... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Belajar Bersyukur Ala Luqman Al-Hakim

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Al-Qur’an menegaskan bahwa Lukman Al-hakim adalah sosok yang diberi hikmah oleh Allah Ta’ala, firman-Nya, “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Luqman,” yaitu pemahaman dalam agama, akal, dan kebenaran. Ibnu Katsir berkata, “Yaitu, pemahaman ilmu dan keahlian bertutur kata.”( Tafsîr Al-Qur’ân Al-Adhîm, Ibnu Katsir: III/452-453)

Kemudian Allah Ta’ala perintah kepada Lukman Al-Hakim, “Bersyukurlah kepada Allah.” (Luqmân: 12).

Ayat di atas, menurut Ibnu Jarir Maksudnya adalah pujilah Allah atas karunia-Nya yang diberikan kepadamu.” Ibnu Jarir menjadikan firman Allah tersebut sebagai penafsiran dari hikmah, karena sebagian dari hikmah yang diberikan kepada Luqman adalah rasa syukurnya kepada Allah atas pemberian dari-Nya. (Tafsîr Ath-Thabari, Ibnu Jarir Ath-Thabari: X/209)

Ibnu Katsir juga menjelaskan, “Maknanya, Kami perintahkan Luqman untuk bersyukur kepada Allah ‘Azza Wa Jalla atas karunia yang diberikan kepadanya dan hanya diberikan kepadanya, bukan kepada orang yang lain dan yang semasa dengannya.” (Tafsîr Al-Qur’ân Al-Adhîm, Ibnu Katsir: III/453)

Sementara itu, Sayyid Quthb menguraikan bahwa ayat tersebut adalah arahan Qur’ani secara eksplisit untuk bersyukur kepada Allah serta mengikuti orang bijak yang ditunjuk untuk menuturkan kisah dan firman-Nya.” (Fî Dzilâlil Qur’ân, Sayyid Quthb: V/2787)

Semuanya Kembali kepada Dirinya Sendiri

Masih pada ayat yang sama, Allah ta’ala melanjutkan:

وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ

“…Dan barang siapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri ….”(Luqman: 12)

Ibnu Katsir menjelaskan, “Maksudnya adalah manfaat bersyukur dan pahalanya itu kembali kepada mereka yang bersyukur. Hal ini berdasarkan firman Allah:

‘Dan barang siapa yang beramal saleh, maka untuk diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang menyenangkan)’.” (Ar-Rûm: 44).

Penjelasan yang sama juga diungkapan oleh Sayyid Quthb, “Di samping arahan eksplisit ini, terdapat arahan lain. Yaitu, bersyukur kepada Allah sebenarnya adalah simpanan yang kelak bisa bermanfaat bagi orang yang bersyukur, sedangkan Allah tidak memerlukannya.” (Fî Dzilâlil Qur’ân, Sayyid Quthb: V/2787)

Lalu di penghujung ayat tersebut, Allah ta’ala berfirman:

وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

 “Dan barang siapa yang kufur (tidak bersyukur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.” (Luqmân: 12).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di menerangkan, “Allah mengabarkan tentang karunia-Nya terhadap hamba-Nya yang mulia, Luqman, yang berupa hikmah. Yaitu, ilmu kebenaran sesuai dengan esensi dan hikmahnya. Hikmah adalah mengetahui hukum dan rahasia serta hukum yang tersirat di dalamnya. Bisa jadi, seseorang yang berilmu bukan seorang ahli hikmah. Karena, hikmah mengharuskan adanya ilmu, bahkan amal. (Tafsir Taisîr Al-Karîm Ar-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di: VI/154-155)

Oleh karena itu, hikmah diartikan sebagai ilmu yang bermanfaat dan amal saleh. Karena Allah memberinya karunia agung ini, Dia menyuruh Luqman untuk bersyukur kepada-Nya atas apa yang diberikan agar diberkahi dan diberi karunia lebih.

Allah memberitahukan kepada Luqman bahwa syukur seseorang manfaatnya akan kembali pada dirinya sendiri. Siapa pun yang kufur dan tidak mensyukuri Allah, kerugiannya akan menimpa dirinya sendiri. “Sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” atas takdir dan putusan-Nya dan terhadap orang yang membangkang terhadap perintah-Nya.

 

Penulis : Fakhruddin

Diringkas dari buku; Wisdom Of Lukman El-Hakim, karya Ibrahim Abdul Muqtadir, Penerbit Aqwam, Solo.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Kementerian Israel Sahkan RUU Larangan Adzan Pakai Pengeras Suara

Kementerian Israel membuat RUU larangan mengumandangkan Adzan mengunakan pengeras suara. RUU ini telah disetujui oleh Komite Menteri untuk Legislasi dan dilakukan akan pemungutan suara oleh parlemen.

Selasa, 14/02/2017 14:12 0

Suriah

Dokumentasi dan Hasil Sementara Operasi Gabungan Jihadis di Dara’a

Di wilayah Dara’a, kelompok-kelompok oposisi anti-Assad bernaung di bawah kamar operasi bersama untuk mengkoordinasikan operasi-operasi militer mereka yang dikenal dengan nama Al-Bunyan al-Marsus. (Nama yang sama juga digunakan oleh aliansi perlawanan di Libya, red).

Selasa, 14/02/2017 11:06 0

Artikel

Rumput Agama Kita Lebih Hijau

Apabila fenomena ‘iri’ ini berhenti pada perkara-perkara dunia, mungkin masih bisa dikatakan wajar, meskipun Islam juga mengharuskan umatnya bersifat qona’ah (menerima karunia Allah dengan lapang dada, baik sedikit maupun banyak). karena dampak dan konsekuensinya jauh lebih ringan daripada ‘iri’ terhadap ajaran agama lain.

Selasa, 14/02/2017 10:00 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Pimpin Pertempuran di Front Daraa

Pada hari Ahad (12/02), aliansi jihadis yang baru terbentuk Haiah Tahrir al-Syam (HTS) bersama sejumlah kelompok oposisi sekutu HTS lainnya melancarkan serangan terkoordinasi terhadap pasukan rezim Assad di bagian selatan kota Dara’a.

Selasa, 14/02/2017 09:49 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Ultimatum Liwa Aqsha

Hai'at Tahrir Al-Syam (HTS), Senin (13/02), mengultimatum kelompok Liwa Aqsha untuk segera bertaubat dari pemahaman takfiri (serampangan mengkafirkan Muslim). Sebelumnya sejumlah anggota Dewan Syariah HTS menggelar pertemuan dengan para petingi Liwa Aqsha untuk berdiskusi dan menyampaikan nasihat.v

Selasa, 14/02/2017 09:32 0

Suriah

Laporan HRW: Rezim Assad Gunakan Bom Kimia Selama Pertempuran Aleppo

Human Right Watch (HRW) menyatakan bahwa rezim Assad telah melakukan "serangan kimia terkoordinasi" dalam pertempuran terakhir di Aleppo beberapa bulan lalu. Lembaga internasional itu mengungkapkan bahwa pasukan rezim Assad telah menjatuhkan gas klorin selama 8 kali di daerah pemukiman warga.

Selasa, 14/02/2017 08:33 0

Palestina

Hamas Angkat Pemimpin Baru Gantikan Ismail Haniyah

Perlawanan Gerakan Islam Palestina, Hamas, memilih Yahya Al-Sinwar sebagai pemimpin baru di Jalur Gaza pada Senin (13/02). Al-Sinwar menggantikan mantan Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah, yang meraih mayoritas suara dalam pemilihan anggota parlemen Palestina pada tahun 2006.

Selasa, 14/02/2017 06:17 0

Suriah

Meski Gencatan Senjata, 21 Anak Tewas di Suriah dalam Sepekan

UNICEF melaporkan bahwa setidaknya terdapat 21 anak-anak yang tewas di Suriah selama 1 minggu terakhir. Meskipun gencatan senjata masih berlaku, pasukan Bashar Assad tetap menargetkan mereka di provinsi Idlib barat laut Suriah.

Selasa, 14/02/2017 05:27 0

Pakistan

Tak Sesuai Islam, Pakistan Larang Perayaan Hari Valentine

Sebuah pengadilan tinggi di Islamabad, Pakistan mengesahkan larangan merayakan Hari Valentine di seluruh negeri. Keputusan itu diambali lantaran perayaan tersebut bukan bagian dari tradisi Muslim.

Selasa, 14/02/2017 04:32 0

Indonesia

PP Muhammadiyah Keluarkan Imbauan Jelang Pilkada

"Aparatur keamanan hendaknya mengerahkan segenap kemampuan untuk menjaga netralitas negara dalam penyelenggaraan pilkada,"

Senin, 13/02/2017 22:24 0

Close