Jet Tempur Turki Serang Al-Bab, 51 Militan ISIS Terbunuh

KIBLAT.NET, Jakarta – Serangan udara Turki kembali menargetkan para militan ISIS di kota Al-Bab, Suriah utara, Sabtu (04/02). Puluhan militan dilaporkan terbunuh dan beberapa lainnya terluka.

Komando Pusat Angkatan Darat Turki mengatakan, jet-jet tempur menargetkan 59 titik basis ISIS di Al-Bab, sedikitnya 51 militan terbunuh oleh serangan.

“Serangan udara pada Sabtu menyebabkan hancurnya 56 bangunan ISIS dan tiga pusat komando di kota Al-Bab dan kota terdekat dari Baza’a,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Serangan ini berlangsung di tengah operasi militer lanjutan Efrat Shield oleh pasukan Turki bersama kelompok oposisi di sekitar Al-Bab, untuk merebut kota dari ISIS.

Abu Iyad Asy-Syami, anggota Brigade Perisai Efrat, mengatakan kepada ARA News bahwa tentara mereka telah mengusir ISIS dari bagian utama di timur Al-Bab.

“Berkat dukungan udara pasukan Turki, kami berhasil menguasai sektor utama di bagian timur Al-Bab, dekat dengan basis ISIS yang berada di dalam kota,” katanya.

Sumber militer mengatakan, militer Turki dan oposisi Suriah pada hari Sabtu, juga merebut desa Al-Shamawiya Al-Hammah, di selatan Al-Bab setelah terjadi baku tembak dengan militan ISIS.

Militer Turki dan oposisi terus menargetkan Al-Bab selama hampir dua bulan, dan diklaim berhasil mendesak posisi ISIS di kota itu. Oleh karenanya, ISIS membangun terowongan bawah tanah dan parit yang luas untuk mengantisipasi kemajuan tersebut.

Pihak Ankara telah menjalankan operasi Efrat Shield dimulai sejak 24 Agustus 2016 untuk mengamankan wilayah perbatasan Turki-Suriah. Di bulan itu juga, wilayah Jarabulus dapat diambil alih.

Reporter: Azzam
Sumber: Ara News

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat