PBB Hapus Gulbuddin Hekmatyar dari Daftar Teroris

KIBLAT.NET, New York – Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menghapus seorang nama pemimpin militan Afghanistan dari daftar teroris.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (04/01), PBB menyatakan bahwa komite Dewan Keamanan telah menghapus nama Gulbuddin Hekmatyar dari daftar sanksi.

Perlu diketahui, Hekmatyar merupakan seorang pemimpin pasukan pejuang ynag terkenal di era perang Soviet-Afghanistan yang diduga memiliki hubungan dengan al-Qaidah, Taliban dan Hizbul Islami.

Namun, pada September lalu dia menandatangani kesepakatan perdamaian dengan Kabul yang telah membuka jalan untuk kembali ke ranah politik. Dia saat ini juga diyakini berada di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Pakistan.

Walau demikian, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada tahun lalu selama pertemuan dengan delegasi DK PBB secara resmi meminta Hekmatyar untuk di hapus dari daftar hitam PBB.

Berusia 69 tahun, Hekmatyar berasal dari provinsi Kunduz utara dan memulai perjuangannya dengan memerangi Soviet bersama berbagai faksi mujahidin selama perang sipil tahun 1990, sebelum kemudian pergi ke pengasingan.

Reporter: Dio Alifullah
Sumber: Anadolu

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat