... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Petinggi Hizbullah Iraq Dibunuh OTK di Kota Mayoritas Syiah

Foto: Bassem Al-Moussawi, sekjen Hizbullah (Iraq)

KIBLAT.NET, Basra – Seorang pemimpin senior dalam kelompok Hizbullah Iraq dibunuh tadi malam di kota yang didominasi Syiah Basra selatan menurut sumber polisi setempat dan aktivis media sosial.

“Bassem Al-Moussawi, sekjen Hizbullah (Iraq), tewas kemarin ketika penyerang tak dikenal menembaki mobilnya di distrik Al-Hayyaniya provinsi Basra,” kata juru bicara kepolisian Basra, Mayor Jumaa Al-Hamrani, kepada Anadolu Agency.

“Rekan Al-Mousawi terluka dalam serangan itu, setelah orang-orang bersenjata berhasil melarikan diri TKP,” imbuhnya.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu. Namun, Basra diketahui berada di bawah kendali beberapa kelompok militan Syiah, di mana masing-masing bersaing satu sama lain untuk memperebutkan wilayah dan pengaruh yang lebih besar.

Syiah Hizbullah dan Milisi al-Hashd Asy-Sya’bi

Kelompok Hizbullah Iraq memiliki hubungan dekat dengan organisasi Syiah Hizbullah Lebanon. Keduanya sama-sama langsung dipersenjatai, didanai dan dilatih oleh Iran. Hizbullah Iraq juga menjadi salah satu faksi dalam milisi al-Hashd al-Sya’bi atau dikenal dengan Angkatan Mobilisasi Populer (PMF), sebuah organisasi paramiliter Syiah.

Milisi ini didirikan pada tahun 2014 menyusul fatwa Ayatollah Ali Sistani untuk memerangi ISIS. Al-Hashd al-Sya’bi diperkirakan memiliki lebih dari 150.000 pejuang.

Amnesty International dan Human Right Watch memuat laporan bahwa milisi ini kerap melakukan tindak kekerasan dan pelanggaran HAM terhadap warga Sunni Iraq, seperti penyiksaan, pemerkosaan, penculikan, dan pembunuhan.

BACA JUGA  Kantor Konsulat Iran di Najaf Kembali Dibakar Massa

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Middle East Monitor

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tuduhan Pencucian Uang, Ustadz Bachtiar Nasir Penuhi Panggilan Bareskrim

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Ustadz Bachtiar Nasir hari ini memenuhi panggilan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

Jum'at, 10/02/2017 11:21 0

Fikih

Menjalin Jari-Jemari Saat Hendak Melaksanakan Shalat, Apa Hukumnya?

“Apabila salah seorang dari kalian berwudhu di rumahnya kemudian mendatangi masjid, ia berada dalam shalat hingga ia kembali, maka jangan melakukan seperti ini, beliau menjalinkan jari-jemari beliau (satu sama lain).’” (HR. Darimi dan Al-Hakim)

Jum'at, 10/02/2017 11:00 0

Indonesia

Tiga Kali Dibom Molotov, FPI: Jangan Sampai Umat Cari Sendiri Pelakunya

Sudah kali ketiga FPI mendapat serangan bom molotov. Terakhir terjadi di di Meruya, rumah Sekjen DPW FPI Jakarta Barat. Meskipun tak ada korban jiwa, FPI mendesak polisi agar segera mengusut pelaku.

Jum'at, 10/02/2017 09:45 0

Indonesia

Polling DPR soal Sertifikasi Khatib: Mayoritas Tidak Setuju

Akun Twitter resmi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, @DPR_RI mengadakan polling terkait wacana pemerintah melalui Kementerian Agama yang akan melakukan sertifikasi terhadap khatib.

Jum'at, 10/02/2017 09:10 0

Indonesia

Ribuan Warga Muhammadiyah Siap Ikuti Aksi 112

Ribuan warga Muhammadiyah akan turut serta aksi 112. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Gerakan Nasional Komando Kawal Al-Maidah (GN KOKAM), Mashuri Mashuda.

Jum'at, 10/02/2017 08:17 0

Indonesia

Pakar Hukum UI: Pemerintah Butuh Fatwa MUI untuk Menetapkan Hukum

Ia menjelaskan bahwa fatwa MUI adalah kumpulan dari kesepakatan semua pengurus ormas Islam. Dan MUI mewakili masyarakat umum untuk menyampaikan aspirasi kegundahan yang dialami oleh masyarakat.

Kamis, 09/02/2017 22:16 0

Indonesia

Safenet: UU ITE dan Verifikasi Media Membungkam Kebebasan Berekspresi

Safenet (Southeast Asia Freedom of Expression Network) menilai, kebebasan berekspresi dan kebebasan pers di Indonesia yang baru seumur jagung ini menurun dengan kehadiran dua tembok besar, yaitu UU ITE dan verifikasi media.

Kamis, 09/02/2017 20:44 0

Indonesia

Fatwa MUI Diributkan oleh Orang yang Bukan Ahli

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Fatwa, Prof. Huzaemah T. Yanggo, gejolak yang terjadi di masyarakat soal fatwa karena ditanggapi oleh orang yang bukan ahlinya.

Kamis, 09/02/2017 20:15 0

Indonesia

Hakim MA: Menjalankan Hukum Islam Dijamin Konstitusi

Hakim Mahkamah Agung (MA), Dr. Mukti Arto menegaskan bahwa umat Islam yang menjalankan hukum Islam telah dijamin oleh konstitusi. Meskipun Indonesia bukan negara Islam.

Kamis, 09/02/2017 20:00 0

Indonesia

Hari Pers Nasional, JITU: Pengakuan Keberadaan Pers di Indonesia Masih Setengah Hati

"Jurnalis Islam Bersatu, sangat mendukung segala upaya menjadikan seluruh insan pers di negeri ini agar bekerja sesuai kaidah profesi jurnalistik. Kami bahkan ikut menerbitkan kode etik jurnalis Muslim yang prinsipnya mengajak seluruh jurnalis Muslim untuk bekerja secara profesional sesuai kaidah jurnalistik yang berlaku umum berlandaskan pada Al-Qur'an, sunnah Rasulullah SAW, dan ijma' ulama," sambung dia.

Kamis, 09/02/2017 19:28 0

Close