... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Syabab Hukum Mati Tiga Agen Intelijen Lokal dan Asing

Foto: Para pejuang Al-Syabab Somalia

KIBLAT.NET, Mogadishu – Sehari setelah melancarkan serangan mematikan ke sebuah hotel terkenal di ibukota Somalia Mogadishu, organisasi jihadis al-Syabaab mengumumkan, Ahad (29/01), bahwa Mahkamah Syariah mereka telah mengeksekusi tiga orang agen mata-mata musuh. Salah satu mata-mata yang dieksekusi itu didakwa bekerja sama dengan CIA dengan membantu mengarahkan target serangan drone.

Radio al-Furqon milik al-Syabaab melaporkan, tiga agen musuh itu dieksekusi di kota Yaaq Barawe di bagian selatan Somalia. Mereka teridentifikasi sebagai penduduk lokal yang dinyatakan dan terbukti bersalah karena masing-masing telah membantu CIA, dinas intelijen Jubaland, dan lembaga intelijen Somalia. Sumber media al-Syabaab lainnya mengatakan orang-orang itu sudah bekerja sama dengan CIA selama 2 bulan sebelum akhirnya tertangkap.

Divisi intelijen dan keamanan al-Syabaab, yaitu al-Amniyat, secara berkala melakukan eksekusi terhadap orang-orang yang diduga agen musuh sebagai upaya untuk melindungi pemimpin-pemimpin mereka dari serangan Amerika. Gedung Putih sendiri diketahui telah melibatkan diri di Somalia dengan melancarkan perang secara rahasia selama satu dekade.

Akhir Juni lalu, al-Syabaab dilaporkan mengeksekusi seorang penyusup yang diduga memberikan informasi kepada CIA yang menyebabkan gugurnya pendiri gerakan mereka, Mukhtar Abu Zubair, dalam sebuah serangan drone pada bulan September 2014. Seorang infiltran lainnya juga dieksekusi karena bekerja sama dengan CIA yang menyebabkan terbunuhnya Adnan Garaar pada tahun 2015. Adnan Garaar adalah perencana serangan mematikan di Westgate Mall, Kenya. Yang terbaru, pada bulan Oktober lalu, al-Syabaab mengumumkan telah mengeksekusi dua orang mata-mata musuh yang bekerja untuk badan intelijen Inggris, MI6.

BACA JUGA  Gerakan Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer di Pinggiran Mogadishu

Menurut data kompilasi LWJ, sejak Januari 2007 militer AS dan CIA telah menargetkan pemimpin-pemimpin al-Syabaab dan berbagai fasilitas mereka baik melalui serangan-serangan udara drone maupun operasi pasukan khusus.

Di samping Zubair dan Garaar, beberapa pemimpin al-Syabaab lainnya yang gugur akibat serangan Amerika adalah Aden Hashi Ayro, amir pertama al-Syabaab; Yusuf Dheeq dan Tahlil Abdus-Syakur, keduanya merupakan kepala bidang keamanan; dan Saleh Ali Nabhan, seorang pemimpin senior.
Al-Syabaab juga dilaporkan mengeksekusi tawanan tentara Uni Afrika sebagai upaya untuk menekan militer gabungan negara-negara Afrika itu. Pekan lalu, al-Syabaab merilis video eksekusi seorang tentara Uganda yang tertawan menyusul serangan berskala besar yang mereka lancarkan pada bulan September 2015 ke sebuah markas militer di selatan Somalia. Akibat serangan itu, belasan tentara Uganda tewas dan markas AMISOM jatuh ke tangan pejuang al-Syabaab.

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: TLWJ

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ditantang Duel, Jagoan GMBI Pemakan Paku Minta Maaf kepada Jawara Bekasi

Muncul video jagoan GMBI pemakan paku minta maaf kepada jawara Bekasi pembela ulama, Damin Sada

Ahad, 29/01/2017 22:18 0

Profil

Jihad Media ETIM dan Kiprahnya di Bumi Syam

Menyoal jihad media, syaikh Abu Bashir Al-Wuhaisyi –rahimahullah- pernah memberikan nasehat kepada Samir Zafar Khan –rahimahullah-, salah seorang staf media Inspire Magz (majalah online berbahasa Inggris milik AQAP (Al-Qa’idah in Arabian Peninsula)) bahwa "Pekerjaan media adalah setengah dari jihad.”

Ahad, 29/01/2017 16:08 0

Indonesia

Putra Patrialis: Bapak Bukan Orang yang Mengambil Keuntungan dari Jabatannya

KIBLAT.NET, Jakarta- Anak kedua Patrialis Akbar, Adil Supatra Akbar menegaskan bahwa ayahnya tidak bersalah soal...

Ahad, 29/01/2017 11:08 0

Indonesia

Supir Pribadi Patrialis: Bapak Mempunyai Akhlakul Karimah

KIBLAT.NET, Jakarta- Supir pribadi Patrialis Akbar, Slamet mengungkapkan bahwa majikannya memiliki sifat yang terpuji. Salah...

Ahad, 29/01/2017 10:55 0

Analisis

Enam Mitos Tentang Intelijen Keamanan Nasional Amerika

Koreksi atau sikap yang benar terhadap mitos-mitos tersebut penting dilakukan karena publik sudah terlanjur menaruh harapan yang tidak realistis terhadap produk-produk dan analisa intelijen. Harapan yang salah ini bisa merusak kredibilitas komunitas intelijen itu sendiri, dan akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap misi.

Sabtu, 28/01/2017 14:34 0

Indonesia

Ada ‘Organisasi Tanpa Bentuk’ Hendak Memecah-belah Indonesia

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil menyebutkan bahwa saat ini ada oknum tertentu yang ingin memecah-belah Indonesia. Ia menyebut hal ini dilakukan oleh 'organisasi tanpa bentuk'.

Jum'at, 27/01/2017 17:48 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at: Belajar dari Haditsul Ifki

KIBLAT.NET – Hoax baru-baru kian merajalela. Hoax begitu mudah kita temukan di beranda media sosial...

Jum'at, 27/01/2017 13:54 0

Indonesia

Fakta Tak Terbantahkan, Pemuda Muhammadiyah Yakin Ahok Bersalah

Sekretaris Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mengatakan bahwa usai melihat jalannya sidang ketujuh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia yakin calon petahana Gubernur DKI itu bersalah.

Jum'at, 27/01/2017 13:31 0

Indonesia

Gesekan Antar-Ormas Marak, Ini Saran Komisi III DPR RI

Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil menilai adanya konflik antar-ormas akhir-akhir ini karena adanya kesalahfahaman antara dua pihak.

Jum'at, 27/01/2017 07:29 0

Indonesia

Tak Timbulkan Ancaman, Anggota DPR Minta Kasus Nurul Fahmi Dihentikan

"Tidak ada yang dirugikan dengan bendera itu, juga tidak menimbulkan ancaman yang nyata,"

Kamis, 26/01/2017 20:57 0

Close