... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Download

Lapsus Syamina: Strategi Snouck Hurgronje Mengalahkan Jihad di Nusantara

KIBLAT.NET – Kebijakan pemerintah kolonial Belanda dalam menangani masalah Islam sering disebut dengan istilah Islam politiek, di mana Snouck Hurgronje disebut-sebut sebagai peletak dasarnya. Dengan bekal pengalamannya di Timur Tengah dan Aceh, Snouck, sarjana yang punya andil besar dalam penyelesaian perang Aceh ini berhasil menemukan suatu pola dasar bagi kebijakan pemerintah kolonial Belanda menghadapi Islam di Indonesia.

Saat itu Islam dianggap sebagai unsur yang paling berbahaya dan mengancam hegemoni Penjajah Belanda di Nusantara yang sudah berlangsung ratusan tahun. Dan perang Aceh memperkuat asumsi tersebut, di mana Islamlah faktor yang membuat perlawanan paling sengit dan paling lama dalam sejarah penjajahan Belanda di Nusantara.

Snouck Hurgronje tidak hanya pandai dalam bidang politik, di mana dari pengalamannya di Aceh ia merumuskan apa yang kemudian dikenal sebagai “politik Islam”. Namun dalam bidang akademik pun pemikiran Snouck sangat berpengaruh, terbukti dari beberapa karyanya yang digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai panduan wajib untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang akan diberlakukan di Hindia Belanda. Dialah ilmuwan yang dijuluki “dewa” dalam bidang Arabistiek-Islamologi dan Orientalistik, salah satu pelopor penelitian tentang Islam, Lembaga-Lembaganya, dan Hukum-Hukumnya.

Namun di samping berbagai kelebihannya dia banyak dikritik dengan segala kekurangannya. Seringkali ia begitu membabi buta membela kepentingan kolonial. Seringkali tindakannya tidak sesuai dengan teori yang ia tulis. Contohnya dalam pernikahan, di mana dia sangat menentang poligami bagi penduduk pribumi, tapi dalam kenyataannya dia sendiri mempraktekkan poligami. Ketika dia selalu mengkampanyekan moral di sisi lain dia tidak mengakui anak-anaknya dari keturunan pribumi.

BACA JUGA  Ramaikan Aksi 55, Aa Gym Ajak Umat Islam Shalat Jumat di Masjid Istiqlal

Selengkapnya, download Laporan Khusus Lembaga Kajian Syamina Edisi 1/Januari 2017 tentang “Snouck Hurgronje Mengalahkan Jihad di Nusantara” di sini.

 

Lapsus Syamina: Strategi Snouck Hurgronje Mengalahkan Jihad di Nusantara
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Lagi, Israel Akan Bangun Ribuan Rumah di Tanah Palestina

Israel mengumumkan rencana barunya untuk membangun 2.500 rumah di Yudea dan Samaria, Tepi Barat. Keinginan Israel ini mendapat dukungan langsung dari Gedung Putih.

Rabu, 25/01/2017 13:35 0

Suriah

Targetkan Jabhah Fath Syam, Koalisi AS Manfaatkan Informan

Sumber lokal mengungkap bagaimana AS mendapatkan target serangan udara di Suriah. Sumber yang dikonfirmasi oleh Zaman el-Wasl, menyebut bahwa angkatan udara AS memanfaatkan agen intelijen yang mengirimkan posisi Jabhah Fath Syam (JFS) atau pejuang Suriah lainnya untuk ditargetkan.

Rabu, 25/01/2017 13:01 0

Indonesia

Umat Islam Bekasi Kumpulkan Tanda Tangan Tolak Kriminalisasi Ulama

"Oleh sebab itu, kami bentuk aksi tanda tangan para peserta deklarasi ummat Islam di Ponpes At-Taqwa putra," tukasnya.

Rabu, 25/01/2017 10:29 0

Indonesia

Lantunan Shalawat Badar Sambut Ustadz Bachtiar Nasir di Pesantren Attaqwa

Sedikitnya 5.000 umat Islam menyambut kedatangan Ketua Umum GNPF MUI Ustadz Bachtiar Nasir dengan lantunan shalawat badar.

Rabu, 25/01/2017 09:49 0

Suriah

Turki Bentuk Satuan Kepolisian di Wilayah Oposisi Suriah

Pemerintah Turki merekrut ratusan pemuda di wilayah Suriah utara, yang berbatasan dengan Turki, untuk menjadi polisi

Rabu, 25/01/2017 09:39 0

Palestina

Pro-Kontra Relokasi Kedubes AS untuk Israel ke Jerrusalem

Selama kampanye Pemilihan Presiden lalu, tim Donald Trump seringkali berbicara tentang pemindahan kedutaan besar AS di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem

Rabu, 25/01/2017 08:47 0

Suriah

Jika Negosiasi Astana Gagal, Pihak Oposisi akan Lanjutkan Pertempuran

Sebelumnya pemimpin delegasi oposisi Muhammad Alloush menegaskan bahwa pihaknya ingin memastikan dilaksanakannya gencatan senjata di seluruh wilayah Suriah

Selasa, 24/01/2017 22:07 0

Suriah

Fath Al-Syam Putus Ikatan Baiat Jundul Aqsha

Jabhah Fath Al-Syam mengumumkan, Senin (23/01), memutus baiat faksi Jundul Aqsha karena tidak mendengar dan taat, yang merupakan rukun utama baiat. Keputusan ini diambil menyusul serangan militer Jundul Aqsha terhadap Ahrar Al-Syam di Jabal Zawiyah, Pedesaan Idlib.

Selasa, 24/01/2017 21:00 0

Info Event

Secercah Senyuman Mahasiswa Patani di Indonesia

Dalam wisata ini, mahasiswa Patani (Thailand Selatan) di Indonesia dapat mengetahui kebudayaan di Indonesia. Mereka juga menuturkan ada juga kebudayaan yang hampir sama dengan kebudayaan di Patani khususnya di kepulauan Riau, seperti pakaian kebudayaan, permainan tradisional dan rumah-rumah tradisional.

Selasa, 24/01/2017 20:16 0

Indonesia

Pengacara Ahok Sebut Semua Pelapor Berafiliasi dengan FPI, Advokat: Itu Dibuat-buat

Penasehat Hukum Ahok, Rony Talapessy menuding bahwa semua pelapor kasus Ahok ada afiliasinya dengan Front Pembela Islam (FPI). Menurutnya, hal itu sudah tidak objektif.

Selasa, 24/01/2017 19:40 0