... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Analis Militer Yordania: Terdesak di Iraq, Prioritas ISIS Beralih ke Suriah

Foto: Pasukan ISIS

KIBLAT.NET, Mosul – Pasukan ISIS dilaporkan telah membanjiri Suriah selatan dan menuju Damaskus. Dari Mosul, Iraq utara mereka membawa perlengkapan militer lengkap sejak Desember tahun lalu.

“ISIS menyimpulkan tidak ada harapan untuk memenangkan pertempuran Mosul. Prioritasnya kepada pertempuran untuk Suriah,” kata analis militer independen di Yordania.

Ketika wilayahnya di Iraq menyusut, ISIS telah memperluas kehadirannya di Suriah. Banyak pejuang bersenjata berat telah berusaha untuk menyusup ke daerah Ghouta, ke selatan dan timur Damaskus.

ISIS juga membangun fasilitas penyimpanan senjata di Tal Asfer, di tepi timur Sweida, sebuah kota yang didominasi oleh anggota masyarakat minoritas Druze Suriah. Sweida tetap di bawah kendali pasukan yang setia kepada Bashar Assad. Dan memperkuat posisinya di Bir Qassab, sebuah desa strategis penting di timur laut Damaskus.

Pasukan asing yang tergabung dengan ISIS juga telah menempati Deir Zour, Homs dan Palmyra. ISIS mengambil alih Palmyra pada Mei 2015, yang kemudian didesak oleh kampanye militer Rusia-Suriah. Meski demikian, ISIS kembali melakukan kontrol di kota tua itu pada Desember lalu, ketika pasukan pemerintah Suriah menarik diri.

Peta pergerakan ISIS dari Iraq ke Suriah

Konvoi pasukan ISIS dengan senjata lengkap, termasuk senjata anti-pesawat, tampak bergerak melalui Badia, Suriah. Badia adalah tempat yang luas dan jarang penduduknya, berupa gurun yang menghubungkan timur laut dan selatan Suriah dengan barat Iraq. Selain itu di wilayah itu juga membentang padang rumput yang mencapai timur laut Yordania.

Sebagian besar wilayah Badia tampaknya berada di bawah kontrol ISIS secara de-facto. Ini menjadi peringatan bagi pemerintah Yordania dan pusat Militer Komando Operasi (MOC) di Amman. Yordania diketahui memberi dukungan penasihat militer kepada oposisi moderat dalam pertempuran melawan Bashar Assad dan ISIS di wilayah selatan.

“Badia merupakan daerah yang subur untuk ISIS. Jika mereka bisa mengendalikannya, akan sulit untuk mengusir mereka keluar dari sana,” kata seorang senior dari oposisi yang terlibat dalam operasi di Suriah selatan.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: Jumlah pasti pasukan ISIS di...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Pemberhentian Ahok, DPR: Keputusannya di Presiden

Fadli menjelaskan, bahwa fungsi DPR diantaranya adalah pengawasan, bukan pengambil keputusan. Hak yang melekat dalam DPR adalah hak bertanya, hak angket, hak interplasi, dan hak menyampaikan pendapat. Namun sekali lagi ia menegaskan bahwa pengambilan keputusan adalah wewenang presiden.

Rabu, 22/02/2017 13:15 0

Indonesia

Ini Lima ‘Dosa’ Habib Rizieq Versi Pak Polisi

Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR RI, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian mengutarakan beberapa kasus terkait Habib Rizieq Syihab yang tengah diproses hukum.

Rabu, 22/02/2017 12:47 0

Opini

‘Emak-emak’ dalam Panggung Sejarah Indonesia

Dalam perjuangan bangsa ini, wanita tak pernah luput dalam sinergi memperjuangkan kemerdekaan negeri. Selama ratusan tahun penjajahan atas bangsa ini, kita mengenal banyak sosok wanita baja dalam panggung sejarah perjuangan Indonesia.

Rabu, 22/02/2017 10:44 0

Artikel

Amar Makruf Nahi Mungkar Menurut Syekh Abdul Qadir Jailani

Abdul Qadir berpandangan bahwa amar makruf nahi munkar adalah asas terpenting untuk memelihara masyarakat dan mengatur kebaikan di dalamnya, meskipun masih banyak kerusakan-kerusakan yang tertinggal di sana.

Rabu, 22/02/2017 10:17 0

Indonesia

Bacaan Al-Qur’an Bocah Yatim Ini Bikin Haru Peserta Aksi 212

Zahri (10 th), santri Pondok Tahfidz Yatim Dhuafa Tasikmalaya, turut hadir dalam Aksi 212 jilid II yang digelar di depan Gedung DPR RI, Selasa (21/02) kemarin.

Rabu, 22/02/2017 09:08 0

Indonesia

Fadli Zon: Gara-gara Ahok, Hukum di Indonesia Sakaratul Maut

Ia menilai penyebabnya adalah tidak adilnya aparat dalam menegakkan hukum, terutama dalam penanganan kasus Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama yang menjadi terdakwa penistaan agama.

Rabu, 22/02/2017 08:38 0

Indonesia

Kesalahan Dalam BAP Tak Masalah, yang Penting Ada Pelanggaran Hukum

Pakar Hukum Pidana, Prof. Mudzakir mengatakan bahwa dalam melakukan pelaporan suatu kasus, masyarakat tidak perlu mengetahui soal pasal yang bersangkutan dengan tindak pidana.

Rabu, 22/02/2017 06:48 0

Indonesia

Ketika Habib Rizieq Tenangkan Massa 212 yang Soraki Wakil Ketua Komisi III

Komisi III DPR RI akhirnya menemui massa Aksi 212 Jilid II di depan gedung DPR RI, Selasa (21/02). Di antara yang hadir adalah Ketua Komisi III, Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Mulfachri Harahap, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Pandjaitan, Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani dan Fahira Idris.

Rabu, 22/02/2017 06:15 0

Indonesia

Saksi Ahli Hukum Pidana Tekankan Ahok Singgung Al-Maidah 51 Sengaja

Pakar Hukum Pidana Universitas Islam Indoensia (UII) Yoogyakarta, Prof. Mudzakir mengungkapkan bahwa Ahok telah berulang kali menyinggung Al-Maidah 51.

Rabu, 22/02/2017 06:00 0

Indonesia

KAMMI Tegaskan Ahok Tak Layak Pimpin Jakarta, Ini Alasannya

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), menegaskan masyarakat DKI Jakarta untuk memilih calon gubernur yang muslim dan amanah. Pesan itu disampaikanya dalam orasi saat meramaikan Aksi 212 Jilid II untuk menuntut pemberhentian terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan stop kriminalisasi ulama pada Selasa, (21/2), di depan Gedung DPR RI.

Rabu, 22/02/2017 05:44 0

Close