... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Kejujuran Berujung Kesyahidan

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Kisah ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasa’i dalam sunannya dan dishahihkan oleh syaikh Al-Albani dalam kitabnya Ahkamul Janaiz. Dari sahabat yang ma’ruf, Syaddad bin Al-Haad bahwasannya seorang lelaki dari Arab Badui datang kepada Nabi kemudian beriman kepadanya dan mengikuti ajarannya. Lalu orang itu berkata kepada Nabi, “Aku berhijrah untuk mengikuti ajaranmu.” Kemudian Nabi berpesan kepada para sahabat tentang orang tersebut.

Setelah kembali dari peperangan, Nabi memperoleh harta perang. Harta tersebut dibagi-bagikan untuk Nabi dan para sahabat. Orang Badui tersebut juga mendapat bagian. Tetapi ia tidak kelihatan karena sedang sibuk menggembalakan kambing sahabatnya.

Ketika suatu hari ia berada di tengah sahabat, ia disodori jatah harta ghanimah yang merupakan jatahnya.

Ia bertanya, “Apa ini?”

Para sahabat menjawab,“Bagian (jatah)mu yang disisihkan oleh Nabi.”

Ia mengambil jatahnya lalu mendatangi Nabi seraya bertanya, “Apakah ini?” Beliau menjawab,“Aku telah menyisihkannya untukmu.”

Sang Arab Badui berkata,“Aku mengikutimu bukan untuk memperoleh seperti ini, tetapi agar aku terkena anak panah di sini -sambil mengisyaratkan ke lehernya- sehingga aku menemui ajalku dan masuk Jannah.”

Nabi bersabda, “Jika Engkau jujur kepada Allah, niscaya Allah percaya dan akan menyampaikan keinginanmu.”

Selang beberapa hari,ia ikut serta memerangi musuh. Setelah itu datang seseorang menggotongnya karena terluka pada bagian lehernya.

Nabi bertanya,”Apakah ini orang Badui itu?” Para sahabat menjawab,“Benar.”

Nabi kemudian bersabda,“Ia jujur kepada Allah maka Allah memenuhi permintaannya.”

Nabi mengafaninya dengan jubah beliau,kemudian menshalatkannya. Di antara doa yang dipanjatkan Nabi, “Ya Allah, ini adalah hamaba-Mu, keluar dari kabilahnya untuk berhijrah menuju jalan-Mu, kemudian mati syahid karena terbunuh, dan aku menjadi saksi atas yang demikian itu.” (HR.Nasa’i)

Penulis : Dhani El_Ashim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Imigran dari Tujuh Negara Ini Akan Dilarang Masuk AS

Kurang dari sepekan menjabat, presiden baru AS Donald Trump akan menandatangani larangan imigran dari tujuh negara Timur Tengah dan Afrika. Warga dari ketujuh negara itu dianggap berbahaya bagi keamanan Amerika Serikat.

Kamis, 26/01/2017 14:48 0

Indonesia

Jawara Bekasi: Tantangan Duel dengan GMBI untuk Nasehat Sesama Muslim

Koordinator Jawara Bekasi, Damin Sada mengatakan bahwa tantangan duel terbuka dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) sebagai bentuk nasehat sesama Muslim.

Kamis, 26/01/2017 14:14 0

Amerika

Bertemu Assad, Anggota Parlemen AS: Perang Menggulingkan Assad Harus Diakhiri

Anggota parlemen AS, Tulsi Gabbard bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Assad dalam perjalanan selama seminggu ke Suriah dan Lebanon.

Kamis, 26/01/2017 13:33 0

Arab Saudi

Kecelakaan, Istri dan Putra Syaikh Salman al-Audah Meninggal Dunia

Kabar kepergian isteri dan putra Syaikh Salman al-Audah sungguh mengejutkan. Kabar itu tersiar cepat melalui media massa dan media sosial. Ucapan duka dan belasungkawa banyak dituliskan oleh para ulama dan umat Islam di seluruh dunia melalui akun media sosial mereka.

Kamis, 26/01/2017 12:40 0

Indonesia

Bela Agama dan Negara, Laskar Kiai Noer Alie Segera Dideklarasikan

"Makanya kita akan adakan Laskar Kyai Noer Alie, dan itulah yang menjadi kita berwibawa. FPI kan sudah sekian lama, karena dia sudah punya laskar yang sudah siap. Kita pun akan siapkan laskar untuk memelihara kegiatan-kegiatan kita," tukas Ketua MUI Kabupaten Bekasi ini.

Kamis, 26/01/2017 12:00 0

Mesir

Dari Penjara, Muhammad Mursi Kirim Pesan untuk Rakyat Mesir

Pada ulang tahun keenam Revolusi 25 Januari 2011, Muhammad Mursi mengirim pesan kepada orang-orang Mesir dari dalam penjara. Presiden Mesir yang dilengserkan oleh militer itu berpesan untuk melanjutkan revolusi damai yang selama ini telah dilakukan.

Kamis, 26/01/2017 11:38 0

Indonesia

Kriminalisasi Kalimat Tauhid, FPI Babelan: Pemerintah Lagi Khawatir dengan Ummat Islam

Ketua DPC FPI Babelan, Ustadz Aang Kunaefi mempertanyakan mengapa kalimat tauhid yang ditulis di bendera merah putih dipermasalahkan. Karena banyak juga fans grup musik yang mencantumkan nama grup band di bendera merah putih.

Kamis, 26/01/2017 11:10 0

Indonesia

Saksi Verbal Lisan Ditolak Majelis Hakim, Advokat: Ini Pukulan Telak bagi Ahok

Anggota Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Nasrullah Nasution mengatakan bahwa penolakan tersebut pukulan telak bagi pengacara Ahok.

Kamis, 26/01/2017 10:45 0

Indonesia

Kriminalisasi Ulama, Upaya Menjauhkan Umat Islam dari Ulama

Ketua DPC FPI Babelan, Ustadz Aang Kunaefi menyebutkan bahwa kriminalisasi ulama mengulang seperti apa yang pernah dilakukan pada rezim Suharto dan pada saat ini kembali terjadi.

Kamis, 26/01/2017 10:39 0

Indonesia

Didekati Langsung Lari, Pemuda di Palu Ini Ternyata…

Belakangan diketahui, pemuda itu ternyata membagikan brosur tentang "Kegiatan Rohani" umat Kristiani. Sekitar 60 lembar brosur sudah dibagikan, dan mayoritas diterima oleh siswa Muslim.

Kamis, 26/01/2017 10:20 0

Close