... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Hukum Membaca Al-Quran dari Gadget Bagi Wanita Haid

Foto: Membaca Al-Quran Lewat Gadget

Pertanyaan :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Redaksi Kiblat.net yang dirahmati Allah, di era digital hari ini, semua hal bisa disimpan di dalam gadget, termasuk Al-Quran. Nah, apakah boleh wanita haid membaca Al-Quran yang ada di gadget, dengan asumsi bahwa gadget tidak sama dengan mushaf? (Dedi)

Jawaban :

Saudara dedi yang dirahmati Allah, untuk menjawab pertanyaan di atas ada beberapa hukum fikih terkait wanita haid yang perlu kita bahas. Pertama, mayoritas ulama sepakat bahwa wanita haid tidak diperkenankan untuk menyentuh mushaf.  Dalilnya adalah firman Allah –Subhanahu wa Ta’ala

لا يَمَسُّهُ إِلا الْمُطَهَّرُونَ

Artinya, “Al-Quran itu tidak disentuh kecuali oleh orang yang suci.” (QS Al-Waqi’ah : 78)

Dari ayat di atas, mayoritas ulama menyimpulkan bahwa Al-Quran tidak boleh dipegang kecuali oleh orang yang suci dari hadats. Ibnu Katsir menjelaskan ayat di atas, “Sebagian lagi berkata bahwa Al-Quran tidak boleh disentuh kecuali oleh orang yang suci dari janabat dan hadats.” (Tafsir Ibnu Katsir 8/32, penerbit Dar  Kutub Ilmiyah)

Hal berikutnya yang perlu kita ketahui adalah hukum membaca Al-Quran tanpa memegang mushaf bagi orang yang haid. Di dalam situs Islamqa, syaikh Muhammad bin Sholih Al-Munajjid menjelaskan bahwa para ulama berbeda pendapat.

Pendapat pertama menyatakan bahwa perempuan yang haid tidak boleh membaca Al-Quran. Dalil mereka adalah hadits Ali bin Abi Talib yang menyatakan bahwa Rasulullah –shallallahu alaihi wasallam- mengajarkan mereka AL-Quran dan tidak ada yang mengahalangi beliau dari Al-Quran kecuali janabat. (HR Abu Daud, Tirmizi, An-Nasa’i, Ibnu Majah)

Berdasarkan hadits di atas para ulama tersebut mengqiyaskannya dengan wanita haid. Karena kedua-duanya sama-sama berhadats besar.

Pendapat kedua meyatakan bahwa wanita haid diperbolehkan membaca Al-Quran selama tidak menyentuh Al-Quran. Pendapat ini adalah pendapat Imam Malik, Ibnu Taimiyah dan Asy-Syaukani. Dalil mereka adalah :

  1. Hukum asal membaca Al-Quran adalah boleh. Selama tidak ada dalil yang melarang wanita haid membaca Al-Quran maka kebolehan tersebut tetap berlaku. Sudah maklum diketahui bahwa para wanita di zaman Rasulullah –shallallahu alaihi wasallam- juga haid dan tidak ada dalil pelarangan bagi mereka untuk membaca Al-Quran.
  2. Melarang wanita haid membaca Al-Quran menjadikan mereka kehilangan pahala yang banyak, bahkan bisa saja mereka kehilangan hafalannya.
  3. Mengqiyaskan wanita haid dengan orang junub dalam pelarangan membaa Al-Quran adalah qiyas yang tidak sesuai. Karena orang junub bisa menghilangkan janabatnya dengan segera. Berbeda dengan wanita haid.

Lantas bagaimana hukum membaca Al-Quran bagi wanita haid dari gadget? Jika pendapat yang diambil adalah pendapat yang pertama, maka tidak boleh bagi wanita haid membaca Al-Quran. Karena menurut pendapat pertama, pelarangan itu bersifat mutlak.

Adapun yang mengambil pendapat kedua, maka pertanyaan yang perlu dijawab berikutnya adalah, apakah Al-Quran yang ada di gadget sama hukumnya dengan Al-Quran yang ada di gadget?

Syaikh Abdurrahman bin Nashir Al Barrak dalam situs Islabweb.com berkata, “Secara zahir Al-Quran yang ada di gadget berbeda dengan mushaf Al-Quran. Al-Quran yang berada di gadget tidak berupa tulisan yang bisa dibaca, tetapi berupa tampilan-tampilan tertentu yang terdiri dari huruf-huruf yang bisa dimunculkan dan dihapus dari layar. Maka, diperbolehkan membaca Al-Quran yang ada di gadget dan kaset rekaman Al-Quran tanpa syarat thoharoh (suci dari hadats).”

Dari fatwa di atas, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hukum antara mushaf dan Al-Quran yang ada di gadget. Perbedaan tersebut menghasilkan perbedaan hukum. Membaca mushaf harus dengan thoharoh, sementara membaca Al-Quran di gadget tidak harus disyaratkan thoharoh. Wallahu a’lam bissowab

Dijawab Oleh : Miftahul Ihsan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Hukum Membaca Al-Quran dari Gadget Bagi Wanita Haid”

  1. Memang Kadang Disaat Dapat M kita pingin waktu yang ada juga bermanfaat , selain kegiatan jaga warung KW Tas Batam Branded yang tentu sangat menyita waktu namun juga tidak ingin ketinggalan dalam murojaah.. maka biasanya yang mudah dilakukan ya tidak membaca Qur’an , namun mendengarkan murottal dari gadget hitung2 menguatkan hafalan juga..

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Somalia

Al-Syabab Hukum Mati Tiga Agen Intelijen Lokal dan Asing

Sehari setelah melancarkan serangan mematikan ke sebuah hotel terkenal di ibukota Somalia Mogadishu, organisasi jihadis al-Syabaab mengumumkan, Ahad (29/01), bahwa Mahkamah Syariah mereka telah mengeksekusi tiga orang agen mata-mata musuh.

Senin, 30/01/2017 11:45 0

Wilayah Lain

Menlu Swiss Kritik Kebijakan Trump Soal Larangan Pergi ke Negara Muslim

Menlu Swiss menyatakan, perintah eksekutif Donald Trump terkait larangan perjalanan ke tujuh negara mayoritas Muslim merupakan bentuk diskriminatif yang melanggar hukum internasional.

Senin, 30/01/2017 11:33 0

Suriah

Sejumlah Petinggi Ahrar Melebur dengan Hai’ah Tahrir Al-Syam

Beberapa petinggi Gerakan Ahrar Al-Syam bergabung dengan persatuan kekuatan faksi pejuang Suriah Hai'at Tahrir Al-Syam (HTS), yang dideklarasikan pada 28 Januari lalu

Senin, 30/01/2017 10:41 0

Amerika

Trump Akan Bangun Kekuatan Militer Besar-Besaran

Selama kunjungan pertamanya ke markas Departemen Pertahanan di Pentagon pasca pelantikan menjadi presiden AS, Jumat (27/01), Donald Trump menandatangani sebuah perintah eksekutif dalam rangka mewujudkan yang ia gambarkan sebagai permulaan pembangunan kembali secara besar-besaran angkatan bersenjata

Senin, 30/01/2017 10:00 0

Suriah

Lima Faksi Besar Pejuang Suriah Melebur di Bawah Nama Hai’ah Tahrir Al-Syam

ebanyak lima faksi besar oposisi Suriah baru-baru ini mengumumkan melebur di bawah nama Ha'iah Tahrir Al-Syam (HTS). Persatuan ini terjadi setelah sejumlah gesekan antara faksi pejuang di Suriah Utara.

Senin, 30/01/2017 09:05 0

Suriah

Faksi Oposisi “Moderat” Suriah Keluar dari Kesepakatan Astana

Faksi oposisi Suriah Jaysh Al-Izzah, Ahad (29/01), mengumumkan tidak lagi mentaati kesepakatan gencatan senjata yang ditandatangani oleh delegasi oposisi dan rezim Assad di Astana beberapa hari lalu.

Senin, 30/01/2017 08:20 0

Indonesia

Ditantang Duel, Jagoan GMBI Pemakan Paku Minta Maaf kepada Jawara Bekasi

Muncul video jagoan GMBI pemakan paku minta maaf kepada jawara Bekasi pembela ulama, Damin Sada

Ahad, 29/01/2017 22:18 0

Amerika

Donald Trump Resmi Larang Warga 7 Negara Muslim Masuk Amerika

Larangan visa masuk diberlakukan terhadap tujuh negara, yaitu Irak, Libya, Iran, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman

Ahad, 29/01/2017 21:18 1

Afghanistan

Jubir Taliban Surati Trump, Ini Isinya

Melalui sebuah pesan surat yang panjang, juru bicara Taliban memperingatkan Presiden AS Donald Trump bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi Amerika untuk meninggalkan Afghanistan.

Ahad, 29/01/2017 21:01 0

Yaman

Militer UEA Dikabarkan Tembak Jatuh Drone Buata Iran di Yaman

Angkatan Udara Uni Emirat Arab (UEA) dikabarkan menembak jatuh pesawat tak berawak buatan Iran di Yaman.

Ahad, 29/01/2017 20:42 0