... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dahnil: Ahok Tak Diberhentikan, Pemerintah Melanggar Konstitusi

Foto: Basuki Tjahaja Purnama aslias Ahok

KIBLAT.NET, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok seharusnya dicopot dari jabatannya berdasar Pasal 83 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014. Namun, hingga cuti Pilkada terdakwa penodaan agama itu tak kunjung diberhentikan dari jabatannya.

Terkait hal ini, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak memandang bahwa pemerintah telah melanggar konstitusi negara dengan tidak menjalankan UU tersebut. Seorang kepala atau wakil kepala daerah seharusnya diberhentikan sementara atas jika melakukan tindak pidana dengan kurungan paling singkat 5 tahun.

“Kami berharap pemerintah tetap bekerja dalam koridor hukum, kalau kemudian hukum atau konstitusi menyatakan Ahok harusnya berhenti. Pemerintah harusnya mematuhi hukum itu, kalau tidak, ya terang pemerintah melanggar konstitusi,” ujarnya pada Kiblat.net, di Jakarta, Senin (13/02).

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) dapat memberhentikan Ahok, karena saat ini Ahok didakwa kasus penistaan agama, dan persidangan pun masih berlangsung.

“Seharusnya Mendagri memberhentikan Ahok. Kalau tidak, ya jelas pemerintah telah berlaku inkonstitusional,” tegas Dahnil.

Ia pun menghimbau Presiden Joko Widodo selaku kepala negara agar dapat merealisasikan UU tersebut sesuai desakan masyarakat, yaitu memberhentikan Ahok dari jabatannya sebagai gubernur DKI Jakarta.

“Hendaknya Jokowi untuk menindak lanjuti desakan (pemberlakukan) undang-undang, untuk memberhentikan saudara Basuki,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

Ditolak Bekerja karena Hijab, Gugatan Muslimah Korban Diskriminasi Dikabulkan

Pengadilan Jerman memenangkan seorang guru wanita Muslimah korban diskriminasi. Muslimah tersebut ditolak bekerja di sebuah sekolah umum hanya karena dia mengenakan jilbab.

Selasa, 14/02/2017 22:45 0

Suriah

Bukti Rezim Suriah Gunakan Senjata Terlarang Kembali Ditemukan

Pasukan rezim Suriah menggunakan senjata kimia dalam pertempuran Aleppo. Temuan ini dilaporkan oleh lembaga HAM dalam sebuah laporan khusus.

Selasa, 14/02/2017 22:30 0

Amerika

Puluhan Ribu Massa Lancarkan Aksi Protes Anti-Trump di Meksiko

Puluhan ribu massa turun ke jalan melancarkan aksi anti-Trump di lebih 20 kota di Meksiko. Aksi ini merupakan bentuk protes atas kebijakan Trump yang membangun tembok pembatas sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Selasa, 14/02/2017 22:15 0

Suriah

Serangan Udara Assad dan Rusia Targetkan Rumah Sakit Dara’a

Sebelas orang tewas dan lainnya luka-luka akibat serangan udara Rusia dan rezim Assad. Serangan udara juga menyasar ke lokasi vital seperti rumah sakit di Dara'a.

Selasa, 14/02/2017 21:50 0

Artikel

Kriminalisasi Ulama, Upaya Redam Kebangkitan Umat

Hingga Allah SWT membalikkan semuanya melalui kasus Al-Maidah ini. Melalui kasus ini, optimisme umat bangkit. Shubuh berjamaah semakin marak, pengajian-pengajian banyak diisi orasi yang membakar semangat. Muncul optimisme untuk menjadi pemegang panji Islam akhir zaman

Selasa, 14/02/2017 21:42 0

Malaysia

CEO Sinergi Foundation Jadi Pembicara Konferensi Internasional Filantropi Islam

Sebagai salah satu lembaga yang memiliki kiprah panjang dalam menggiatkan wakaf, Sinergi Foundation (SF) diminta menjadi salah satu pembicara dalam konferensi. CEO SF, Ima Rachmalia berkesempatan menjelaskan terkait salah satu program SF, Firdaus Memorial Park, dan mengupas masalah di balik pemakaman di Indonesia.

Selasa, 14/02/2017 19:59 0

Palestina

Larang Adzan, Otoritas Palestina dan Hamas Kecam Israel

Otoritas Palestina dan Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (Hamas) mengecam RUU Israel tentang larangan Adzan mengunakan pengeras suara. RUU tersebut dianggap rasis dan melanggar hak kebebasan beragama.

Selasa, 14/02/2017 19:59 0

Tazkiyah

Belajar Bersyukur Ala Luqman Al-Hakim

Al-Qur’an menegaskan bahwa Lukman Al-hakim adalah sosok yang diberi hikmah oleh Allah Ta’ala, firman-Nya, “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman,” yaitu pemahaman dalam agama, akal, dan kebenaran. Ibnu Katsir berkata, “Yaitu, pemahaman ilmu dan keahlian bertutur kata.”( Tafsîr Al-Qur'ân Al-Adhîm, Ibnu Katsir: III/452-453)

Selasa, 14/02/2017 15:06 0

Palestina

Kementerian Israel Sahkan RUU Larangan Adzan Pakai Pengeras Suara

Kementerian Israel membuat RUU larangan mengumandangkan Adzan mengunakan pengeras suara. RUU ini telah disetujui oleh Komite Menteri untuk Legislasi dan dilakukan akan pemungutan suara oleh parlemen.

Selasa, 14/02/2017 14:12 0

Suriah

Dokumentasi dan Hasil Sementara Operasi Gabungan Jihadis di Dara’a

Di wilayah Dara’a, kelompok-kelompok oposisi anti-Assad bernaung di bawah kamar operasi bersama untuk mengkoordinasikan operasi-operasi militer mereka yang dikenal dengan nama Al-Bunyan al-Marsus. (Nama yang sama juga digunakan oleh aliansi perlawanan di Libya, red).

Selasa, 14/02/2017 11:06 0

Close