... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gerindra Sebut Jokowi Langgar Konstitusi Demi Lindungi Ahok

Foto: Waketum Partai Gerindra, Ferry Juliantono

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ferry Juliantono menganggap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan intervensi dalam kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Hal ini, dikatakannya sebagai upaya Jokowi untuk melindungi sang petahana. Oleh sebab itu, Ferry mengatakan Jokowi telah melanggar konstitusi.

“Presiden tidak menginstruksikan kepada Mendagri untuk memberhentikan sementara Ahok sebagai Gubernur. Padalah, sudah jelas dalam UU nomor 23 tahun 2014 pasal 83 diayat 3 tertulis pemberhentian sementara Gubernur dilakukan oleh Presiden,” kata Ferry dalam pers rilisnya kepada Kiblat.net.

Sehingga, dikatakannya Jokowi diduga telah melakukan pelanggaran undang- undang dan tindakan diskriminatif dalam Pilkada DKI Jakarta. Padahal, dalam kasus mantan Gubernur Banten, Atut Chosiyah, dan mantan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, Presiden langsung mengeluarkan surat pemberhentian sementara paska keluarnya surat register perkara.

Lebih lanjut Ferry berujar, jika Ahok tidak diberhentikan sementara pada 12 Februari 2017 mendatang, Jokowi akan menerima konsekuensi baik secara yuridis, politik, maupun sosial sebagai akibat pelanggaran konstitusi. Ia menegaskan, tanggung jawab masalah ini harus diambil seluruhnya oleh Jokowi dan bukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Pelanggaran konstitusi yang dilakukan Presiden ini dilakukan secara sengaja dan terang- terangan ditengah situasi Pilkada DKI Jakarta. Ini membuktikan bahwa Presiden tidak independen dan mendukung Ahok melalui penggunaan instrument kekuasaan,” ujar mantan aktivis mahasiswa yang pernah menjadi tahanan politik tersebut.

BACA JUGA  Pemerintah Didesak Segera Terbitkan Perppu Covid-19

Kondisi ini, sambungnya semakin mengikis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah ditengah keraguan mereka terhadap Kejaksaan dan Kepolisian. Ferry menyatakan seharusnya pemerintah dapat memenuhi harapan masyarakat agar pelaksanaan pemilu berjalan adil dan jujur. Situasi seperti ini dikhawatirkan dapat menimbulkan gejolak dan mendorong masyarakat bergerak dengan caranya sendiri.

“Kecurangan ini dikhawatirkan dapat mendorong masyarakat menggunakan caranya sendiri atau people power untuk berhadapan dengan pemerintah demi tegaknya hukum dan demokrasi,” jelas Ferry.

Terakhir, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk mendukung penuh penggunaan Hak Angket di DPR RI terhadap pelanggaran konstitusi oleh Presiden.

“Kami juga meminta KPU dan Bawaslu untuk tegas terhadap pelanggaran ini. Kepada warga Jakarta, kita harus berani menyatakan sikap melawan kecurangan dan pelanggaran baik yang dilakukan oleh Gubernur Terdakwa, Ahok, maupun Presiden Jokowi,” tutup Ferry.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

CEO Sinergi Foundation Jadi Pembicara Konferensi Internasional Filantropi Islam

Sebagai salah satu lembaga yang memiliki kiprah panjang dalam menggiatkan wakaf, Sinergi Foundation (SF) diminta menjadi salah satu pembicara dalam konferensi. CEO SF, Ima Rachmalia berkesempatan menjelaskan terkait salah satu program SF, Firdaus Memorial Park, dan mengupas masalah di balik pemakaman di Indonesia.

Selasa, 14/02/2017 19:59 0

Palestina

Larang Adzan, Otoritas Palestina dan Hamas Kecam Israel

Otoritas Palestina dan Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (Hamas) mengecam RUU Israel tentang larangan Adzan mengunakan pengeras suara. RUU tersebut dianggap rasis dan melanggar hak kebebasan beragama.

Selasa, 14/02/2017 19:59 0

Tazkiyah

Belajar Bersyukur Ala Luqman Al-Hakim

Al-Qur’an menegaskan bahwa Lukman Al-hakim adalah sosok yang diberi hikmah oleh Allah Ta’ala, firman-Nya, “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman,” yaitu pemahaman dalam agama, akal, dan kebenaran. Ibnu Katsir berkata, “Yaitu, pemahaman ilmu dan keahlian bertutur kata.”( Tafsîr Al-Qur'ân Al-Adhîm, Ibnu Katsir: III/452-453)

Selasa, 14/02/2017 15:06 0

Palestina

Kementerian Israel Sahkan RUU Larangan Adzan Pakai Pengeras Suara

Kementerian Israel membuat RUU larangan mengumandangkan Adzan mengunakan pengeras suara. RUU ini telah disetujui oleh Komite Menteri untuk Legislasi dan dilakukan akan pemungutan suara oleh parlemen.

Selasa, 14/02/2017 14:12 0

Suriah

Dokumentasi dan Hasil Sementara Operasi Gabungan Jihadis di Dara’a

Di wilayah Dara’a, kelompok-kelompok oposisi anti-Assad bernaung di bawah kamar operasi bersama untuk mengkoordinasikan operasi-operasi militer mereka yang dikenal dengan nama Al-Bunyan al-Marsus. (Nama yang sama juga digunakan oleh aliansi perlawanan di Libya, red).

Selasa, 14/02/2017 11:06 0

Artikel

Rumput Agama Kita Lebih Hijau

Apabila fenomena ‘iri’ ini berhenti pada perkara-perkara dunia, mungkin masih bisa dikatakan wajar, meskipun Islam juga mengharuskan umatnya bersifat qona’ah (menerima karunia Allah dengan lapang dada, baik sedikit maupun banyak). karena dampak dan konsekuensinya jauh lebih ringan daripada ‘iri’ terhadap ajaran agama lain.

Selasa, 14/02/2017 10:00 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Pimpin Pertempuran di Front Daraa

Pada hari Ahad (12/02), aliansi jihadis yang baru terbentuk Haiah Tahrir al-Syam (HTS) bersama sejumlah kelompok oposisi sekutu HTS lainnya melancarkan serangan terkoordinasi terhadap pasukan rezim Assad di bagian selatan kota Dara’a.

Selasa, 14/02/2017 09:49 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Ultimatum Liwa Aqsha

Hai'at Tahrir Al-Syam (HTS), Senin (13/02), mengultimatum kelompok Liwa Aqsha untuk segera bertaubat dari pemahaman takfiri (serampangan mengkafirkan Muslim). Sebelumnya sejumlah anggota Dewan Syariah HTS menggelar pertemuan dengan para petingi Liwa Aqsha untuk berdiskusi dan menyampaikan nasihat.v

Selasa, 14/02/2017 09:32 0

Suriah

Laporan HRW: Rezim Assad Gunakan Bom Kimia Selama Pertempuran Aleppo

Human Right Watch (HRW) menyatakan bahwa rezim Assad telah melakukan "serangan kimia terkoordinasi" dalam pertempuran terakhir di Aleppo beberapa bulan lalu. Lembaga internasional itu mengungkapkan bahwa pasukan rezim Assad telah menjatuhkan gas klorin selama 8 kali di daerah pemukiman warga.

Selasa, 14/02/2017 08:33 0

Palestina

Hamas Angkat Pemimpin Baru Gantikan Ismail Haniyah

Perlawanan Gerakan Islam Palestina, Hamas, memilih Yahya Al-Sinwar sebagai pemimpin baru di Jalur Gaza pada Senin (13/02). Al-Sinwar menggantikan mantan Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah, yang meraih mayoritas suara dalam pemilihan anggota parlemen Palestina pada tahun 2006.

Selasa, 14/02/2017 06:17 0

Close