... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Galeri

Bedah Buku : Tarbiyah Jihadiyah [Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I] Bag 1

KIBLAT.NET – Jihad merupakan tonggak dan penyangga fondasi Islam, bahkan ia merupah puncak urusan Islam. Jihad merupakan cara untuk menjaga dan menolong negeri-negeri kaum muslimin dari setiap penjajahan dan penindasan. la merupakan peri kokoh yang bisa menjaga keberlangsungan dakwah dari gangguan moncong senj, musuh-musuh Islam, la merupakan sarana atau alat yang bisa menjaga Maqasl Asy-Syari’ah (Tujuan-Tujuan Syariat) sehingga agama, jiwa, harta, akal, nasab dan kehormatan bisa terlindungi.

Jika jihad merupakan bagian terpenting dalam agama, demikian juga deng pendidikan jihad yang merupakan bagian dari pendidikan Islam. Ketika ada kalangan yang memandang sinis ajaran jihad maka secara otomatis mereka juga tidak peduli dengan pendidikan jihad. Padahal, jihad di sini memiliki pengertian umum dan khusus sehingga bukan hanya dimaknai perang.

Buku ini bersumber dari karya akademik penulis dan sudah teruji sebagai disertasi yang berhasil dipertahankan secara ilmiah. Di dalam buku ini, penulis menguraikan bagaimana pendidikan jihad menjadi kewajiban bagi seluruh pendidik dan pengajar, bahkan sebenarnya juga merupakan kewajiban negara. Penulis menjadikan kitab Al-Jihad wa As-Siyar dalam Shahih Bukhari sebagai objek kajiannya dengan mengacu kepada empat komponen pendidikan, yaitu tujuan pendidikan jihad, program pendidikan jihad, metode pendidikan jihad, dan evaluasi pendidikan jihad.

Pemilihan Imam Bukhari tentunya bukan tanpa alasan. Beliau tidak hanya sekedar dikenal sebagai ulama ahli hadits atau ulama fikih atau seorang sejarawan saja akan tetapi beliau juga dikenal sebagai sosok murabbi (pendidik). Bahkan, Imam Bukhari merupakan ulama hadits pertama yang meletakkan hadits-hadits seputar jihad secara sistematis dalam kitab Shahihwya. Jadi, sudah selayaknya pendidikan jihad dalam kitab tersebut ditulis dalam sebuah buku. Semoga faedah-faedahnya tersebar luas dan manfaatnya kembali kepada pribadi dan umat.

Nah, dalam video ini kandungan buku tersebut akan langsung dibedah oleh penulisnya sendiri yaitu Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I. Penasaran ? Yuk, kita simak !

Video dapat dilihat dan diunduh di sini.

(Abdullah Muhammad)


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ketua Parmusi Minta DPR Ingatkan Jokowi pada Doanya Saat Umrah

Usamah Hisyam, Ketua DPP Parmusi, yang datang bersama rombongan forum umat Islam, dan GNPF MUI menyampaikan uneg-unegnya ke pimpinan DPR RI di gedung Nusantara III, Kompleks Parlamen, Senayan, Jakarta, Senin (20/2) siang.

Selasa, 21/02/2017 08:58 0

Suriah

Bom Rakitan Tewaskan Empat Penasihat Militer Rusia di Homs

Sedikitnya empat perwira militer Rusia tewas dan sejumlah lainnya luka-luka ketika mobil yang mereka tumpangi hancur dihantam oleh bom pinggir jalan di wilayah Homs. Saat itu, mobil tersebut tengah berkonvoi bersama militer Suriah.

Selasa, 21/02/2017 08:06 0

Indonesia

Kunjungi Muhammadiyah, Dubes Cina Singgung Tenaga Kerja Asing

Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, Xie Feng menyinggung soal tenaga Cina. Xie Feng memberikan informasi bahwa di Indonesia, tenaga kerja Cina tidak lebih dari 20.000 orang.

Selasa, 21/02/2017 05:30 0

Indonesia

Ahok Tak Juga Dicopot, Parmusi Ajukan Gugatan ke PTUN 

Kedatangannya ke PTUN dalam rangka untuk mengajukan gugatan yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo terkait dengan aktifnya kembali terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Selasa, 21/02/2017 05:12 0

Indonesia

DPR Tegaskan Aksi 21 Februari Dilindungi Konstitusi, Tak Boleh Dilarang

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon, dalam Audiensi dengan Forum Umat Islam (FUI), mengizinkan aksi 212 besok Selasa 21 Februari 2017, yang digelar di Depan Gedung DPR.

Senin, 20/02/2017 22:53 0

Suriah

Jet Koalisi AS Targetkan Anggota Tahrir Al-Syam

Jet tempur koalisi AS, Senin pagi (20/02), kembali menargetkan pejuang Islamis di wilayah Idlib, yang sepenuhnya dibebaskan. Serangan kali ini menargetkan pejuang dari Hai'ah Tahrir Al-Syam (HTS) pimpinan Abu Jabir Al-Syaikh

Senin, 20/02/2017 22:37 0

Suriah

Setidaknya 100 Pasukan Assad Tewas dalam Pertempuran Dara’a

Ruang komando operasi Al-Bunyan Al-Marsuus pada Sabtu (18/02), mengumumkan keberhasilannya dalam operasi akhir tahap pertama dan kedua dalam pertempuran Dara'a.

Senin, 20/02/2017 21:30 0

Arab Saudi

Tolak Dialog dengan Iran, Menlu Saudi: Teheran Sponsor Utama Terorisme

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, menolak ajakan Kepala Parlemen Iran, Ali Larijani, untuk berdialog mengenai terorisme. Lebih dari itu, al-Jubeir menyebut bahwa Iran sebagai sponsor utama terorisme di dunia.

Senin, 20/02/2017 20:50 0

Inggris

Koran Inggris Ungkap Upaya Pembunuhan Para Pemimpin di Eropa oleh Rusia

Koran Inggris The Sunday Telegraph mengungkapkan gagalnya upaya Rusia untuk membunuh para pemimpin Eropa dan menggulingkan pemerintahannya. Demikian dikutip dari situs Arabi21, Ahad (19/02).

Senin, 20/02/2017 20:14 0

Indonesia

DPR Imbau Seluruh Elemen Masyarakat Hormati Aksi 212 Besok

Dalam aksi 212 atau 21 Februari 2017 di kawasan Gedung DPR Jakarta, besok, pimpinan DPR mengimbau, peserta aksi ormas Islam yang akan datang tertib. Aksi yang digagas oleh Forum Umat Islam (FUI) itu dimulai sejak pagi hari hingga petang.

Senin, 20/02/2017 19:30 0

Close