... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sejumlah Petinggi Ahrar Melebur dengan Hai’ah Tahrir Al-Syam

Foto: Ahrar Syam

KIBLAT.NET, Idlib – Beberapa petinggi Gerakan Ahrar Al-Syam bergabung dengan persatuan kekuatan faksi pejuang Suriah Hai’at Tahrir Al-Syam (HTS), yang dideklarasikan pada 28 Januari lalu. Bahkan, mantan pemimpin Ahrar sendiri ditunjuk menjadi pemimpin gabungan faksi-faksi itu.

Adalah Abu Hasyim Al-Sheikh, mantan pemimpin umum Ahrar. Dia mengumumkan diri mundur dan bergabung dengan HTS. Komandan dengan jabatan terakhir anggota Dewan Syariah itu bahkan dipercaya memimpi HTS.

Selanjutnya, Abu Yusuf al-Muhajir yang merupakan juru bicara militer Ahrar. Dia menyatakan mundur dan bergabung kekuatan baru itu.

Selain itu, ada nama Abu Shaleh Tahan (mantan panglima militer Ahrar dan Muhammad Al-Shadiq (mantan hakim Ahrar). Kedua tokoh penting ini juga mengumumkan bergabung HTS.

Menanggapi hal ini, jubir resmi Ahrar al-Syam, Ahmad Kara Ali, mengaku bahwa tidak satupun pasukannya yang melebur ke dalam barisan Tahrir al-Syam.

“Tak satupun dari formasi militer kita telah memasuki formasi Hay’at Tahrir al-Syam,” katanya pada Ahad (29/01).

“Pengundurkan diri diri Hashem al-Sheikh dan Abu Yusuf al-Muhajir adalah pribadi, dan keanggotaan mereka sebelumnya telah ditangguhkan,” tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Kara Ali tidak mengomentari terkait pengunduran diri al-Sadeq dan dua pejuang lainnya dari gerakannya.

Dalam hal ini, sumber yang mengaku dekat dengan gerakan Ahrar al-Syam melihat bahwa pengunduran diri al-Sheikh dan Tahan dalam rangka meninggalkan perbedaan tajam di dalam Dewan Syariah Ahrar. Perdaan ini terjadi menyusul perkembangan terakhir di wilayah Suriah utara soal proyek peleburan kekuatan-kekuatan oposisi.
Sumber anonim itu menambahkan bahwa ada beberapa brigade Ahrar al-Syam yang akan bergabung dengan barisan Tahrir al-Syam, terutama yang setia kepada Tahan dan al-Sheikh.

BACA JUGA  Rudal Jet Suriah Hantam Pasar di Wilayah Oposisi, Belasan Sipil Tewas

Lima faksi besar pejuang Suriah: Jabhah Fateh al-Syam, harakah Nuruddin al-Zanki, Liwa’ al-Haq, Jabhah Ansharuddin dan Jaysh al-Sunnah mengumumkan melebur di bawah nama Hai’ah Tahrir al-Syam. Mantan pemimpin Ahrar, Abu Jabi Al-Syaikh, dipercaya menjadi pemimpin. Sementara pemimpin Jabhah Fath Al-Syam, Abu Muhammad Al-Jaulani, ditunjuk menjadi panglima militer.

Reporter: Dio Alifullah
Sumber: Zamanalwsl.net

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ditantang Duel, Jagoan GMBI Pemakan Paku Minta Maaf kepada Jawara Bekasi

Muncul video jagoan GMBI pemakan paku minta maaf kepada jawara Bekasi pembela ulama, Damin Sada

Ahad, 29/01/2017 22:18 0

Profil

Jihad Media ETIM dan Kiprahnya di Bumi Syam

Menyoal jihad media, syaikh Abu Bashir Al-Wuhaisyi –rahimahullah- pernah memberikan nasehat kepada Samir Zafar Khan –rahimahullah-, salah seorang staf media Inspire Magz (majalah online berbahasa Inggris milik AQAP (Al-Qa’idah in Arabian Peninsula)) bahwa "Pekerjaan media adalah setengah dari jihad.”

Ahad, 29/01/2017 16:08 0

Indonesia

Putra Patrialis: Bapak Bukan Orang yang Mengambil Keuntungan dari Jabatannya

KIBLAT.NET, Jakarta- Anak kedua Patrialis Akbar, Adil Supatra Akbar menegaskan bahwa ayahnya tidak bersalah soal...

Ahad, 29/01/2017 11:08 0

Indonesia

Supir Pribadi Patrialis: Bapak Mempunyai Akhlakul Karimah

KIBLAT.NET, Jakarta- Supir pribadi Patrialis Akbar, Slamet mengungkapkan bahwa majikannya memiliki sifat yang terpuji. Salah...

Ahad, 29/01/2017 10:55 0

Analisis

Enam Mitos Tentang Intelijen Keamanan Nasional Amerika

Koreksi atau sikap yang benar terhadap mitos-mitos tersebut penting dilakukan karena publik sudah terlanjur menaruh harapan yang tidak realistis terhadap produk-produk dan analisa intelijen. Harapan yang salah ini bisa merusak kredibilitas komunitas intelijen itu sendiri, dan akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap misi.

Sabtu, 28/01/2017 14:34 0

Indonesia

Ada ‘Organisasi Tanpa Bentuk’ Hendak Memecah-belah Indonesia

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil menyebutkan bahwa saat ini ada oknum tertentu yang ingin memecah-belah Indonesia. Ia menyebut hal ini dilakukan oleh 'organisasi tanpa bentuk'.

Jum'at, 27/01/2017 17:48 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at: Belajar dari Haditsul Ifki

KIBLAT.NET – Hoax baru-baru kian merajalela. Hoax begitu mudah kita temukan di beranda media sosial...

Jum'at, 27/01/2017 13:54 0

Indonesia

Fakta Tak Terbantahkan, Pemuda Muhammadiyah Yakin Ahok Bersalah

Sekretaris Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mengatakan bahwa usai melihat jalannya sidang ketujuh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia yakin calon petahana Gubernur DKI itu bersalah.

Jum'at, 27/01/2017 13:31 0

Indonesia

Gesekan Antar-Ormas Marak, Ini Saran Komisi III DPR RI

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil menilai adanya konflik antar-ormas akhir-akhir ini karena adanya kesalahfahaman antara dua pihak.

Jum'at, 27/01/2017 07:29 0

Indonesia

Tak Timbulkan Ancaman, Anggota DPR Minta Kasus Nurul Fahmi Dihentikan

"Tidak ada yang dirugikan dengan bendera itu, juga tidak menimbulkan ancaman yang nyata,"

Kamis, 26/01/2017 20:57 0

Close