... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Secercah Senyuman Mahasiswa Patani di Indonesia

Foto: Mahasiswa Patani berwisata ke TMII.

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah mahasiswa Patani (Thailand Selatan) dari organisasi Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI) Jakarta dan organisasi Ikatan Mahasiswa Patani di Indonesia (IMPIPI) Puwokerto yang sedang menempuh studi di Indonesia mengadakan kunjungan wisata.

Mengusung tema “Mencari Pengalaman dan Ilmu Pengetahuan”, mereka berwisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), DKI Jakarta.

“Orang-orang yang menguasai masa silam dapat menguasi masa kini dan akan datang, orang-orang yang tidak mengenal sejarah adalah orang-orang yang tidak mengenal diri sendiri” ujar salah seorang anggota HIPPI, Zulkifli Bin Ahmad.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah.

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Dalam wisata ini, mahasiswa Patani (Thailand Selatan) di Indonesia dapat mengetahui kebudayaan di Indonesia. Mereka juga menuturkan ada juga kebudayaan yang hampir sama dengan kebudayaan di Patani khususnya di kepulauan Riau, seperti pakaian kebudayaan, permainan tradisional dan rumah-rumah tradisional.

 

 

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengacara Ahok Sebut Semua Pelapor Berafiliasi dengan FPI, Advokat: Itu Dibuat-buat

Penasehat Hukum Ahok, Rony Talapessy menuding bahwa semua pelapor kasus Ahok ada afiliasinya dengan Front Pembela Islam (FPI). Menurutnya, hal itu sudah tidak objektif.

Selasa, 24/01/2017 19:40 0

Indonesia

Yusril Himbau Polisi Berhati-hati dan Cegah Kesan Semakin Jauh dari Umat Islam

"Karena itu, saya menghimbau polisi untuk bersikap obyektif dan mengambil langkah hukum yang hati-hati untuk mencegah kesan yang kian hari kian menguat bahwa polisi makin menjauh dari umat Islam dan sebaliknya makin melakukan tekanan," jelas Yusril.

Selasa, 24/01/2017 19:05 0

Artikel

Bersyukur dalam Musibah dan Bersabar dalam Nikmat

Sabar dan syukur adalah dua hal yang menunjukkan adanya iman di dada seorang yang mengaku mukmin. Ketiadaan syukur akan berakibat kufur yang akan menyingkirkan iman di hati. Demikian pula ketiadaan Sabar akan menghilangkan pengakuan keberimanan seseorang oleh Allah. Namun, patut untuk direnungi, bahwa syukur dapat pula untuk musibah, dan sabar dapat pula untuk nikmat.

Selasa, 24/01/2017 18:36 1

Indonesia

Tim Advokasi GNPF MUI: Kesaksian Lurah Panggang Menguatkan Dakwaan Jaksa

Nasrullah yakin Majelis Hakim akan memutuskan Ahok bersalah. Untuk itu, ia mengajak seluruh komponen masyarakat Indonesia untuk terus mengawal persidangan Ahok ini dan mempercayakan putusan atas percaya ini kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara

Selasa, 24/01/2017 18:11 0

Amerika

Gedung Putih: Trump Siap Gelar Operasi Bareng Rusia di Suriah

Juru bicara Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden baru AS Donald Trump siap untuk melakukan operasi bersama Rusia untuk memerangi kelompok ISIS di Suriah.

Selasa, 24/01/2017 17:42 0

Indonesia

Habib Rizieq: Jutaan Teknologi Rectoverso untuk Uang Kertas, Kenapa Ambil Palu Arit?

"Indonesia negara ketuhanan. Faham yang antituhan dilarang berkembang di Indonesia. Tidak hanya pahamnya tapi juga atributnya tidak boleh ada di Indonesia"

Selasa, 24/01/2017 17:26 0

Munaqosyah

Tipologi Polisi, Dahulu dan Akhir Zaman

Pembelaan mereka terhadap tiran nan zalim menjadikan mereka meninggalkan nilai-nilai agama, melupakan tugas asal mereka dalam mengawal syariat Islam dan keamanan umat.

Selasa, 24/01/2017 17:05 0

Indonesia

Ketum PKB: Bangsa Indonesia Hadapi Masalah Serius

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhamimin Iskandar, mengatakan bahwa bangsa Indonesia sedang menghadapi masalah yang sangat serius, yaitu isu SARA (Suku Agama Ras Antargolongan) dan radikalisme.

Selasa, 24/01/2017 16:26 0

Artikel

Diskriminatif, Program Kontra Ekstremisme (CVE) Hanya Menyasar Muslim

CVE (Countering Violent Extrimism) adalah program yang menyebabkan perpecahan dan ketidakpercayaan masyarakat, yang secara tidak adil membidik komunitas Muslim di Amerika.

Selasa, 24/01/2017 15:51 0

Indonesia

Terkait Bendera Negara, Yusril: Penegak Hukum Harusnya Bersikap Persuasif

Dengan demikian, tidak semua warna merah putih adalah otomatis adalah bendera negara RI. Kain yang berwarna merah putih namun tidak memenuhi kreteria syarat-syarat untuk dapat disebut sebagai bendera RI, bukanlah bendera RI.

Selasa, 24/01/2017 15:03 0

Close