... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pendataan Ulama oleh Polisi, MUI Jawa Timur Tetap Berhusnudzon

Foto: Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori
KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH. Abdussomad Buchori menanggapi positif soal pendataan ulama oleh kepolisian. Ia berhusnudzon (berprasangka baik, red), kepolisian mendata sejumlah ulama hanya untuk bersilaturahim.
“Kalau pendataan ulama, kita sebagaimana penjelasan Kapolda Jatim untuk dalam rangka silaturahim. Kalau memang gitu tujuanya saya kira biasa. Silaturahim kan menyambung persaudaraan,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Ahad (05/02).
“Jadi ulama-ulama sepuh itu di mana saja, namanya siapa. Kalau kata Kapolda begitu,” sambungnya.
Namun, pihaknya tidak mau berkomentar lebih jauh terkait pendataan ini. Meski banyak pertanyaan dari masyarakat, ia hanya menjawab seperti apa yang dikatakan oleh Kapolda.
“Inikan memang pengakuan langsung. Kita nilai dari ucapan sebagai penjelasan. Memang banyak masyarakat bertanya, saya jawabnya begitu. ini untuk silaturahim,” tuturnya.
Ia juga mengajak kepada ummat Islam untuk tetap tenang dan berdoa agar Indonesia tetap damai.
Husnudzon saja, kalau pernyataan gitu. Kita ingin damai. Dungo wae bareng bareng, ben tenterem nogorone (do’a saja bersama-sama supaya tentram negaranya),” tukasnya.
Sementara itu, tindakan kepolsian juga dikritisi oleh sejumlah kiai. Salah satunya pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH. Salahuddin Wahid.
“Saya kecewa atas adanya pendataan yang dilakukan polisi. Wajar jika para kiai resah karena tidak tahu maksud dan tujuan,” tuturnya.
Reporter: Taufiq Ishak
Editor: Fajar Shadiq

Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Pemuda, Pemimpin Perubahan

Perubahan ada di tangan kalian wahai para pemuda, tidak ada pilihan yang lebih baik bagi kita para pemuda kecuali kita meleburkan diri dalam perjuangan ini. bersama-sama mengkaji Islam dan bergerak merubah peradaban jahiliyah menuju peradaban mulia yakni Islam.

Ahad, 05/02/2017 18:00 1

Suriah

Jet Tempur Turki Serang Al-Bab, 51 Militan ISIS Terbunuh

Serangan udara Turki kembali menargetkan para militan ISIS di kota Al-Bab, Suriah utara, Sabtu (04/02). Puluhan militan dilaporkan terbunuh dan beberapa lainnya terluka.

Ahad, 05/02/2017 17:35 0

Suriah

Amunisi yang Diangkut Meledak, Lima Tentara Rusia Tewas

Sedikitnya lima tentara Rusia dilaporkan tewas dan sejumlah lainnya luka-luka setelah kendaran militer yang mereka tumpangi meledak pada Sabtu malam (04/02) di wilayah Lattakia, yang merupakan basis pendukung Bashar Assad

Ahad, 05/02/2017 16:45 0

Prancis

Paris Kembali Digegerkan Serangan “Teror”

Para pengunjung Museum Louvre dikagetkan dengan pengumuman lewat pengeras suara akan adanya percobaan serangan "teror"mpada Jum'at (03/02). Tidak ada kepanikan dalam percobaan aksi ini, meskipun beberapa anak terlihat menangis. Sebagian penjaga terlihat mengarahkan para pengunjung untuk duduk berdekatan dan menjauhi jendela.

Ahad, 05/02/2017 15:44 0

Suriah

Militan Inggris Ini Pilih Bunuh Diri Ketimbang Ditawan ISIS

Ryan Locke yang bergabung dalam barisan milisi kurdi YPG dikabarkan memilih bunuh diri karena takut ditawan oleh ISIS.

Ahad, 05/02/2017 15:11 0

Amerika

PBB Hapus Gulbuddin Hekmatyar dari Daftar Teroris

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (04/01), PBB menyatakan bahwa komite Dewan Keamanan telah menghapus nama Gulbuddin Hekmatyar dari daftar sanksi.

Ahad, 05/02/2017 10:11 0

Suara Pembaca

Jalan Rusak Teror Nyawa Rakyat

Hal semacam ini sudah pernah tercatat dalam sejarah, yakni khalifah Umar bin Al-Khaththab tatkala beliau menjadi kepala Negara, beliau pernah berujar : “Seandainya, ada seekor keledai terperosok di Kota Bagdad karena jalan rusak, aku khawatir Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban diriku di Akhirat nanti”.

Sabtu, 04/02/2017 19:38 0

Myanmar

Laporan Eksklusif: Gelora Api Jihad di Arakan

Ahad, 9 Oktober 2016. Ketika itu jarum jam menunjukkan pukul 9 malam. Berbekal 2 pucuk Kalashnikov dan senjata tajam seperti pedang, pisau, dan ketapel, gabungan warga dan mujahidin menyerang sejumlah pos militer di distrik Maungdaw dan Rathedaung, negara bagian Rakhine (nama lain Arakan).

Sabtu, 04/02/2017 18:29 1

Artikel

Kriminalisasi Para Saksi Perkara Penistaan Agama

Hampir tidak pernah terjadi dalam persidangan di pengadilan, penasehat hukum terdakwa lebih fokus menggali latar belakang (personality), masa lalu, riwayat pekerjaan para saksi dari pada mengeksplorasi substansi pokok perkara guna menemukan kebenaran materil suatu tindak pidana.

Sabtu, 04/02/2017 18:04 0

Artikel

Donald Trump, Faktor Akselerator Jatuhnya Imperium Amerika

Bagi Galtung, sejumlah proposal kebijakan Trump yang inkoheren atau saling kontradiktif merupakan bukti terjadinya kemunduran struktural yang serius di pusat kekuasaan AS.

Sabtu, 04/02/2017 18:00 0

Close
CLOSE
CLOSE