... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Serang ISIS di Suriah Selatan, Yordania Koordinasi dengan Assad

Foto: Jet tempur Yordania

KIBLAT.NET, Suwaida – Militer Yordania, Jumat lalu (03/01), meluncurkan serangan udara menargetkan ISIS di Provinsi Suwaida, Suriah Utara, yang berbatasan dengan Yordania. Jet tempur militer Yordania melesatkan sejumlah misil ke lokasi-lokasi penting ISIS di wilayah tersebut.

Menurut sumber yang dilansir Arabi21.com, serangan udara itu menghantam kantor komunikasi dan informasi serta gudang senjata milik ISIS. Sejumlah orang juga dilaporkan tewas dan luka-luka.

Anggota Dewan Militer Oposisi Suriah Wilayah Dara’a, Brigadir Abdul Hadi As-Sari, mengatakan bahwa serangan Yordania itu menargetkan markas ISIS di sepanjang daerah Al-Baqr hingga wilayah tenggara daerah Tal Ashfar di Provinsi Suwaida.

Komandan oposisi itu membenarkan gudang senjata milik ISIS hancur akibat serangan itu. Selain menggunakan jet tempur, imbuh As-Sari, militer Yordania juga melibatkan pesawat drone.

“Gudang senjata ISIS dipastikan hancur. Sejumlah kendaraan militer mereka juga hancur. Namun sampai saat ini belum diketahui pasti total kerugian mereka,” ujarnya.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis Sabtu (04/02), militer Yordania mengatakan bahwa pasukannya menyerang sejumlah lokasi ISIS di Suriah Selatan. Di antaranya lokasi yang sebelumnya direbut ISIS dari militer rezim.

Perlu dicatat, operasi udara Yordania ini diluncurkan di saat militer rezim menggulirkan operasi di wilayah itu. Tentara Assad dan milisi pendukungnya beberapa hari terakhir mulai bergerak untuk merebut kembali wilayahnya dari ISIS.

BACA JUGA  Ledakan Besar Guncang Pangkalan Militer di Yordania

Pengamat militer Timur Tengah, Purnawirawan Mayor Muhammad falah Al-Abadi, menegaskan bahwa operasi udara itu pasti di bawah koordinasi militer Suriah. Dia melanjutkan, tidak mungkin pesawat Yordania masuk ke jantung wilayah udara negara lain tanpa sepengatuhan atau koordinasi.

Menurutnya, serangan udara ini sebagai pesan bahwa Yordania tidak berhenti memerangi teroris. Terlebih, jika hal itu mengancam wilayahnya.

Terkait operasi yang digelar pada hari Jumat, Abadi menilai hal ini untuk memperingati kematian pilotnya, Muadz Kasasbeh. Pilot tersebut dieksekusi ISIS dengan dibakar setelah jet tempurnya berhasil ditembak jatuh.

Perlu diketahi, ISIS mengontrol sejumlah wilayah di Suriah Selatan yang berbatasan dengan Yordania. Wilayahnya membentang dari sejumlah daerah di Provinsi Suwaida hingga ke Kota Tadmur (Palmyra), Provinsi Homs.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Arabi21.com


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mantan Sekjen PKS Taufik Ridho Meninggal Dunia

"Keluarga besar PKS berduka atas wafatnya Ust. M. Taufik Ridho (Sekjen DPP PKS 2013-2015 dan 2015). Semoga almarhum husnul khatimah," cuit akun @PKSejahtera, Senin (6/2/2017).

Senin, 06/02/2017 10:17 0

Indonesia

Pengamat: Sulit untuk Melihat Kebijakan Trump Bukan Karena Sentimen Anti Muslim

Peneliti Madani Center for Development & International Studies ini mengutarakan, Presiden Donald Trump dikelilingi orang-orang ultranasionalis seperti Steve Bannon yang membenarkan retorikanya. Selain Bannon, penasihat keamanan nasional AS, Michael Flynn pernah menyebut ketakutan terhadap Muslim itu rasional.

Senin, 06/02/2017 08:20 0

Indonesia

Ketum PBNU Bantah Hadir dalam Istigosah Kebangsaan Nahdiyin Bersama Ahok

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj, membantah hadir dalam acara Istighosah Kebangsaan Warga Nahdiyin DKI Jakarta yang digelar di rumah Djan Faridz. Apalagi, berita kedatangan Said Aqil dibenarkan Taufik Damas dan juga telah disiarkan media.

Senin, 06/02/2017 07:38 1

Indonesia

PWNU DKI Jakarta Akan Tindak Tegas Pengurus yang Aktif di Istigosah Bersama Ahok

Ketersinggungan PWNU DKI Jakarta terhadap Ahok pun tampaknya tidak main-main. Mahfudz pun menegaskan, pihaknya akan menindaktegas siapapun pengurus PWNU DKI Jakarta yang ikut terlibat aktif dalam acara Istighosah Kebangsaan yang mengatasnamakan warga Nahdiyin DKI Jakarta.

Senin, 06/02/2017 07:09 0

Indonesia

MUI: Kalau Memang Benar Ada Bukti Transkrip, Tunjukkan!

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta kepada tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk membuka bukti pembicaraan Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dinilai hasil sadapan itu di pengadilan.

Senin, 06/02/2017 06:46 0

Video Kajian

Jadi Tahu : Bolehkah Membawa Anak ke Masjid ?

KIBLAT.NET – Jika ditanya apa yang menjadi gangguan sholat anda saat berjamaah di masjid ?...

Ahad, 05/02/2017 22:46 0

Indonesia

Didata Polisi, Ulama Jawa Timur: Kalau Ingin Sowan Lakukan dengan Cara Terhormat

Ulama Jawa Timur, KH. Habib Achmad Zein Alkaf merasa resah atas perlakuan Kapolda Jawa Timur yang melakukan pendataan para ulama dan tokoh setempat. Cara seperti ini, mengingatkannya dengan era masa lalu ketika PKI masih ada.

Ahad, 05/02/2017 20:24 0

Indonesia

GP Ansor: Tim Siber Ahok Masih Serang Kiai Ma’ruf Amin

Gerakan Pemuda (GP) Anshor Nahdatul Ulama mengecam tindakan Ahok beserta tim pengacaranya yang mengintimidasi Rais Aam PBNU, KH Ma’ruf Amin dalam persidangan penistaan agama ke-8 beberapa waktu lalu.

Ahad, 05/02/2017 19:04 1

Indonesia

Pendataan Ulama oleh Polisi, MUI Jawa Timur Tetap Berhusnudzon

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH. Abdussomad Buchori menanggapi positif soal pendataan ulama oleh kepolisian. Ia berhusnudzon (berprasangka baik, red), kepolisian mendata sejumlah ulama hanya untuk bersilaturahim.

Ahad, 05/02/2017 18:20 0

Artikel

Pemuda, Pemimpin Perubahan

Perubahan ada di tangan kalian wahai para pemuda, tidak ada pilihan yang lebih baik bagi kita para pemuda kecuali kita meleburkan diri dalam perjuangan ini. bersama-sama mengkaji Islam dan bergerak merubah peradaban jahiliyah menuju peradaban mulia yakni Islam.

Ahad, 05/02/2017 18:00 1

Close