... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muhammadiyah: Al-Maidah 51 Bukan Alat Pemecah Belah

Foto: Prof. Yunahar Ilyas

KIBLAT.NET, Jakarta – Tokoh sekaligus ulama Muhammadiyah, Prof. Yunahar Ilyas, menegaskan bahwa surat Al-Maidah 51 bukan alat pemecah belah bangsa. Menurutnya, memilih pemimpin karena agama tidak menyalahi konstitusi.

“Tidak bisa disebut alat pecah belah. Memilih berdasarkan agama tidak bertentangan dengan konstitusi maupun memecah belah,” katanya dalam sidang penistaan agama di Kementerian Pertanian Jakarta Selatan pada Selasa (21/02).

Ia juga menegaskan bahwa Indonesia memang bukan sepenuhnya berjuluk dengan hukum Islam. Namun, tidak serta merta hukum Islam dihilangkan dari sistem hukum Indonesia.

“Indonesia memang secara langsung bukan hukum Al-Quran dan Sunah. Tapi bukan berarti meninggalkan Al-Quran dan Sunnah,” tegasnya.

Dalam pandangan Muhammadiyah, kata dia, memilih pemimpin muslim adalah hak.

“Dan hak dia memilih yang terbaik. Baik etnis, agama, partai,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Laporan Aleppo: Oposisi Usir dan Tewaskan Puluhan Pasukan Assad di Mansoura

Tiga puluh pasukan Assad tewas dan puluhan lainnya mengalami luka parah di pedesaan Aleppo barat pada Senin (20/02). Pasukan oposisi mengatakan bahwa serangan udara Rusia dan tembakan meriam tidak menghalangi mereka untuk melakukan serangan.

Selasa, 21/02/2017 19:40 0

Irak

Menhan AS: Perang Melawan ISIS Akan Berlangsung Lama

Hal itu ia sampaikan dalam konferensi pers selama kunjungan di ibukota Iraq, Baghdad selang satu hari setelah peluncuran operasi militer Iraq yang bertujuan untuk mendapatkan kembali bagian barat Mosul dari kontrol ISIS.

Selasa, 21/02/2017 18:41 0

Malaysia

Korut Diduga Ingin Tutup Kasus Pembunuhan Kim Jong-Nam

Motif pihak Korea Utara yang mendesak pengembalian jenazah Kim Jong-Nam yang tewas pekan lalu dipertanyakan. Pasalnya, Kedutaan Korut terlihat mencoba menghalang-halangi proses autopsi yang akan dilakukan oleh Malaysia.

Selasa, 21/02/2017 17:00 0

Eropa

Ratusan Ribu Pendemo Tuntut Pemerintah Spanyol Tampung Lebih Banyak Pengungsi

Sejauh ini, pemerintah Spanyol hanya menerima 1.100 pengungsi, yang sebelumnya telah berjanji akan menerima lebih dari 17.000 pengungsi.

Selasa, 21/02/2017 16:17 0

Belanda

Dalam Kampanye, Politisi Belanda Ini Kembali Hina Muslim

Organisasi Muslim di Belanda mengecam komentar Geert Wilders yang menghina warga negara Maroko. Ini merupakan penghinaan kesekian kalinya yang dilakukan oleh politisi anti-Islam tersebut.

Selasa, 21/02/2017 15:10 0

Analisis

Manifesto Zuckerberg, Sebuah Cetak Biru untuk Menghancurkan Jurnalisme

Pada hari Kamis (16/02), sebuah manifesto baru secara panjang lebar dirilis dan dipublikasikan Zuckerberg melalui Facebook.

Selasa, 21/02/2017 14:35 0

Amerika

Dubes Rusia untuk PBB Mati Mendadak di New York

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, mati mendadak di ruang kerjanya di New York, Amerika Serikat, pada Senin (20/02). Churkin mewakili Rusia di PBB sejak 2006 silam dan ditetapkan duta besar Rusia permanen.

Selasa, 21/02/2017 11:07 0

Myanmar

Tolak Pengungsi Rohingya, Bangladesh Minta Internasional Atasi Pemerintah Myanmar

Menteri Luar Negeri Bangladesh, Senin (20/02), menyeru masyarakat internasional menindak pemerintah Myanmar atas perlakuannya terhadap minoritas etnis muslim Rohingnya. Hal itu ditegaskan bukan karena Bangladesh simpati terhadap warga Rohingnya, namun lebih untuk menjaga wilayahnya dari banjiran pengungsi.

Selasa, 21/02/2017 10:02 0

Video Kajian

Bedah Buku : Tarbiyah Jihadiyah [Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I] Bag 1

KIBLAT.NET – Jihad merupakan tonggak dan penyangga fondasi Islam, bahkan ia merupah puncak urusan Islam....

Selasa, 21/02/2017 09:46 0

Suriah

Bom Rakitan Tewaskan Empat Penasihat Militer Rusia di Homs

Sedikitnya empat perwira militer Rusia tewas dan sejumlah lainnya luka-luka ketika mobil yang mereka tumpangi hancur dihantam oleh bom pinggir jalan di wilayah Homs. Saat itu, mobil tersebut tengah berkonvoi bersama militer Suriah.

Selasa, 21/02/2017 08:06 0

Close