Beredar Video Milisi Peshmerga Irak Tembaki Pengungsi Etnis Arab

KIBLAT.NET, Mosul – Pengguna media sosial beberapa saat lalu saling membagi video kekejaman etnis yang dilakukan milisi Kurdi Peshmerga terhadap pengungsi etnis Arab Irak. Jika video ini benar, menguatkan laporan sejumlah organisasi kemanusiaan bahwa milisi Peshmerga melakukan pembantaian etnis.

Seperti dilansir dari Al-Jazeera, Selasa (21/02), seorang anggota milisi Kurdi itu memberondong pengungsi suku Al-Jabur dengan senjata. Suku Al-Jabur merupakan warga keturunan Arab yang tinggal di Irak utara.

Terdengar teriakan histeris dari para pengungsi. Para militan Kurdi juga mengeluarkan kata-kata dengan dialek Kurdi yang tidak dapat dipahami.

Video tersebut nampaknya diambil oleh seorang militan Kurdi dari hanphonenya.

Beberapa hari sebelumnya, Komite HAM di Parlemen Irak memerintahkan membentuk komite khusus menyelidiki video yang memperlihatkan milisi Peshmerga menyerang para pengungsi Arab, yang lari dari wilayah-wilayah ISIS di Irak utara.

Video yang viral di dunia maya itu melihatkan sejumlah anggota Pehsmerga memukil para pengungsi Arab dari distrik Huwaijah di Mosul. Para pengungsi itu dipaksa kembali ke kampung mereka yang menyaksikan pertempuran.

Sementara itu, Organisasi Amnesty International dan HRW juga telah melaporkan bahwa milisi Peshmerga melakukan kampanye kejahatan terhadap warga Arab Sunni di provinsi Kirkuk dan Ninaveh. Kedua organisasi internasional itu menganggap pelanggaran itu kejahatan perang.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat