Diculik Lima Hari, Imam Masjid Sunni di Baghdad Ditemukan Tewas

KIBLAT.NET, Baghdad – Seorang imam dan khatib di Masjid Al-Musytal di distrik Ar-Rashafah, Baghdad, Rabu lalu (01/02), akhirnya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa. Ia diculik lima hari sebelumnya oleh sejumlah orang bersenjata.

Portal Arabi21.com, melansir dari Wesal TV, Syaikh Ahmad Abdullah Az-Zaidy ditemukan tak bernyawa di sebuah tempat di distrik Ar-Rashafah. Ia merupakan ulama dari kalangan sunni.

Syaikh diculik lima hari sebelumnya oleh milisi Syiah. Disinyalir dia diculik karena ceramah-ceramahnya yang anti-Syiah.

Sementara itu, sumber pemerintah dan keamanan bungkam atas pembunuhan salah satu ulama sunni itu.

Komite Ulama Muslim Irak mengutuk keras pembunuhan tersebut. Dalam pernyataan yang dirilis pada Kamis (02/02), Ulama Irak menegaskan bahwa pembunuhan tersebut menunjukkan milisi Syiah yang telah mengendalikan kehidupan warga. Pemerintah tidak berkutik menghadapi milisi-milisi tersebut.

Perlu dicatat, ini bukan aksi pembunuhan pertama yang menargetkan ulama sunni di Irak. Sebelumnya, sejumlah ulama juga ditemukan dalam keadaan tak bernyawa setelah diculik.

Sebelum penculikan Syaikh Zaidy, khatib dan imam Masjid Agung Abu Hanifah di Baghdad juga mengalami upaya pembunuhan. Pelaku berhasil diamanakan namun beberapa hari pihak berwenang membebaskannya.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Arabi21.com, iraqakhbar.com

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat