak orang terutama oleh luar negri, bahwa Institutional less injustice atau ketidakadilan yang terlembaga itu tidak benar dilakukan oleh polri. Diharapkan juga kedepan nya akan makin terkurangi,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Jundi
Editor      : Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Oposisi Tekankan Transisi Politik di Perundingan Damai Jenewa

"Jika Staffan memang serius, ia harus tetap berpegang pada subjek pertama dalam agenda yaitu transisi politik yang diterima oleh rakyat Suriah," kata Nasr al-Hariri, seperti dikutip Reuters.

Jum'at, 24/02/2017 12:02 0

Suriah

Perundingan Jenewa, Oposisi Sebut Iran dan Rusia Sumber Gagalnya Perdamaian

Perserikatan Bangsa-Bangsa memimpin perundingan damai Suriah jilid IV di Jenewa. Dalam perundingan itu, negosiator dari oposisi Nashr Al- Hariri menekankan bahwa kegagalan upaya damai sebelumnya disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh sekutuh Assad.

Jum'at, 24/02/2017 11:09 0

Eropa

Bakar dan Hina Al Quran, Pria Denmark Dikenai Hukum Penistaan Agama

Seorang pria Denmark yang membakar kitab suci Alquran diadili dengan tuntutan penistaan Agama . Kepala Jaksa Penuntut, Jan Reckendorf, mengatakan bahwa pria berusia 42 tahun itu membakar Alquran di halaman belakang rumahnya pada Desember 2015.

Jum'at, 24/02/2017 10:20 0

Suriah

Milisi Syiah Rampok Konvoi Bantuan PBB untuk Lingkungan Al-Wa’ar di Homs

Sejumlah pria bersenjata merampok konvoi bantuan kemanusiaan internasional yang diperuntukkan untuk daerah terkepung yang dikontrol oposisi di Suriah. Milisi tersebut membawa hasil rampokan ke wilayah kontrol rezim, sebagaimana dilaporkan PBB Rabu kemarin (22/02).

Kamis, 23/02/2017 23:07 0

Artikel

Makar terhadap Umat Islam: dari Aksi Bela Islam hingga Kebijakan 3 Presiden AS

Sambil berharap akan datangnya makar Allah SWT yang akan menghancurkan makar-makar yang telah mereka buat. Karena sesungguhnya Allah SWT adalah sebaik-baik pembuat makar.

Kamis, 23/02/2017 19:33 0

Artikel

Tabiat Utama Kaum  Khawarij

Siapapun yang meneliti sejarah perkembangan kelompok Khawarij, pasti akan mendapati beberapa tabiat yang menonjol dan melekat pada diri para pengikut kelompok ini. Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi, dalam buku fikrul khawarij wa syi’ah mengungkapkan beberapa tabiat tersebut.

Kamis, 23/02/2017 17:30 0

Tazkiyah

Sepuluh Penyebab Doa Tidak Dikabulkan Allah

“Wahai Abu Ishaq, apa sebab kami selalu berdoa namun tidak pernah dikabulkan?”

Kamis, 23/02/2017 17:00 0

Opini

Mari Kita Apresiasi Donald Trump!

Jadi anda tidak perlu heran jika sekarang warga muslim ketujuh negara di atas dilarang masuk Amerika. Bagi Donald Trump, Amerika tidak perlu capek-capek mengidentifikasi mana muslim yang punya kebencian mana yang tidak, pukul rata saja dulu semuanya teroris, kemudian setelah itu adakan tes kelayakan untuk masuk.

Kamis, 23/02/2017 16:17 0

Palestina

Seluruh Faksi Perjuangan Palestina Sepakati Rekonsiliasi

Otoritas Palestina, Hamas, Fatah dan Jihad Islam sepakat melakukan rekonsiliasi Palestina. Seluruh faksi pun bersepakat akan membangun kembali mitra politik yang tergabung dalam Panitia Persiapan Dewan Nasional Palestina.

Kamis, 23/02/2017 14:59 0

Mesir

(Photo) Begini Suasana Prosesi Pemakaman Syaikh Dr. Umar Abdurrahman

Syaikh Dr. Umar Abdurrahman yang meninggal pada Sabtu (18/02) lalu di penjara AS, dimakamkan di tanah kelahirannya di kota Jamaliyah pada Rabu (22/02).

Kamis, 23/02/2017 14:51 0

Close
CLOSE
CLOSE