AQAP : AS Akan Membayar Mahal atas Serangan Baida

KIBLAT.NET, Sana’a – Qasim Ar-Rimi pemimpin Al-Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP) mengaku selamat dari serangan pasukan AS. Namun ia bersumpah akan membalas serangan oleh tentara AS yang banyak menewaskan anggota Al-Qaeda dan warga sipil di Baida.

Seperti dikutip dari Al-Arabiya pada Selasa, (07/02). Dalam rekaman audio berdurasi 11 menit, pemimpin AQAP Qasim Al-Rimi mengutuk keras serangan pasukan AS di perkampungan Baida pada 29 Januari lalu. Serangan tersebut sedikitnya telah menewaskan 25 anggota AQAP, termasuk seorang wanita Saudi yang paling dicari yaitu Arwa Al-Baghdadi.

Ar-Rimi menegaskan bahwa operasi yang dilakukan oleh pasukan elit AS terhadap al-Qaeda di Provinsi Baida. Dua istri anggota AQAP tewas dalam serangan ini, termasuk buronan Arwa al-Baghdadi, anaknya Osama dan saudara kandungnya Anas Al-Baghdadi. Sementara itu, istri Anas dikabar mengalami luka-luka.

Ar-Rimi yang merupakan salah seorang target operasi tersebut mengaku selamat. Pesan suara tersebut menjadi bukti bahwa dia tidak terbunuh dalam serangan tersebut.

Satu unit pasukan khusus Amerika menyerang AQAP di Yakla, Baida pada 29 Januari. AS menargetkan para anggota AQAP dan beberapa warga sipil. Selain Ar-Rimi, tokoh AQAP yang juga selamat dalam serangan itu ialah Abdillah Al-Dhahab.

Arwa Al-Baghdadi, 36 tahun merupakan salah-satu wanita yang paling dicari Saudi di jajaran anggota AQAP. Ia merupakan warga Saudi Arabiya dan sempat ditahan atas tuduhan terorisme.

BACA JUGA  Ahli Pidana Kritisi Pasal yang Disangkakan ke Habib Rizieq

Arwa pergi ke Yaman bersama anaknya Osama, saudaranya Anas alias Abu Bakar Al Baghdadi bersama istrinya. Mereka semua terbunuh dalam serangan tersebut, kecuali istri Anas.

Arwa Al-Baghdadi pernah menikah dengan anggota Al Qaeda Yassin Al- Barakati. Setelah bercerai ia pun menikah dengan Salem Al- Syaref. Arwa keluar dari penjara tahun 2012 dan melarikan diri setahun setelahnya.

Dalam pesan suara tersebut Ar Rimi megumumkan 25 korban serangan AS. Empat belas merupakan pria sedangkan sisanya wanita dan anak-anak. Daftar keempat belas korban pria antara Abdur Raouf Adz Dzahb, Sulthon Adz Dzahb, Abu Barzan Al Qify dan anaknya Abdullah, Abu Bakr Al Baghdadi alias Anas Ishom Thaher, Ahmad ubadah, Abu Nuh Al qify dan pamannya, Hamzah As Sudany, Miqdad, Hunain Ash Sana’ani, Abu Abdillah As-Sana’ani, Abi Saiful Jaufy (warga Saudi), Abu Al laits As-Sana’ani. Sedangkan dari wanita yaitu Arwa baghdadi dan keluarga Mabkhout Aly Al A’miry. Dari anak-anak, Ahmad bin Abdil Ilah Adz Dzahab dan putra saudarinya, putri Anwar Al-Aulaqy, putri Fahd Al-Qify, dan tiga putra Abu Abdillah Al-Hudhry, 0sama Asy-Syarief, Marsal Al-Akamah, Putra Anas Ishom Taher.

Sumber : Aawsat, Al-arabiya
Reporter : Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat