... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rombongan Terakhir Evakuasi Warga Wadi Barada Tiba di Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Iring-iringan terakhir kendaraan yang mengevakuasi warga dan pejuang dari Kota Wadi Barada, Pedesaan Damaskus, Selasa (31/01), tiba di Provinsi Idlib. Ribuan warga dan pejuang itu dipaksa meninggalkan kampung halaman mereka setelah dikepung selama sebulan lebih.

Kantor berita Al-Jazeera melaporkan bahwa rombongan terakhir itu terdiri dari 19 bus dan mengangkut sebanyak 800 warga sipil dan 70 pejuang. Sebagian dalam kondisi terluka dan sakit.

Para warga ini segera ditempatkan di kamp pengungsi di kota Saraqib, Ariha dan Sarmin di pinggiran Idlib. Mereka hanya membawa pakaian dan barang-barang kecil lainnya.

Sehari sebelumnya, sebanyak 1300 orang berhasil dievakuasi keluar Wadi Barada. Mereka terdiri dari sipil dan aktivis.

Militer Suriah dan milisi Syiah kembali menerapkan skenario di Aleppo untuk merebut daerah sumber air bersih untuk wilayah Damaskus itu. Pada bulan lalu, akhirnya mereka berhasil memutus seluruh jalur menuju Wadi Barada.

Pasokan bahan pokok dan obat-obatan pun terhenti sementara amunisi pejuang kian habis. Di sisi lain, serangan udara dan darat setiap hari terjadi.

Oposisi dan rezim pada Sabtu lalu akhirnya meneken perjanjian yang mengharuskan seluruh warga dan pejuang di daerah tersebut harus keluar. Sumber air bersih itu pun kini dikontrol penuh rezim dan milisi Hizubllah Lebanon.

Perlu dicatat, kampanye militer rezim itu dilakukan sementara gencatan senjata masih berlangsung. Para penjamin gencatan (Rusia, Iran dan Turki) tidak berbuat banyak melihat pelanggaran tersebut.

BACA JUGA  Laporan: Sistem Rudal S-400 Rusia Gagal Deteksi Jet Tempur Rusia

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pemerintah Indonesia Sebut Larangan Masuk AS Rugikan Perang Melawan Terorisme

Pemerintah Indonesia yang merupakan negara Muslim terbesar di dunia mengatakan kebijakan pelarangan masuk ke AS oleh Presiden Donald Trump terhadap warga dari tujuh negara Muslim merusak upaya perang global terhadap terorisme

Rabu, 01/02/2017 08:45 0

Indonesia

Pansus RUU Terorisme Godok Rincian Peran TNI

Dalam pembahasan Rancangan Undang undang pemberantasan terorisme, salah satu yang masuk dalam pembahasan adalah porsi Tentara Negara Indonesia dalam menangani ancaman terorisme, selain juga sudah ada Polisi Republik Indonesia

Rabu, 01/02/2017 08:26 0

Indonesia

Ibu Ini Bergetar Cerita Lahan Taninya Diserobot Perusahaan Milik Luhut Binsar Panjaitan

PT PKU merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki salah satu pejabat tinggi negeri ini, Luhut Binsar Panjaitan.

Selasa, 31/01/2017 20:27 0

Artikel

Wajah Asli Demokrasi di Balik Kemenangan Trump

Demokrasi pada akhirnya hanya menjadi sebuah ruang tertutup bagi sekelompok elit saja, dukungan rakyat hanyalah deretan angka yang dijadikan legitimasi untuk menguasai kelompok elit lainnya yang mendapat dukungan lebih sedikit.

Selasa, 31/01/2017 19:31 0

Indonesia

Liga Arab: Pelarangan Muslim Berdampak Negatif pada Hubungan Arab-Amerika

Liga Arab menyatakan keprihatinan mendalam atas keputusan Presiden Donald Trump yang melarang warga tujuh negara mayoritas Muslim untuk memasuki Amerika Serikat pada Ahad (29/01).

Selasa, 31/01/2017 18:23 0

Editorial

[Editorial] Perang Suci Donald Trump

Tindakan Trump memerangi Islam bukannya bebas tanpa hambatan. Peneliti senior Middle East Institute, Charles Lister sejak lama mengkritisi kebijakan Donald Trump di kawasan timur Tengah, utamanya di Suriah. “Pelarangan Muslim ini tidak akan meredupkan terorisme. Justru malah semakin menguatkan narasi perlawanan kelompok-kelompok jihad.”

Selasa, 31/01/2017 17:31 0

Indonesia

TB Hasanudin: Kebijakan Pelarangan Muslim Langgar Konvensi Internasional

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin mengungkapkan kebijakan Donald Trump dalam pembatasan kedatangan pengungsi adalah tindakan yang melanggar konvensi internasional.

Selasa, 31/01/2017 15:41 0

Indonesia

MUI Membahas Ucapan Ahok, Bukan Tafsir Al-Maidah

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin menjadi saksi fakta dalam persidangan kasus penodaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Selasa, 31/01/2017 14:20 0

Indonesia

API Jabar Sayangkan Penetapan Tersangka Habib Rizieq

Koordinator Aliansi Pergerakan Islam (API) Jabar, Ustadz Asep Syarifudin menyampaikan rasa kekecewaanya pada Polda Jabar atas penetapan tersangka yang ditetapkan kepada Imam Besar Habib Rizieq Shihab, pada aksi kawal sidang Ahok, Selasa (31/01) di depan Gedung Kementan.

Selasa, 31/01/2017 13:48 0

Indonesia

Ketua MUI: Al-Qur’an yang Begitu Terhormat Kok Disebut Alat Kebohongan

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa perkataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang menyinggung Surat Al-Maidah tidak bisa dibenarkan .

Selasa, 31/01/2017 13:30 1

Close