... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Serangan Teror di Masjid Quebec Kanada, 6 Orang Tewas

Foto: Serangan teror di Masjid Quebec Kanada

KIBLAT.NET, Quebec – Sedikitnya enam orang tewas dalam penembakan brutal di sebuah masjid di Kota Quebec. Orang-orang bersenjata menembaki sekitar 40 jamaah yang melaksanakan ibadah shalat Isya’ di dalam Pusat Kebudayaan Islam Kota Quebec, hari Ahad pukul 8 waktu setempat (01:00 GMT).

“Enam orang dipastikan tewas -mereka berusia sekitar 35 sampai 70 tahun,” kata juru bicara polisi Quebec, Christine Coulombe kepada wartawan.

Polisi mengatakan dua pelaku telah ditangkap dalam serangan teroris yang menyasar Muslim tersebut. Namun, tidak menjelaskan identitas penyerang atau motif serangan.

Ketua takmir masjid, Muhammad Yangui, mengecam penembakan itu. “Mengapa hal ini terjadi di sini? Ini adalah tindakan barbar,” ujarnya.

“Salah satu pengurus menelepon saya dan mengatakan ada penembakan di masjid. Dalam kondisi shock saya pun berlari ke masjid. Saya diberitahu bahwa salah satu penyerang ditangkap, sementara satu lagi menyusul ditangkap setelahnya,” jelas Yangui yang saat kejadian tidak berada di tempat.

Ia mengakui tidak ada ancaman apapun sebelum serangan itu. “Lingkungan di sini sangat damai. Kami memiliki hubungan yang baik dengan pemerintah, walikota Quebec. Kami tidak punya masalah apa pun,” katanya.

Sebelumnya, masjid ini juga mendapat serangan teror pada Juni 2016 ketika Bulan Ramadhan. Seseorang meletakkan kepala babi di depan pintu masjid dengan tulisan “Bon Appetit” yang artinya Selamat Makan dalam bahasa Perancis. Padahal, umat Islam mengharamkan daging babi.

BACA JUGA  Trump: Negosiasi dengan Taliban Berjalan Sangat Baik

“Kami tidak aman di sini,” kata seorang jamaah masjid, Mohammed Oudghiri. Kepada Reuters, Oudghiri mengatakan telah tinggal di Quebec selama 42 tahun. Melihat tragedi ini, ia berpikiran untuk kembali ke negara asalnya di Maroko.

Masjid Pusat Kebudayaan Islam ini adalah masjid terbesar keenam di Kota Quebec, yang menampung 5.000 jamaah. “Ada komunitas Muslim yang cukup kuat di Kota Quebec,” kata Basem Boshra, seorang editor di Montreal Gazette.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Al-Jazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Konsultasi

Hukum Membaca Al-Quran dari Gadget Bagi Wanita Haid

Dari fatwa di atas, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hukum antara mushaf dan Al-Quran yang ada di gadget. Perbedaan tersebut menghasilkan perbedaan hukum. Membaca mushaf harus dengan thoharoh, sementara membaca Al-Quran di gadget tidak harus disyaratkan thoharoh. Wallahu a’lam bissowab

Senin, 30/01/2017 12:07 2

Indonesia

Ditantang Duel, Jagoan GMBI Pemakan Paku Minta Maaf kepada Jawara Bekasi

Muncul video jagoan GMBI pemakan paku minta maaf kepada jawara Bekasi pembela ulama, Damin Sada

Ahad, 29/01/2017 22:18 0

Profil

Jihad Media ETIM dan Kiprahnya di Bumi Syam

Menyoal jihad media, syaikh Abu Bashir Al-Wuhaisyi –rahimahullah- pernah memberikan nasehat kepada Samir Zafar Khan –rahimahullah-, salah seorang staf media Inspire Magz (majalah online berbahasa Inggris milik AQAP (Al-Qa’idah in Arabian Peninsula)) bahwa "Pekerjaan media adalah setengah dari jihad.”

Ahad, 29/01/2017 16:08 0

Indonesia

Putra Patrialis: Bapak Bukan Orang yang Mengambil Keuntungan dari Jabatannya

KIBLAT.NET, Jakarta- Anak kedua Patrialis Akbar, Adil Supatra Akbar menegaskan bahwa ayahnya tidak bersalah soal...

Ahad, 29/01/2017 11:08 0

Indonesia

Supir Pribadi Patrialis: Bapak Mempunyai Akhlakul Karimah

KIBLAT.NET, Jakarta- Supir pribadi Patrialis Akbar, Slamet mengungkapkan bahwa majikannya memiliki sifat yang terpuji. Salah...

Ahad, 29/01/2017 10:55 0

Analisis

Enam Mitos Tentang Intelijen Keamanan Nasional Amerika

Koreksi atau sikap yang benar terhadap mitos-mitos tersebut penting dilakukan karena publik sudah terlanjur menaruh harapan yang tidak realistis terhadap produk-produk dan analisa intelijen. Harapan yang salah ini bisa merusak kredibilitas komunitas intelijen itu sendiri, dan akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap misi.

Sabtu, 28/01/2017 14:34 0

Indonesia

Ada ‘Organisasi Tanpa Bentuk’ Hendak Memecah-belah Indonesia

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil menyebutkan bahwa saat ini ada oknum tertentu yang ingin memecah-belah Indonesia. Ia menyebut hal ini dilakukan oleh 'organisasi tanpa bentuk'.

Jum'at, 27/01/2017 17:48 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at: Belajar dari Haditsul Ifki

KIBLAT.NET – Hoax baru-baru kian merajalela. Hoax begitu mudah kita temukan di beranda media sosial...

Jum'at, 27/01/2017 13:54 0

Indonesia

Fakta Tak Terbantahkan, Pemuda Muhammadiyah Yakin Ahok Bersalah

Sekretaris Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mengatakan bahwa usai melihat jalannya sidang ketujuh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia yakin calon petahana Gubernur DKI itu bersalah.

Jum'at, 27/01/2017 13:31 0

Indonesia

Gesekan Antar-Ormas Marak, Ini Saran Komisi III DPR RI

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil menilai adanya konflik antar-ormas akhir-akhir ini karena adanya kesalahfahaman antara dua pihak.

Jum'at, 27/01/2017 07:29 0

Close