... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Jihad Media ETIM dan Kiprahnya di Bumi Syam

Era teknologi dan komunikasi yang semakin maju membuat para mujahidin pun mengikuti laju itu untuk perjuangan. ETIM pun menyadari hal itu dan ingin mengepakkan sayapnya pada sektor media. Dibentuklah sebuah wadah media milik ETIM yang bernama Islam Awazi Information Center.

Islam Awazi, Sayap Media ETIM

Islam Awazi, Sayap Media ETIM

Islam Awazi (IA) pertama kali muncul pada bulan Juli 2008. IA mulai merilis video pertama kali berisi klaim pemboman bus di Shanghai dan Kunming serta mengancam akan mengacaukan Olimpiade Beijing. Dalam video ancaman tersebut, Komandan Saifullah mengatakan, “Kami akan melakukan serangan terhadap semua yang berkaitan dengan Olimpiade, termasuk kota-kota utama di China.” Kemudian seiring perjalanan waktu produksi video pun semakin meningkat bagi dari sisi kuantitas maupun kualitas.Untuk video, ETIM membuat cabang baru yang bernama Sawt Al-Islam (Voice of Islam) sebagai media yang khusus membuat video-video mujahidin ETIM.

Selain itu IA juga membuat sebuah majalah yang juga pertama kali diterbitkan pada Juli 2008. Majalah ini berbahasa arab dan bernama Turkistan Islamiyah. Di edisi pertama, mereka memperkenalkan diri dan memberikan profil Turkistan Timur, negeri yang dilupakan. Mereka juga membongkar beberapa peraturan-peraturan pemerintahan china yang diskriminatif. Serta mereka juga mengungkapkan alasan kenapa memerangi komunis china.

Seperti yang telah tertulis di atas bahwa tujuan ETIM membuat media resmi adalah untuk menyebarkan ideologi dan memberitakan fakta sebenarnya yang terjadi di Xinjiang. Pernyataan ini tertulis pada kata pengantar majalah di edisi pertama ini. Sekaligus ETIM menuliskan ideologi mereka di halaman pertama majalah. Hal ini menunjukkan bahwa mereka memang  berjuang untuk kemuliaan Islam dan kaum muslimin berdasarkan Al-Quran dan Hadits.

BACA JUGA  Mahfud MD: Penularan Covid-19 Tak Ditentukan Pilkada

Majalah ini digawangi oleh syaikh Abu Ja’far Al-Mansur sebagai pimpinan redaksi. Disusul Abdullah Mansur sebagai kepala editor dan Abdul Hakim Arif sebagai tim kreatifnya. Menurut pengamatan kami, majalah ini telah memasuki edisi ke-19. Namun, dari 19 edisi hanya 16 edisi saja yang bisa diakses. Edisi 15, 16 dan 17 tidak bisa diakses.

Beberapa majalah resmi ETIM

Beberapa majalah resmi ETIM

Secara mengejutkan pada edisi 18 kepengurusan berubah total. Konten majalah pun menjadi lebih variatif dan tampilan menjadi lebih segar dan kekinian. Tetapi masih ada konten-konten yang masih dipertahankan dari awal hingga edisi 19 yaitu sesuai dengan tujuan dibentuknya IA, pemberitaan kejahatan komunis China. Pada rubrik ini ditunjukkan perlakuan-perlakuan zalim penguasa china kepada muslim uighur berikut beberapa foto siksaan.

Contoh bentuk penyiksaan komunis China kepada Muslim Uighur yang dimuat di majalah ETIM

Contoh bentuk penyiksaan komunis China kepada Muslim Uighur yang dimuat di majalah ETIM

Pada edisi ke 18 ini kepengurusan majalah benar-benar dirombak. Pimpinan umum dipegang oleh syaikh Abdullah Al-Muhaisini –hafidhahullah, Abu Abdullah Ash-Shabir sebagai kepala editor dan Abdurrahman Mukhlas sebagai tim kreatif.

Edisi ke-18 ini terbit pada bulan Dzulhijjah 1436 H/September 2015. Di halaman kelima berisi ucapan belasungkawa atas wafatnya Amirul Mukminin Mullah Muhammad Umar rahimahullah yang wafat pada Juni 2015. Risalah ini bukan menggunakan nama ETIM lagi, melainkan “Al-Hizb Al-Islamiy At-Turkistani Li Nushrati Ahli Syam” atau dikenal dengan Turkisan Islamic Party in Syiria.

Risalah Takziyah

Risalah Takziyah

Dengan melihat nama ini berarti kita bisa menyimpulkan bahwa ETIM mulai ikut andil dalam jihad Suriah. Hal ini sejalan dengan jalan perjuangan ETIM yang tertera di edisi sebelumnya bahwa ETIM pada poin kelima bahwa mereka siap membela kehormatan kaum muslimin, mendukung dan menolong mereka dimanapun berada. Juga pada poin ketiga bahwa ETIM siap berkolaborasi dengan jamaah lain di manapun mereka berada untuk menangkis serangan kaum kuffar dan menegakkan syariah Allah.

BACA JUGA  Kemenag: Harus Ada Standar Imam Masjid


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Baca halaman selanjutnya: Andil ETIM dalam jihad Suriah...

Halaman Selanjutnya 1 2 3
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Putra Patrialis: Bapak Bukan Orang yang Mengambil Keuntungan dari Jabatannya

KIBLAT.NET, Jakarta- Anak kedua Patrialis Akbar, Adil Supatra Akbar menegaskan bahwa ayahnya tidak bersalah soal...

Ahad, 29/01/2017 11:08 0

Indonesia

Supir Pribadi Patrialis: Bapak Mempunyai Akhlakul Karimah

KIBLAT.NET, Jakarta- Supir pribadi Patrialis Akbar, Slamet mengungkapkan bahwa majikannya memiliki sifat yang terpuji. Salah...

Ahad, 29/01/2017 10:55 0

Suriah

Pejuang Oposisi Suriah Tinggalkan Wadi Barada

Pejuang oposisi Suriah dilaporkan menarik diri dari Wadi Barada, Pedesaan Damaskus, setelah mencapai kesepakatan dengan rezim Assad.

Ahad, 29/01/2017 10:10 0

Amerika

Sejumlah Pejabat Yahudi Masuk dalam Pemerintahan Trump, Ini Daftarnya

Media Israel pada Jum'at (27/01), mengungkapkan bahwa Donald Trump dimenangkan oleh 24% suara orang-orang Yahudi. Media itu juga mengatakan bahwa di dalam pemerintahan Trump ini terdapat 11 orang Yahudi. Berikut nama-namanya:

Sabtu, 28/01/2017 20:59 0

Suriah

Truk-truk Angkut Pun Takut Menjadi Target Koalisi AS di Suriah

Kondisi kehidupan di kota Markada, yang diklaim sebagai benteng terakhir ISIS di provinsi Hasakah semakin memburuk. Demikian menurut laporan Zaman el-Wasl, mengutip pernyataan seorang aktivis Malaz al-Yusuf, Jum'at (27/01).

Sabtu, 28/01/2017 15:25 0

Analisis

Enam Mitos Tentang Intelijen Keamanan Nasional Amerika

Koreksi atau sikap yang benar terhadap mitos-mitos tersebut penting dilakukan karena publik sudah terlanjur menaruh harapan yang tidak realistis terhadap produk-produk dan analisa intelijen. Harapan yang salah ini bisa merusak kredibilitas komunitas intelijen itu sendiri, dan akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap misi.

Sabtu, 28/01/2017 14:34 0

Yaman

Pemimpin Hutsi Seru Pengikutnya untuk Bertempur Sampai Mati

Di satu sesi video, Abdul Malik menyeru kepada pengikutnya untuk melakukan perlawanan sampai mati. "Hal itu lebih baik daripada hidup di bawah kendali musuh," imbuhnya,

Sabtu, 28/01/2017 13:45 0

Inggris

Menghafal Al-Qur’an Selama 2 Tahun, Gadis Kecil Ini Menjadi Hafidzah di Usia 7 Tahun

Saat usianya 5 tahun, ia telah hafal Surat Yasin dan mengikuti lomba tahfidz Al-Qur'an. Ia pun meraih juara, dan hadiahnya ia sumbangkan untuk rakyat Suriah.

Sabtu, 28/01/2017 13:10 0

Irak

Baghdad Beri “Lampu Hijau” Milisi Syiah Masuk ke Kota Sunni Tal Afar

Komando Operasi Gabungan Irak yang dipimpin Jenderal Abdul Rasheed Yarallah menyatakan bahwa unit milisi Syiah akan memasuki kota Tal Afar

Sabtu, 28/01/2017 10:43 0

Suriah

Gabung Milisi Kurdi PYD, Militan Asal AS Tewas di Raqqah

Milisi Unit Perindungan Rakyat Kurdi, sayap militer Partai Persatuan Demokratik Kurdi (PYG), Jumat (27/01), melaporkan kematian seorang militan warga negara Amerika Serikat yang bergabung dalam barisannya di Suriah

Sabtu, 28/01/2017 10:07 0

Close
CLOSE
CLOSE