... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ombusdman: Tak Nonaktifkan Ahok, Presiden Langgar Kewajiban Hukum

Foto: Anggota Ombudsman RI, Laode Ida

KIBLAT.NET, Jakarta – Meski telah berstatus terdakwa, Ahok masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Ombusdman menilai presiden melanggar hukum jika tak menonaktifkannya.

Laode Ida, anggota Ombusman yang menangani laporan kasus Ahok, menegaskan syarat formil penonaktifan Gubernur DKI Jakarta telah terpenuhi. “Kewajiban hukum presiden untuk menonaktifkan Ahok,” ungkapnya kepada Kiblat.net di Kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Jakarta, Selasa (21/02).

“Kalau tidak nonaktif itu berarti pelanggaran kewajiban hukum. Itu berarti pelanggaran konstitusi karena tidak memenuhi janjinya,” tandas Laode.

Mantan wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menekankan bahwa Presiden Jokowi telah dilantik dibawah sumpah. Penonaktifan Ahok adalah kewajiban hukum presiden, karenanya jika dia tak memutuskan hal itu maka terjadi pelanggaran.

“Sekarang jelas presiden tidak menjalankan kewajiban hukumnya itu, artinya maladministrasi disitu,” terang Laode.

Perlu diketahui, pemerintah beralasan menunggu fatwa Mahkamah Agung (MA) terkait kasus hukum yang menjerat Ahok. Fatwa itu nantinya dijadikan pertimbangan penonaktifan terdakwa kasus dugaan penodaan agama itu.

Mengomentari itu, fatwa MA merupakan urusan pengadilan. Dia menekankan fatwa tersebut juga tidak memiliki kekuatan hukum untuk dipatuhi atau tidak dipatuhi.

“Memang status hukumnya kalau fatwa itu tidak mengikat,” tandasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Langkah Jihadis Paksa AS Bekukan Dukungan Terhadap Oposisi “Moderat” Suriah

Sumber-sumber oposisi Suriah baru-baru ini melaporkan bahwa dukungan militer yang dikoordinasi oleh Badan Intelijen Pusat AS (CIA) untuk kelompok oposisi “moderat” di barat laut Suriah dibekukan. Penghentian bantuan ini menyusul serangan besar yang diluncurkan kelompok jihadis Suriah terhadap kelompok oposisi pro Barat bulan lalu.

Rabu, 22/02/2017 20:00 0

Irak

Analis Militer Yordania: Terdesak di Iraq, Prioritas ISIS Beralih ke Suriah

Pasukan ISIS dilaporkan telah membanjiri Suriah selatan dan menuju Damaskus. Dari Mosul, Iraq utara mereka membawa perlengkapan militer lengkap sejak Desember tahun lalu.

Rabu, 22/02/2017 13:53 0

Iran

Iran Siap Jual Minyak 100.000 Barel per Hari ke Rusia

Pemerintah Iran menyatakan bahwa pihaknya akan menjual hingga 100.000 barel minyak ke Rusia per hari.

Rabu, 22/02/2017 12:22 0

Arab Saudi

Gabung Koalisi AS, Negara Teluk Siap Terjunkan Pasukan Darat ke Suriah

Pemerintah Arab Saudi melaporkan bahwa negara-negara Teluk telah menyatakan kesiapannya untuk mengirim pasukan darat ke Suriah untuk melawan pasukan ISIS.

Rabu, 22/02/2017 11:50 0

Afghanistan

Al-Qaidah Rilis Pernyataan terkait Meninggalnya Dr. Umar Abdurrahman

Meninggalnya Dr. Umar Abdurrahman di penjara AS langsung direspon oleh organisasi jihad Al-Qaidah. Dalam pernyataan yang dipublish media As-Sahab, Al-Qaidah mengingatkan wasiat dari ideolog para jihadis di dunia tersebut.

Rabu, 22/02/2017 11:17 0

Opini

‘Emak-emak’ dalam Panggung Sejarah Indonesia

Dalam perjuangan bangsa ini, wanita tak pernah luput dalam sinergi memperjuangkan kemerdekaan negeri. Selama ratusan tahun penjajahan atas bangsa ini, kita mengenal banyak sosok wanita baja dalam panggung sejarah perjuangan Indonesia.

Rabu, 22/02/2017 10:44 0

Artikel

Amar Makruf Nahi Mungkar Menurut Syekh Abdul Qadir Jailani

Abdul Qadir berpandangan bahwa amar makruf nahi munkar adalah asas terpenting untuk memelihara masyarakat dan mengatur kebaikan di dalamnya, meskipun masih banyak kerusakan-kerusakan yang tertinggal di sana.

Rabu, 22/02/2017 10:17 0

Irak

Beredar Video Milisi Peshmerga Irak Tembaki Pengungsi Etnis Arab

Pengguna media sosial beberapa saat lalu saling membagi video kekejaman etnis yang dilakukan milisi Kurdi Peshmerga terhadap pengungsi etnis Arab Irak. Jika video ini benar, menguatkan laporan sejumlah organisasi kemanusiaan bahwa milisi Peshmerga melakukan pembantaian etnis.

Rabu, 22/02/2017 09:40 0

Wilayah Lain

Pusat Kebudayaan Islam di Swedia Dibakar Orang Tak Dikenal

Penyerangan terhadap fasilitas warga minoritas muslim kembali terjadi di Eropa. Kali ini, sebuah Gedung Pusat Kebudayaan Islam di kota Gothenburg, Swedia barat, menjadi sasaran.

Rabu, 22/02/2017 08:02 0

News

Prof. Mudzakir: Salah Satu Ancaman Kebhinekaan Adalah Penghinaan Agama

Salah satu ancaman persatuan dan kesatuan Indonesia adalah penghinaan agama. Hal itu diungkapkan oleh Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Indoensia Yogyakarta, Prof. Mudzakir.

Rabu, 22/02/2017 06:37 0

Close