... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dewan Pers Sebut Penerapan Barcode Media Masih Wacana

Foto: Ketua Harian Serikat Pekerja Pers, Ahmad Djauhar.

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Harian Serikat Penerbit Surat kabar (SPS), Ahmad Djauhar mengatakan, bahwa pemberian sertifikat terverifikasi tersebut rencananya akan diikuti penerapan barcode oleh Dewan Pers. Namun dia memastikan hal itu belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Itu (pemberian barcode-red) masih wacana. Belum bisa diterapkan segera,” ujarnya.

Ia melanjutkan, bahwa penerapan barcode secara teknis untuk media cetak hingga saat ini belum dibahas. Sedang untuk media online, menurut dia, website Dewan Pers justru belum siap. Ditambahkan banyak hal teknis yang perlu disiapkan secara matang dalam penerapan barcode tersebut.

“Untuk media cetak mau dipasang dimana sih? Halaman pertama? Apa tidak malah mengganggu penampilan? Untuk media online, apakah server Dewan Pers siap jika para pengakses media yang sudah terverifikasi langsung terhubung karena ingin memastikan kebenaran barcode tersebut?,” jelas dia.

Namun demikian, Djauhar mengatakan bahwa program sertifikasi yang bersifat sukarela ini penting. Terutama untuk menata kehidupan pers ditanah air. Program yang digulirkan insan pers melalui Dewan Pers ini bertujuan untuk menciptakan kehidupan pers yang bebas, bersih, kompeten dan bertanggung jawab.

 

Reporter: Fajar Shadiq
Editor: Alamsyah

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Pria Stres Coba Bakar Diri di Depan Ka’bah

Pasukan keamanan Masjidil Haram, Senin tengah malam (06/02), menangkap seorang pria yang diduga hendak membakar diri di depan Ka'bah. Pria paruh baya itu menyiram bensin ke tubuhnya sebelum para jamaah dan pasukan keamanan bertindak cepat

Rabu, 08/02/2017 00:15 0

Irak

Pasukan Pemerintah Irak Bentrok di Mosul, Satu Perwira Tewas

Dua unit pasukan pemerintah Irak bentrok di Mosul Timur baru-baru ini. Pertempuran sesama pasukan anti ISIS itu menyebabkan seorang perwira pasukan anti terorisme Irak tewas dan tiga lainnya luka-luka.

Selasa, 07/02/2017 23:17 0

Suriah

Idlib Kembali Dibombardir Jet Asing, Puluhan Warga Tewas

Jet tempur yang diyakini milik angkatan udara Rusia, Selasa dini hari (07/02), membombardir pemukiman sipil di Provinsi Idlib, kota yang sepenuhnya dikontrol oleh pejuang. Akibatnya, 30 orang tewas menurut jumlah sementara

Selasa, 07/02/2017 22:34 0

Afrika

Lima Negara Afrika Akan Bentuk Pasukan Aliansi untuk Hadapi Jihadis di Mali

Pemimpin lima Negara tetangga Afrika (Chad, Mali, Burkina Faso, Muritania dan Niger), Senin (06/02), mengumumkan akan membentuk pasukan aliansi anti-teror untuk menghadapi kelompok-kelompok jihadis yang menggunakan Mali sebagai "basis operasi".

Selasa, 07/02/2017 21:28 0

Irak

PBB Butuh Dana Ratusan Miliar untuk Bersihkan Bom di Mosul

Para pejabat PBB mengungkapkan, Senin (06/02), bahwa program strerilisasi ranjau dan bahan peledak yang ditinggalkan oleh pejuang ISIS di kota Mosul dan sekitarnya, mungkin menghabiskan biaya $50 juta atau sekitar Rp. 666.200.000.000.

Selasa, 07/02/2017 20:47 0

Yaman

AQAP : AS Akan Membayar Mahal atas Serangan Baida

Serangan tersebut sedikitnya telah menewaskan 25 anggota AQAP, termasuk seorang wanita Saudi yang paling dicari yaitu Arwa Al-Baghdadi.

Selasa, 07/02/2017 14:28 0

Amerika

Kepres Larangan Imigran Muslim Ditangguhkan, Pengadilan AS Gelar Rapat Dengar Pendapat

Hasil RDP ini akan menentukan kelayakan Perintah Eksekutif (Kepres) tersebut. Kepres yang sempat ditangguhkan oleh Hakim Federal James Robart ini diperkirakan akan sampai ke Mahkamah Agung AS.

Selasa, 07/02/2017 12:10 0

Iran

Iran Terima 149 Ton Uranium dari Rusia

"Pengiriman pertama tiba pada tanggal 26 Januari dengan pesawat dan yang terkahir akan tiba besok, Selasa,"

Selasa, 07/02/2017 11:04 0

Myanmar

PBB Sebut Militer Bantai Etnis Muslim Rohingya, Pejabat Myanmar Membantah

Diplomat dari sejumlah negara mengikuti pertemuan di Dhaka, ibukota Bangladesh pada Ahad (05/02) menyusul dikeluarkannya laporan PBB yang mengungkap fakta pembantaian etnis Rohingya

Selasa, 07/02/2017 09:57 0

Suriah

Pasca Membom Aleppo, Jet Tempur Assad Gagal Mendarat, Pilot Tewas

Seorang pilot rezim Suriah dilaporkan tewas pada Ahad (05/02) dalam kecelakaan saat pendarata di bandara militer Nairab, provinsi Aleppo.

Selasa, 07/02/2017 07:39 0

Close